Sukses

10 Pernyataan Yusuf Mansur yang Menghebohkan, Terbaru Mengaku Jadi Bos Grab

Deretan pernyataan Yusuf Mansur yang bikin heboh.

Liputan6.com, Jakarta Ustaz Yusuf Mansur sudah tak asing lagi, terlebih lewat usahanya PayTren, pemilik nama asli  Jam'an Nur Chotib Mansur itu semakin dikenal masyarakat luas. Namun sang ustaz belakangan kerap bertindak lewat aksi hingga pernyataannya yang bikin heboh jagat maya dan masyarakat.

Menariknya lagi, berbagai pernyataan tersebut lantas menjadi bumerang tersendiri bagi ustaz Yusuf Mansur. Mulai dari panen pujian hingga apa yang ia lontarkan menjadi sorotan. Bahkan baru-baru ini pria berdarah Yaman dan Betawi itu menyebut dirinya merupakan salah satu jajaran petinggi perusahaan Grab. 

“Selamat buat Grab, itu saya komisaris di sana, oiya gue diem aja digaji. Karena Grab mempersilahkan saya belajar, dan saya nawaitu (niat)-nya belajar setelah saya tanda tangan menjadi komisaris Grab dengan izin Allah,” kata Yusuf Mansur lewat video dirinya sedang melakukan tausiyah.

Bukah hanya itu saja, jauh sebelumnya, deretan pernyataan ustaz Yusuf Mansur selalu menjadi perbincangan dan menghebohkan khususnya bagi netizen. Apa saja kontroversi Yusuf Mansur? Berikut Liputan6.com merangkumnya melansir dari berbagai sumber, Jumat (7/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Video Marah-Marah Butuh Uang 1 Triliun

Beberapa waktu lalu sempat beredar video lawas yusuf Mansur yang tengah melakukan rapat lewat daring. Namun yang justru menjadi perhatian ialah aksi Yusuf Mansur marah-marah di hadapan audien. Bahkan ia sempat menggebrak meja perihal pembicaraannya tentang PayTren.

"Emang kita ngurusin saham itu emang ngurusin ape? Emang kita ngurusin kemudian masuk perusahaan sana, perusahaan sini, menyebut ini, menyebut itu, emang buat siapa? Yang saya lakukan buat Paytren!" kata Yusuf Mansyur.

Barulah kemudian ia menggebrak meja dan menaikkan volume suaranya karena butuh uang Rp 1 triliun untuk membesarkan Paytren

 "Mau anda patungan? Mau?" teriaknya. "Kalau pun mau dan saya terima duit anda, maka saya akan makin bermasalah hari ini. Maka itulah saya ngamen, saya ngasong, demi siapa? Demi anda semua! Demi satu nama! Paytren!"

Lebih lanjut, Yusuf Mansyur berkata masih berhadapan dengan berbagai masalah hukum, namun ia mempertanyakan kenapa tidak ada orang-orang yang membelanya. 

3 dari 11 halaman

2. Masuk Surga Jalur Crypto

Ketenaran Yusuf Mansur akhirnya membuat sang putri, Wirda Mansur juga mendapat sorotan. Bahkan Wirda sempat menunjukkan prestasinya setelah meluncurkan token crypto. Hal itu diketahui setelah beredar video di Twitter yang memperlihatkan Yusuf Mansur mempromosikan token kripto milik Wirda. Video tersebut diunggah oleh akun Twitter dengan nama @aset_kripto, Minggu, 20 Februari 2022.

Go bukan cuma To The Moon, tapi juga To The Heaven," kata Yusuf dalam video tersebut. 

Sontak video yang beredar itu menarik perhatian netizen yang turut memberikan komentar. 

“Masuk surga jalur crypto,” tulis salah satu netizen saat mengutip dan membagikan video tersebut.

