Sukses

13 Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kesehatan, Faktor Risiko dan Efek Sampingnya

Liputan6.com, Jakarta Lidah buaya merupakan salah ssatu tanaman rumah tangga yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan kulit, karena terdapat kandungan anti-inflamasi serta dapat membantu melembabkan kulit. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang mengolah lidah buaya menjadi masker wajah. Manfaat masker lidah buaya dapat mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk jerawat, eksim, hingga kulit yang mengalami luka bakar.

Manfaat masker lidah buaya juga merupakan obat herbal yang paling banyak digunakan untuk kondisi kulit topikal, dikarenakan ada komponen seperti gel dari tanaman ini dikenal dapat menyembuhkan kulit dari berbagai penyakit ringan. Melansir dari laman healthline, manfaat masker lidah buaya dapat membantu dengan berbagai penyakit yang mungkin mempengaruhi kulit.

Namun, perlu diketahui bahwa meskipun ada banyak manfaat masker lidah buaya yang baik untuk kesehatan, tetapi ada juga faktor risiko dan efek samping yang dampaknya tergolong memperburuk kondisi kesehatan. Salah satunya ketika mengalami luka bakar yang cukup parah, jangan mengoleskan lidah buaya karena lapisan pelindungnya dapat mengganggu proses penyembuhan dan memperburuk infeksi.

Berikut ini manfaat masker lidah buaya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/10/2022)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Manfaat Masker Lidah Buaya

1. Luka bakar

Manfaat masker lidah buaya sangat baik untuk mengatasi luka bakar ringan, di mana Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya ke area yang terkena hingga tiga kali sehari. Anda mungkin juga perlu melindungi area tersebut dengan kain kasa.

2. Terbakar sinar matahari

Manfaat selanjutnya dari masker lidah buaya membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa itu bukan cara yang efektif untuk mencegah kulit terbakar, jadi pastikan Anda memakai pelindung matahari setiap hari!

3. Lecet kecil

Manfaat berikutnya juga membantu mengatasi dan mengobati luka kecil. Jika dagu atau dahi Anda lecet, maka Anda bisa mengoleskan lidah buaya ke area tersebut untuk menghilangkan rasa sakit dan sensasi terbakar dengan cepat. Bida digunakan tiga kali per hari untuk hasil yang memuaskan. 

4. Kulit kering

Gel lidah buaya yang mudah menyerap, akan sangat ideal untuk kulit berminyak. Namun, itu dapat membantu merawat kulit kering juga, serta membantu mengunci kelembapan pada kulit Anda.

5. Radang dingin

Frostbite merupakan salah satu kondisi serius yang memerlukan perawatan medis darurat, namun melansir dari sumber yang sama, dengan menggunakan gel lidah buaya yang  telah digunakan secara historis sebagai obat radang dingin, akan membantu mengatasinya. Namun Anda juga perlu menanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu sebelum mencobanya.

6. Luka dingin

Selain radang dingin, ketika mengalami luka dingin seperti sariawan yang berkembang di bagian luar mulut, juga bisa menggunakan lidah buaya. Diketahui lidah buaya dapat membantu mengobati virus herpes, yang juga merupakan penyebab luka dingin. 

7. Eksim

Efek pelembab lidah buaya akan sangat membantu untuk meringankan kulit kering dan gatal yang berhubungan dengan eksim. Gel lidah buaya juga dapat membantu meringankan dermatitis seboroik. Meskipun bentuk eksim berminyak ini paling sering ditemukan di kulit kepala, namun eksim juga dapat memengaruhi bagian wajah dan di belakang telinga.

8. Psoriasis

Manfaat masker lidah buaya juga dapat membantu meringankan peradangan dan gatal-gatal akibat psoriasis. Untuk hasil terbaik, oleskan gel lidah buaya dua kali sehari ke area kulit yang terkena.

9. Jerawat inflamasi

Karena efek anti-inflamasi lidah buaya, maka dengan menggunakan gel bisa mengobati bentuk peradangan jerawat, seperti pustula dan nodul. Oleskan gel dengan kapas langsung ke jerawat tiga kali sehari. Hal ini karena ldah buay menghasilkan gel yang kaya akan vitamin A, C, E, dan B12.

 

Manfaat lain yang dapat diperoleh adalah

- Dapat mengurangi rasa sakit, bengkak, dan nyeri pada luka atau cedera

- Mendukung produksi dan pelepasan kolagenitu dapat mempercepat waktu penyembuhan luka

- Efektif dalam mengobati infeksi jamur dan bakteri

- Membantu melembabkan, menenangkan, dan menghidrasi kulit. 

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Masker Lidah Buaya

Cara termudah bagi seseorang untuk mendapatkan gel lidah buaya segar adalah dengan menyimpan tanaman di dalam rumah. Melansir dari laman Medical News Today, terdapat 420 spesies tanaman lidah buaya yang berbeda. Sebagian besar produk berbasis lidah buaya mengandung gel dari tanaman giling Aloe barbadensis.

Cara menggunakan gel lidah buaya adalah sebagai berikut:

- Langkah pertama gunakan pisau tajam untuk memotong daun dari tanaman sedekat mungkin ke akarbilas daunnya 

- Selanjutnya Anda bisa keringkan dengan lembut, dan letakkan sisi yang dipotong ke dalam mangkuk dan biarkan selama sekitar 15 menit agar getah lidah buaya kuning mengalir keluar dan membuangnya

- Langkah ketiga Anda bisa potong ujung runcing yang sempit dari bagian atas daun, lalu tiriskan lateks lagi jika perlu Anda bisa menekan daunnya untuk membantunya melunak

- Berikutnya potong 'duri' dari kedua sisi tanaman sedekat mungkin ke tepiletakkan daun rata dan iris di tengah dari ujung ke ujung, atau untuk daun yang lebih besar, potong lapisan hijau luarnya

- Untuk selanjutnya, keluarkan gel dengan lembut menggunakan sendok atau pisau, kemudian Anda bisa membersihkannya dari residu apa pun

- Tempatkan gel dalam wadah yang dapat ditutup rapat dan dinginkan sebelum digunakan s

- Langkah yang terakhir, setelah didinginka, Anda bisa mengoleskan sedikit gel ke bagian dalam pergelangan tangan untuk memeriksa reaksinya.

4 dari 4 halaman

Faktor Risiko dan Efek Samping

a. Efek samping

Meskipun dianggap cukup aman dalam bentuk topikal bila digunakan sesuai petunjuk, namun Food and Drug Administration tidak mengatur produk lidah buaya. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya Anda bisa mempertimbangkan untuk menghindari lidah buaya jika mengalami luka bakar parah atau luka signifikan lainnya. 

Beberapa pengguna mungkin mengalami gatal atau sedikit terbakar saat mengoleskan lidah buaya di kulit Anda, sehingga harus segera berhenti menggunakannya. Jangan gunakan gel lidah buaya pada kulit yang terinfeksi, karena mengganggu proses penyembuhan dan memperburuk infeksi.

b. Faktor risiko

Dengan menerapkan gel lidah buaya ke wajah tidak memiliki hubungan dengan risiko kesehatan yang serius. Namun, beberapa orang mungkin mengalami rasa perih atau terbakar awal setelah menggunakan gel pada kulit kering atau sensitif. Dengan meninggalkan gel lidah buaya di wajah dapat menyebabkannya mengering, oleh karena itu setelah menggunakannya sebagai masker, segera bilas gel setelah beberapa menit untuk menghindari efek ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.