Sukses

Who Artinya Siapa, Ketahui Kata Tanya Lainnya dalam Bahasa Inggris

Liputan6.com, Jakarta Who artinya adalah salah satu kata tanya dalam bahasa Inggris. Who artinya siapa bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Penggunaan kata tanya dalam bahasa Inggris sering digunakan dalam perbincangan dengan orang lain.

Memahami arti kata tanya dalam bahasa Inggris sangatlah penting. Seperti kata tanya who artinya yang mudah dijumpai dalam kalimat tanya percakapan. Selain itu who artinya juga termasuk ke dalam rumus 5W + 1H. Rumus ini umumnya digunakan untuk menggali informasi dari seseorang yang disebut juga narasumber.

Who artinya merupakan kata tanya dalam bahasa Inggris yang menanyakan siapa untuk seseorang. Selain itu, kata who artinya sendiri lebih dari siapa. Sebab dalam bahasa Inggris, kata who digunakan sebagai penghubung dua kalimat.

Untuk lebih rinci, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai who artinya dan kata tanya lainnya dalam bahasa Inggris yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Who Artinya

Menurut kamus bahasa Inggris, who artinya siapa. Who artinya dalam kamus bahasa Inggris juga bisa berarti barang siapa serta yang. Selain itu, who artinya juga dapat digunakan dalam kata ganti benda. Misalnya saja menanyakan tentang nama seseorang, identitas, ataupun subjek berupa orang.

Biasanya, who dikenal sebagai kata tanya yang bermakna siapa. Akan tetapi, fungsi dari kata yang satu ini tak berhenti sampai di situ saja. Ternyata, kata who memiliki berbagai fungsi lainnya dalam kalimat, salah satunya adalah sebagai penghubung dua kalimat, yaitu independent dan dependent clause.

Nah, penggunaan kata who sebagai penghubung dua kalimat ini hanya bisa digunakan berdampingan dengan subject pronoun atau kata ganti orang yang berperan sebagai subjek dalam kalimat. Pasalnya, kata who sebagai penghubung kalimat juga berfungsi sebagai kata ganti subjek.

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh penggunaan kata who sebagai kata penghubung adalah:

Matthew is the guy who sent you home last night when you were asleep.

Jika diuraikan ke dalam dua kalimat berbeda, kalimat di atas terbagi ke dalam kalimat-kalimat berikut.

Matthew is the guy.

Matthew sent you home last night when you were asleep.

Nah, keberadaan kata “who” sebagai kata penghubung sekaligus sebagai pengganti subjek membantu menyederhanakan kedua kalimat tersebut melebur menjadi satu kalimat yang mudah dipahami.

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Whom dan Whose dalam Bahasa Inggris

1. Whom

Sebenarnya, dalam bahasa Indonesia, kata “whom” memiliki makna yang sama dengan kata “who” yaitu “siapa”. Namun, kata ini tidak bisa berfungsi sebagai kata tanya, layaknya “who”. Kata “whom” hanya bisa digunakan sebagai objek pronomina saja atau kata ganti orang yang bertindak sebagai objek di dalam kalimat.

Dalam penggunaannya, kata “whom” bisa didahului oleh auxiliary seperti to, with, dan lain sebagainya. Hal ini tentu berbeda dengan kata “who” yang bisa digunakan sebagai subjek pronomina. Bahkan kata whom sendiri digunakan untuk kata ganti atau menjelaskan objek dengan jawaban him, her, it, me, us, you, them. Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa contoh kalimat di mana “whom” digunakan sebagai kata hubung sekaligus objek pronomina:

Ronald is to whom Hermione falls in love deeply.

Professor Dumbledore is whom I need to talk to.

Pada kedua contoh kalimat tersebut, "whom" digunakan sebagai pengganti dari objek. Adanya "whom" membantu menyederhanakan dua kalimat terpisah agar lebih mudah dipahami.

2. Whose

Sedikit berbeda dengan "who" dan "whom", kata pengganti yang satu ini digunakan untuk kata ganti yang bermakna posesif atau kepemilikan. Ini artinya, anda harus menggunakan kata benda atau noun, baik berupa benda atau orang, setelah kata ganti whose.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, kata “whose” bisa berarti “yang”. Biasanya kata whose dipakai sebelum kata benda. Nah, agar lebih jelas, perhatikan beberapa contoh penggunaan “whose” dalam kalimat berikut ini.

He just helped the neighbor whose car broke down.

The family whose mother she’s looking after is in Australia.

Whose phone it this?

4 dari 4 halaman

Kata Tanya Lainnya dalam Bahasa Inggris

Kata tanya lainnya yang dimaksud dalam bahasa Inggris yakni termasuk dalam rumus 5W+1H. Berikut penjelasannya:

1. WHAT

Arti what jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah apa. Sedangkan dalam kata tanya, what digunakan untuk menanyakan suatu benda, objek, nama orang ataupun peristiwa. What juga digunakan untuk menanyakan apa yang sedangkan terjadi.

Contoh penggunaan kata tanya what dalam bahasa Inggris, yakni:

What happened five years ago at Bali, Indonesia? (Apa yang terjadi 5 tahun lalu di Bali, Indonesia?

2. WHO

Arti who jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah siapa. Kata ini berfungsi untuk menanyakan siapa atau siapakah yang terlibat dalam suatu peristiwa atau kejadian.

Contoh penggunaan kata tanya who dalam bahasa Inggris, yakni:

Who is that girl? (Siapakah gadis itu?)

3. WHERE

Arti where adalah di mana. Kata tanya ini memiliki fungsi untuk menanyakan tempat ataupun lokasi. Selain itu bisa juga arti where untuk menanyakan keberadaan suatu tempat.

Contoh penggunaan kata tanya where dalam bahasa Inggris, yakni:

Where is the Nam Island? (Di mana pulau Nam)

4. WHEN

Arti when jika diterjemahkan adalah kapan. Nah, kata tanya ini memiliki fungsi untuk menanyakan kapan sesuatu itu terjadi atau peristiwa terjadi baik di masa lampau atau yang akan datang.

Contoh penggunaan kata tanya when dalam bahasa Inggris, yakni:

When were you born? (Kapan kamu lahir?)

5. WHY

Arti why adalah mengapa. Kata tanya ini memiliki fungsi untuk menanyakan sebab dan alasan suatu kejadian atau suatu hal. Contoh penggunaan kata tanya why dalam bahasa Inggris, yaitu:

Why do your cry? (Mengapa kamu menangis?)

6. HOW

Arti how adalah bagaimana. Kata tanya ini memiliki fungsi menanyakan runtutan kejadian atau peristiwa. Contoh penggunaan kata tanya how dalam bahasa Inggris, yakni:

How was the graduation? (Bagaimana kelulusannya?)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.