4 dari 11 halaman

3. Mengaku Jadi Komisaris Grab

Sebelum pernyataan Yusuf Mansur jadi komisaris Grab ini beredar, Wirda Mansur sempat memberikan pernyataan yang menyinggung hal ini. Wirda Mansur meyakini valuasi PayTren melebihi angka yang disebutkan ayahnya, yakni Rp 1 triliun jika dilepas ke pasar saham.

"Investor ini gede banget, salah satu pioneer apps transportasi yang kalo disebut mereknya kalian pasti taulah siapa," tulis Wirda Mansur lewat Instastory pada Senin, 11 April 2022 dikutip oleh Showbiz Liputan6.com

Hingga baru-baru ini Yusuf Mansur dalam sebuah tausiyah menjelaskan perusahaan Grab yang Grab menjadi unicorn dengan valuasi terbesar di ASEAN. Setelah itu ia menjelaskan dirinya mengaku menjadi jajaran komisaris Grab. Meskipun ia menyatakan tak melakukan apa-apa namun Yusuf Mansur menyebut dirinya tetap mendapatkan gaji.

5 dari 11 halaman

4. Ingin Ciptakan Pesantren Fashion Week

Setelah fenomena Citayam Fashion Week yang viral beberapa waktu lalu. Yusuf Mansur mengaku berkeinginan membuat fenomena serupa. Ia menyebut telah terinspirasi dari Bonge dan Jeje atas ketenaran mereka di Citayam Fashion Week. 

Dalam akun Instagram-nya, ustaz Yusuf Mansur menginisiasi ajang pamer busana bertajuk Pesantren Fashion Week. Yusuf mansur berkeinginan menghadirkan Pesantren Fashion Week, mengingat dirinya memiliki Pondok Pesantren Darul Qur`an yang ia bina. 

"Bikin bener aja. Pesantren Fashion Week, Daqu Fashion Week," tulis Yusuf Mansur seperti dilihat dari akun Instagramnya, Senin (1/8/2022).

6 dari 11 halaman

5. Digugat Kasus Investasi Tanah

Awal tahun 2022 lalu, atau tepatnya pada Selasa (18/1/2022) Ustaz Yusuf Mansur harus dijerat kasus di ranah hukum. Yusuf Mansur diduga melakukan ingkar janji terkait bisnis tabung tanah (tabungan tanah). Tiga tenaga kerja Indonesia (TKI) di Hong Kong mengaku menjadi korban dan mengalami kerugian Rp 560 juta.

Para TKI itu lantas mengajukan gugatan secara perdata. Mereka pun berharap Ustaz Yusuf Mansur mau mengembalikan uang investasi yang ditanamkan dalam bisnis tabung tanah itu, berikut dengan keuntungan selama mereka menanamkan investasinya.

"Jadi dalam gugatannya, kami meminta Majelis Hakim menjatuhkan hukuman bersalah kepada Jam'an Nurkatib Mansur dan mengembalikan uang investasi para penggugat. Kami menganggap UYM telah melakukan perbuatan melawan hukum," tegasnya mengutip dari Showbiz Liputan6.com.

7 dari 11 halaman

6. Investasi Hotel Bodong

Kasus serupa juga menimpa Yusuf Mansur perihal investasi yang berujung pada ketidaknyamanan rekan bisnisnya. Jika sebelumnya UYM digugat dalam kasus tabung tanah, kali ini dirinya menghadapi gugatan kasus wanprestasi investasi hotel bodong.

Bersama UYM, turut digugat PT Inext Arsindo dan pengusaha Jody Broto Suseno digugat atas dugaan kasus wanprestasi investasi hotel bodong. Sidang perdana gugatan wanprestasinya itu telah berlangsung di Pengadilan Negeri Tangerang, Kamis 6 Januari 2022.

"Dalam sidang perdananya ini tergugatnya adalah PT Inext, ke dua itu Yusuf Mansur sebagai direktur utama, dan yang ketiga itu Jody Broto Suseno sebagai Komisaris Utama. Ketiga PT Inext Arsindo, karena hotel tersebut dinaungi di PT Inext Arsindo," kata kuasa hukum 12 orang penggugat, Ichwan Tony di Pengadilan Negeri Tangerang, Kamis 6 Januari 2022.

