Sukses

Sunmori Artinya Sunday Morning Ride, Pahami Juga Manfaatnya dan Istilah Lainnya

Liputan6.com, Jakarta SunMoRi artinya Sunday Morning Ride, istilah ini sering digunakan oleh komunitas motor di Indonesia. Istilah ini biasanya digunakan oleh komunitas sepeda motor Indonesia, untuk menggambarkan kegiatan naik motor bersama dengan teman pada minggu pagi.

Dari sini dapat disimpulkan sunmori artinya adalah kegiatan mengendarai sepeda motor di hari minggu pagi bersama dengan teman atau komunitas sepeda motor. Saat ini sunmori saat ni menjadi salah satu kegiatan favorit yang sering dilakukan oleh banyak komunitas motor.

Meski hanya terlihat seperti mengendarai motor, kegiatan sunmori ini memiliki sejumlah manfaat. Mulai dari untuk menghilangkan stress hingga menjadi wadah untuk bersosialisasi. Merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan, sunmori tidak hanya bisa dilakukan oleh komunitas motor, namun juga semua orang dapat melakukannya.

Untuk lebih memahami tentang sunmori, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang pengertian sunmori dan manfaatnya, beserta dengan istilah lain yang perlu diketahui. Jumat (7/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Sunmori Artinya

Sunmori Artinya

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Sunmori artinya Sunday Morning Ride, yang mana secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai kegiatan berkendara di minggu pagi bersama dengan teman atau komunitas. Sunmori adalah istilah yang pertama kali muncul dari komunitas motor di daerah.

Kegiatan sunmori kemudian diikuti oleh daerah-daerah di sekitarnya dan berkembang secara luas di seluruh Indonesia. Istilah sunmori kemudian diadaptasi secara luas untuk menggambarkan kegiatan berkendara di minggu pagi.

Banyak orang yang beranggapan bahwa kegiatan sunmori harus menggunakan sepeda motor, padahal sesungguhnya semua kegiatan berkendara pada minggu pagi dapat dikategorikan sebagai sunmori, baik itu dengan menggunakan sepeda atau dengan mobil.

Dalam kegiatan sunmori, peserta yang berpartisipasi tidak terbatas jumlahnya. Sehingga sedikit atau banyaknya orang yang terlibat, kegiatan sunmori bisa tetap dilakukan. Durasi ataupun tujuan perjalanan untuk melakukan sunmori juga tidak dibatasi dan bisa disesuaikan dengan keinginan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Sunmori

Manfaat Sunmori

Sunmori menjadi kegiatan yang populer di kalangan banyak orang karena memiliki banyak manfaat, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari mengikuti kegiatan sunmori.

1. Menghilangkan Stress

Manfaat sunmori yang pertama adalah untuk menghilangkan stress setelah menjalani padatnya aktivitas selama seminggu penuh. Mengingat kegiatan ini dijalankan di hari minggu yang merupakan waktu libur, kegiatan sunmori menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghilangkan stress saat waktu luang.

2. Melatih Konsentrasi

Melakukan kegiatan sunmori bermanfaat untuk melatih konsentrasi karena dapat membuat pikiran kembali segar. Setelah menikmati udara segar saat sunmori, maka konsentrasi di hari berikutnya akan meningkat dan anda siap untuk menjalani segala aktivitas yang ada.

3. Tempat Bersosialisasi

Manfaat berikutnya dari sunmori adalah untuk meningkatkan jiwa sosial seseorang. Karena melalui agenda ini anda akan berkumpul dan berinteraksi dengan orang banyak. Selain itu, terkadang sunmori juga diadakan untuk menghimpun masa demi kegiatan bakti sosial, yang mana hal ini baik untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

4. Menjadi Kegiatan Positif

Sunmori merupakan rekomendasi kegiatan positif yang bisa dilakukan oleh komunitas motor agar hobinya lebih terarah. Jika sebelumnya komunitas motor identik dengan kegiatan balap liar, sunmori menjadi pilihan yang lebih baik untuk dilakukan.

4 dari 5 halaman

Istilah Posisi Penting Dalam Kegiatan Sunmori

Istilah Posisi Penting Dalam Kegiatan Sunmori

Dalam melakukan kegiatan sunmori, juga dikenal beberapa istilah yang perlu dipahami agar kegiatan sunmori dapat berjalan dengan lancar. Istilah ini digunakan untuk mengenali posisi dari orang-orang yang berperan untuk menjaga kegiatan sunmori dapat berlangsung dengan baik dan aman.

