Sukses

7 Manfaat Buah Anggur Merah untuk Ibu Hamil, Mencegah Sembelit hingga Keguguran

Manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil mayoritas berasal dari antioksidannya.

Liputan6.com, Jakarta - Ada segudang manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil yang rugi jika dilewatkan begitu saja. Anggur merah dikenal sebagai buah yang kaya antioksidan dibanding jenis buah anggur lainnya. Tingginya antioksidan ini berasal dari zat kuersetin.

Liputan6.com lansir dari berbagai literatur kesehatan dan jurnal penelitian, manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil adalah baik untuk mencegah sembelit, mencegah keguguran, kaya vitamin dan mineral, meningkatkan sistem imun, serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh ibu hamil.

Banyak yang mengatakan buah anggur tidak baik bagi ibu hamil, tetapi faktanya ahli nutrisi merekomendasikan konsumsi buah ini. Buah anggur aman bagi janin dalam kandungan dengan kadar antioksidan yang tidak berlebihan. Ini berbeda dengan kadar antioksidan dalam suplemen yang berisiko menyebabkan gangguan liver pada bayi.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tujuh manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil dan penjelasannya, Jumat (7/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Anggur Merah untuk Ibu Hamil

Ibu hamil baik mengonsumsi buah anggur. Ini termasuk buah anggur merah, hitam, dan putih. Diantara ketiga jenis buah anggur tersebut, buah anggur merah lebih banyak atau lebih tinggi mengandung antioksidan.

Ini mengapa manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil akan baik menjaga kesehatan tubuh sekaligus janin dalam kandungannya. Khususnya sumber antioksidan ini sangat baik untuk mencegah berbagai jenis infeksi ibu hamil. Apa lagi yang istimewa dari manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil?

1. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil adalah baik meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya hingga mampu mencegah berbagai macam infeksi selama kehamilan. WebMD menegaskan antioksidan yang meningkatkan sistem imun, bisa melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas pemicu kanker.

2. Mencegah Inflamasi Kronis

Manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil adalah baik mencegah risiko inflamasi kronis selama kehamilan. Dalam jurnal OAT (Obat Antituberkulosis), ini termasuk masalah peradangan sendi, kardiovaskular, diabetes, kanker, hingga alzheimer.

3. Kaya Vitamin dan Mineral

Manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil adalah mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral selama kehamilan. Ini karena buah anggur merah dan segala jenis buah anggur dikenal kaya vitamin dan mineral.

Menghimpun data dari Health, buah anggur mengandung seperempat kebutuhan harian akan vitamin C. Kemudian mampu memenuhi 10 persen tembaga, dan 20 persen vitamin K. Adanya kandungan ini, baik untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dan mempertahankan kalsium dalam tulang selama kehamilan.

Kemudian manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil sangat baik untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin A. Verywell Family menjelaskan ibu hamil yang tidak mendapat cukup vitamin A berisiko meningkatkan kematian anak karena infeksi. Lalu meningkakan risiko rabun senja bagi ibu hamil.

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Anggur Merah untuk Ibu Hamil Selanjutnya

4. Meminimalkan Risiko Komplikasi Kehamilan

Manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil adalah mampu meminimalkan risiko komplikasi kehamilan. Adanya manfaat ini berasal dari antioksidan buah anggur merah.

Dalam penelitian berjudul The Importance of Antioxidant Micronutrients in Pregnancy (2011) oleh Mistry HD, Williams PJ, komplikasi yang dimaksud termasuk preeklamsia dan hambatan pertumbuhan janin.

5. Mencegah Keguguran Selama Hamil

Manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil adalah mampu mencegah risiko keguguran yang sumbernya juga dari antioksidan.

Dalam penelitian berjudul Antioxidants: Their Role in Pregnancy and Miscarriage (2000) oleh Jenkins C, Wilson R, Roberts J, Miller H, McKillop JH, Walker JJ, antioksidan anggur mampu memperkecil kemungkinan mengalami keguguran.

6. Mencegah Terjadinya Sembelit Selama Kehamilan

Manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil adalah mampu mencegah terjadinya sembelit yang selama ini sangat sering dan berisiko dialami ibu hamil. Adanya manfaat ini berasal dari kandungan serat buah anggur merah.

Tak hanya buah anggur merah, melainkan pada berbagai jenis buah anggur pun kandungan seratnya baik dijadikan pilihan asupan total serat harian. Para ahli mengatakan, serat buah anggur mampu melunakkan tinja dan melonggarkan anus untuk buang air besar.

Dalam penelitian berjudul Pregnant Women Have Inadequate Fiber Intake While Consuming Fiber‐Rich Diets in Low‐Income Rural Setting: Evidences From Analysis of Common “Ready‐To‐Eat” Stable Foods (2019) oleh Zerfu TA, Mekuria A, serat membantu menghindarkan dari sembelit yang umum dikeluhkan selama kehamilan.

7. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil adalah mampu mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama kehamilan. Ibu hamil sangat perlu mengonsumsi cairan lebih banyak dari biasanya, sumber lain selain air bisa dengan konsumsi buah anggur.

Dalam jurnal penelitian berjudul Water, hydration, and health: Nutrition Vol. 68, No. 8 (2010) oleh Popkin BM, D’Anci KE, Rosenberg IH, dijelaskan buah anggur mengandung lebih kurang 80-90 persen air yang pasti mampu membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan cairan selama masa kehamilannya.

Itulah manfaat buah anggur merah untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Agar bisa mendapatkannya dengan maksimal, ibu hamil perlu memperhatikan cara penyajian buah anggur. Cuci bersih buah anggur sebelum mengonsumsinya. Kemudian konsultasikan dengan ahli sebelum mengonsumsi jika sebelumnya pernah memiliki masalah dengan buah anggur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.