Sukses

5 Manfaat Spinner Bagi Kesehatan, Atasi Kecemasan Hingga Tingkatkan Fokus

Liputan6.com, Jakarta Manfaat spinner seringkali kita dengar dari mulut ke mulut. Meski belum ada penelitian ilmiah yang dilakukan khusus untuk menilai manfaat spinner itu sendiri, namun terdapat beberapa teori dan studi yang dapat dijadikan pendukung dalam menjelaskan manfaat spinner bagi kesehatan.

Beberapa tahun terakhir spinner menjadi salah satu mainan yang populer di kalangan banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Mainan dengan ukuran setengah telapak tangan ini memiliki bantalan tombol di tengahnya ini dapat berputar jika dimainkan.

Manfaat spinner didapat dari gerakan yang dihasilkan oleh spinner saat dimainkan, dimana spinner akan memberikan pengalaman sensorik yang menurut beberapa orang dapat mengurangi kegelisahan mereka dan memberi manfaat terapeutik.

lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat spinner bagi kesehatan. Jumat (7/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Memainkan Spinner

Cara Memainkan Spinner

Untuk mendapatkan manfaat spinner anda perlu memainkannya, namun masih banyak orang yang bingung tentang bagaimana cara memainkan spinner. Cara memainkan mainan sendiri terbilang sangat mudah. Anda cukup mengapit bagian tengahnya dengan ibu jari dan telunjuk.

Langkah selanjutnya adalah memutar spinner dengan menggunakan jari tengah dari tangan sisi satunya. Jika anda membeli spinner yang berkualitas tinggi, ketika dijentikan dengan jari maka mainan ini dapat berputar hingga beberapa menit lamanya.

Ketika anda sudah terbiasa dan masuk kedalam tahap yang lebih ahli, spinner bisa juga dimainkan seperti yoyo. Anda bisa memindahkan spinner dari satu jari ke jari lainnya. Anda bahkan juga bisa melemparnya ke udara untuk ditangkap kembali saat keadaan spinner masih terus berputar.

3 dari 4 halaman

Manfaat Spinner Bagi Kesehatan

Manfaat Spinner Bagi Kesehatan

Meskipun belum ada penelitian mendalam tentang pemintal gelisah, anda akan menemukan bahwa banyak orang tua dari anak-anak yang merasakan kegelisahan, menemukan bahwa ada manfaat terapeutik yang didapat setelah memainkan spinner.

Selain itu ada beberapa studi dan teori yang mungkin terkait dengan manfaat spinner yang sering kita dengar. Berikut adalah beberapa temuan yang mendukung manfaat spinner bagi kesehatan:

1. Peningkatan Fokus dan Konsentrasi

Manfaat spinner yang pertama adalah meningkatkan fokus dan konsentrasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika anak-anak dapat mengontrol atau mengarahkan gerakan mereka, terutama ketika stres atau cemas, mereka juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Gerakan dan input sensorik sangat penting untuk belajar dan melakukan tugas karena melibatkan belahan otak kanan dan kiri.

Selain itu, studi kasus telah menunjukkan bahwa pembelajaran dapat ditingkatkan dengan mainan yang dapat mengurangi kegelisahan seperti spinner. Misalnya, sebuah penelitian yang berfokus pada menunjukkan dampak mainan, menyimpulkan bahwa siswa yang diberi mainan telah meningkatkan prestasi belajar, terutama siswa dengan ADHD.

 

2. Membuat Gerakan untuk Merangsang Batang Otak

Salah satu fungsi utama batang otak adalah untuk mengontrol fungsi dasar tubuh seperti pernapasan, detak jantung, dan kesadaran, serta apakah seseorang terjaga atau mengantuk. Beberapa otak anak-anak bangun tapi tidak mempertahankan kewaspadaan, sementara beberapa anak membutuhkan sedikit bantuan bahkan untuk bangun.

Gerakan saat memainkan spinner adalah cara mendasar untuk memicu batang otak dan mainan spinner dapat mencapai tujuan itu. Gerakan ringan saat bermain spinner, dapat membantu merangsang batang otak dengan mengirimkan sinyal dari tubuh ke otak untuk bangun dan waspada.

4 dari 4 halaman

Manfaat Spinner Bagi Kesehatan

3. Memberikan Pekerjaan Mental yang Menyenangkan

Spinner berfungsi untuk mengalihkan perhatian dan menyita perhatian anak secara produktif. Selain meningkatkan fokus dan produktivitas, dengan memberikan pikiran anak sedikit istirahat mental yang menyenangkan, akan membuatnya lebih mudah untuk memperhatikan hal penting sesudahnya.

Selain itu, memainkan spinner juga menyenangkan. Seperti yang diketahui setiap orang tua dan guru, anak-anak perlu membagi waktu bermain dan belajar mereka dengan berbagai macam permainan. Dan mainan spinner dapat menjadi mainan yang mudah digunakan dan berisi untuk mewujudkannya.

 

4. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Sementara kecemasan, stres dan bahkan gangguan belajar seperti ADHD dapat mempengaruhi seluruh tubuh, gangguan ini terutama dapat mempengaruhi tangan dan jari. Kecemasan yang meningkat pada anak dapat menyebabkan kegelisahan, gemetar dan bahkan kram pada tangan dan jari.

Meskipun spinner tidak dapat mencegah atau menghilangkan masalah ini, mainan tersebut dapat membantu menenangkan anak dari kegelisahan. Spinner memberi anak-anak cara untuk membuat tangan mereka tetap sibuk. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa mainan dapat membantu meredakan kecemasan sebelum operasi pada pasien dewasa.

 

5. Memberi Efek Meditasi

Manfaat Spinner yang terakhir adalah memberi efek meditasi. Perhatian dan meditasi telah terbukti memiliki efek positif yang signifikan terhadap stres, baik stres sehari-hari maupun bentuk gangguan stres yang lebih serius seperti PTSD.

Mainan Spinner memiliki kapasitas untuk menjadi objek fokus yang baik untuk meditasi perhatian, dan jika mereka mendorong meditasi pada mereka yang biasanya tidak terlibat dalam meditasi, ini mungkin dapat dianggap sebagai manfaat dari spinner itu sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.