1. Road Captain

Road captain atau yang sering disingkat RC merupakan salah satu orang yang memegang peranan penting dalam suatu kegiatan club motor. Road captain merupakan seorang pemimpin dalam kegiatan touring yang diselenggarakan oleh suatu komunitas.

Tugas dari road captain untuk memastikan keselamatan peserta dan kelancaran kegiatan touring tersebut. Tidak hanya itu saja, road captain juga ditugaskan untuk mengurus masalah administrasi saat persiapan touring, seperti surat izin dari kepolisian misalnya.

2. Sweeper

Sweeper merupakan seseorang yang bertugas untuk mengatur barisan peserta touring dan memastikannya tetap lurus. Pada sebuah tim touring terdiri dari dua orang sweeper, yaitu yang bertugas di tengah dan belakang.

Posisi sweeper biasanya di tempatkan di sisi kanan agar lebih mudah jika mengatur barisan peserta. Selain itu, sweeper juga harus bisa berkoordinasi dengan Voorijder untuk memperjelas perintah dan mengingatkan peserta.

3. Voorijder

Selanjutnya ada voorijder. Yang mana voorijder ini berperan untuk mengatur kecepatan berkendara peserta. Voorijder menjalankan tugasnya dengan memperhatikan pertimbangan dari Road Captain, sweeper, dan Safety Officer.

Biasanya voorijder akan memberikan perintah kepada peserta touring untuk mengatur kecepatannya dengan menggunakan isyarat kaki. Lalu, perintah tersebut akan disampaikan secara berantai mulai dari peserta urutan terdepan hingga paling belakang.

4. Safety Officer

Safety officer adalah bagian penting lainnya yang perlu ada ketika sedang menjalankan kegiatan sunmori atau touring. Kewajiban seorang safety officer adalah untuk memastikan bahwa jalur touring yang akan dilewati oleh seluruh peserta aman.

Posisi safety officer umumnya berada di barisan depan setelah Road Captain serta berkomunikasi dengan voorijder. Oleh sebab itu, seorang safety officer harus memahami mengenai bagaimana situasi jalanan yang akan dilewati.

5 dari 5 halaman

Istilah Komunitas Motor Lainnya

Istilah Komunitas Motor Lainnya

Selain istilah sunmori, dalam komunitas motor terdapat istilah lain yang sering didengar secara umum oleh masyarakat. Namun istilah ini belum banyak yang mengetahui makna didalamnya, berikut ini adalah istilah-istilah komunitas motor yang sering digunakan beserta maknanya.

1. Tourjib dan Tourgab

Touring adalah kegiatan berkendara yang dilaksanakan oleh komunitas motor dengan jarak tempuh jauh. Kegiatan touring ini dibedakan menjadi dua macam, yaitu tourjib dan tourjab dimana kedua kegiatan ini memiliki perbedaan dalam segi peserta yang ikut.

Tourjib adalah kegiatan dari suatu komunitas dimana sesama anggota club tersebut ikut berpartisipasi dalam kegiatan touring. Sementara tourgab merupakan kegiatan touring gabungan beberapa komunitas dengan jarak tempuh yang juga jauh.

2. Jamnas

Jamnas merupakan singkatan dari jambore nasional. Jamnas adalah kegiatan yang diikuti oleh komunitas otomotif dari berbagai daerah. Sesuai dengan namanya, peserta kegiatan jamnas pecinta motor ini diikuti oleh klub dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada kegiatan ini setiap komunitas otomotif akan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti agenda jamnas. Lalu, setiap peserta akan saling menjalin silaturahmi satu sama lain, sehingga antar klub motor dapat saling mengenal dengan baik.

3. Kopgab

Kopgab adalah kegiatan dimana ada pertemuan lebih dari satu komunitas, sehingga skalanya lebih luas karena anggota pasti juga banyak. Kopgab adalah singkatan dari kopi gabungan sebagai sarana berkumpul lebih dari satu klub pecinta morot.

Antar klub motor peserta kopgab ini tentunya sudah saling kenal satu sama lain serta telah menjalin hubungan yang baik sebelumnya. Penyelenggaraan kopgab ini tentu saja untuk mempererat hubungan antara dua komunitas motor tersebut.

4. Rolling

Istilah yang terakhir adalah Rolling. Rolling merupakan kegiatan yang sebenarnya hampir sama dengan sunmori, dimana dilakukan dengan anggota satu komunitas motor. Hal yang membedakan kegiatan rolling dengan sunmori adalah jarak tempuh saat berkendara, dimana jarak rolling lebih dekat daripada sunmori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.