8 dari 11 halaman

7. Tausiyah Miskin Karena Kurang Ibadah

Sekali lagi, Yusuf Mansur kembali memberikan pernyataan yang lewat tausiyahnya yang seketika menjadi sorotan. Yusuf Mansur merasa kasihan terhadap orang miskin yang keadaannya disebabkan karena kurang ibadah.

“Ustaz kondang Yusuf Mansyur baru saja bilang di Metro TV: Mohon maaf, nih, kalau Anda miskin coba cek pasti Anda kurang ibadah. Kasian banget kaum miskin di negara ini, ya, sudah ditindas struktur, disalahkan ustaz," cuit @FebyIndirani yang diunggah di akun Instagram Yusuf Mansur, @yusufmansurnew, Minggu (18/4/2021).

Atas viralnya pernyataan itu, ia lantas diserbu netizen. Bahkan sesama ustaz menganggapnya keliru atas pernyataan yang dibuat. Namun akhirnya Ustaz Yusuf Mansur mengakui perbuatannya salah dan meminta maaf. 

9 dari 11 halaman

8. 'Bangga' Dapat Sedekah dari Koruptor

Kali ini soal sedekah yang “dibanggakan Ustaz Yusuf Mansur” dalam sebuah tausiyahnya. Ia menyebut seorang teman bersedekah kepadanya sebanyak ratusan juta meski ia mengalami kerugian. 

“Temen saya pengusaha ngasih uang tunai Rp 926 juta rupiah, Suf doain ya ini baru buntut ini. Saya Pikir orang gede yang gak percaya ternyata teman saya Rennier Latief,” kata Yusuf Mansur. 

Sebagaimana yang diketahui, Rennier Abdul Rahman Latief ditahan di kasus dugaan korupsi ASABRI setelah lepas di kasus korupsi PT Danareksa Sekuritas.

10 dari 11 halaman

9. Teriak-Teriak saat Azan

Ustaz Yusuf Mansur sempat menjadi sorotan saat tragedi meninggalnya Eril putra Ridwan Kamil. Unggahan tersebut memperlihatkan rekaman video saat Ustaz Yusuf Mansur sedang melaksanakan salat ghaib untuk mendiang Emmeril Kahn Mumtadz.

Sayangnya, video itu justru disorot publik karena menuai hujatan dari berbagai pengguna media sosial. Pasalnya, dalam video yang diunggah oleh ustaz Yusuf Mansur, ia tampak asyik merekam video di tengah kumandang azan menggema.

Tak hanya merekam, Ustaz Yusuf Mansur malah terlihat berteriak memanggil salah seorang jemaah.

"MasyaAllah, Allahuakbar!, wali nih wali, hei Jamil!," teriak Ustaz Yusuf Mansur.

11 dari 11 halaman

10. Pernyataan Wirda Mansur Kuliah di Oxford

Putri Ustaz Yusuf Mansur, Wirda Mansur, tengah menjadi sorotan karena status pendidikannya yang disebut-sebut sebagai lulusan Oxford University. Padahal, nama Wirda Mansur tercatat sebagai salah satu mahasiswi di Institut Daarul Qur'an, Cipondoh, Tangerang.

Soal heboh Wirda Mansur merupakan lulusan Oxford, Ustaz Yusuf Mansur meluruskannya. Ia blak-blakan mengakui jika putrinya bukanlah alumni salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia itu. 

"Tidak ada yang mengaku alumni Oxford. Wirda kan baru masuk (kuliah), bagaimana mungkin langsung mengaku alumni," kata Ustaz Yusuf Mansur ditemui di Institut Daarul Qur'an, Cipondoh, Tangerang, Sabtu (5/3/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.