Sukses

17 Wisata di Balikpapan yang Populer dan Sering Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta - Ketika sedang berada di Balikpapan, jangan lewatkan wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Sambangi tempat-tempat konservasi flora dan fauna langka yang sulit dijumpai di kebun binatang mana pun.

Selain menawarkan wisata edukasi, wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi selanjutnya berupa alam seperti pantai, gunung, sungai, dan perbukitan. Kota terbesar kedua di Kalimantan Timur ini alamnya benar-benar mempesona.

Tempat wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini cocok banget untuk liburan bersama keluarga, teman-teman, sahabat, hingga pasangan. Penasaran seperti apa sebenarnya wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi tersebut?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tujuh belas rekomendasi wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi, Jumat (7/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Wisata di Balikpapan yang Populer dan Sering Dikunjungi

1. Konservasi Beruang Madu

Konservasi beruang madu adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Tempat yang digunakan untuk konservasi ini, dijadikan sebagai tempat wisata dan bisa dikunjungi oleh pengunjung.

Wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini maskot kota Balikpapan. Beruang madu termasuk hewan yang langka dan tengah dilindungi keberadaannya karena terancam punah.

2. Kampung Atas Air Margasari

Kampung Atas Air Margasari adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Kampung ini menawarkan kampung apung yang masih dilestarikan di Balikpapan bahkan di Indonesia.

Wisata Balikpapan ini menyuguhkan kampung mengapung yang mirip di Venice, Eropa. Saat berada disini, pengunjung bisa memancing atau berkeliling kampung sembari berinteraksi dengan warga sekitar. 

3. Pantai Kemala

Pantai Kemala adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Pantai yang sering disebut Pantai Polda memiliki pemandangan pasir putih yang bersih juga luas, sehingga saat berkunjung kamu bisa bermain air dan pasir.

Tempat wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini menyajikan makanan khas Balikpapan yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang ada di sini. Saat berada di sini, pengunjung bisa bermain jet ski dan banana boats.

4. Kawasan Hutan Mangrove Margomulyo

Hutan mangrove adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Lokasi wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini berada di Jalan Sidodasi, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur ini memiliki wisata ekosistem mangrove yang bisa disaksikan secara dekat. 

Meskipun cukup terkenal, hutan mangrove ini masih terjaga keasriannya dan keindahannya, cocok untuk menenangkan diri dan bersantai. Tidak hanya hamparan hutan mangrove, di wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini banyak spot-spot foto yang menarik untuk bisa mengabadikan momen berlatar hutan yang asri. 

5. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Luasnya tak kurang dari 10.000 hektar, wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini digunakan sebagai rumah bagi berbagai flora dan fauna langka dan dilindungi. Contohnya orang utan, beruang madu, bekantan, kantong semar, hingga tumbuhan endemik Jahe Balikpapan.

6. Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Pantai ini bisa menjadi alternatif untuk menikmati panorama sunset. Wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi seperti pantai sepinggan menawarkan indahnya langit jingga ditambah pantulan cahaya matahari di permukaan air laut, membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

3 dari 4 halaman

Wisata di Balikpapan yang Populer dan Sering Dikunjungi

7. Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Lokasi wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini di dalam Kawasan Hutan Lindung Wain. Ini kawasan konservasi alam berupa tumbuhan kayu. Tempat wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini, rumah bagi berbagai jenis tumbuhan obat dan berbagai spesies anggrek. 

8. Pantai Melawai

Pantai Melawai adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Lokasinya berada di Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Saat berada di wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi, pengunjung bisa menikmati pemandangan sunset yang memesona.

Tempat ini adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi, pertama yang dilakukan pengeboran minyak di Indonesia. Jika ingin berkunjung ke Pantai Melawai, alangkah baiknya datang ketika menjelang petang karena di sana banyak sekali kafe yang menyediakan menu makanan khas Balikpapan.

9. Waduk Manggar

Waduk Manggar adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Tempat wisata yang memiliki sumber air bersih ini digunakan untuk kebutuhan masyarakat Balikpapan. Waduk wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi, menawarkan pemandangan indah yang tidak kalah menarik dengan wisata Balikpapan Lainnya.

10. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Tempat ini berupa wisata Balikpapan yang selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan dan masa liburan.

Wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Banyak juga warung makan yang menyediakan aneka kuliner lokal yang menarik. Banyak wahana, juga fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung saat berada di wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini. 

4 dari 4 halaman

Wisata di Balikpapan yang Populer dan Sering Dikunjungi

11. Taman Bekapai

Taman Bekapai adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Taman kota yang berlokasi di pusat kota ini merupakan ruang terbuka untuk publik dan bisa menjadi tempat santai di tengah kota Balikpapan.  Wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini menyediakan fasilitas wifi dan tidak dikenakan biaya apapun bila kamu ingin menggunakannya.

12. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Lokasinya menawarkan pemandangan laut yang indah dihiasi pepohonan cemara membuat liburan semakin nyaman dan menyenangkan. Tempat wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini menjadi destinasi tepat saat liburan bersama dengan keluarga. 

13. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Tempat wisata di Balikpapan ini menyuguhkan keindahan bukit dan hutan yang menarik, dengan bentangan alam yang berupa hutan tropis

14. Bukit Batu Dinding

Bukit Batu Dinding adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Ini wisata Balikpapan yang menawarkan pemandangan alam dengan rimbunnya hutan. Tempat wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini bisa menjadi spot yang cukup untuk menyaksikan panorama sunset dan sunrise. Pengunjung juga bisa melihat asrinya hutan dengan pohon-pohon besar yang indah. 

15. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Danau ini memiliki air yang sangat jernih dan bahkan bisa untuk bercermin atau memantulkan bayangan.

Lokasi wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini berada di kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur ini bisa diakses dari pusat kota sekitar 26 kilometer atau kurang lebih 45 menit.

16. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Tempat wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi ini menjadi salah satu wisata Balikpapan yang memiliki kawasan penangkaran seluas 5 hektar dan menjadi rumah bagi lebih dari 1000 ekor buaya. Di sini pengunjung bisa mengamati berbagai jenis buaya. 

17. Mie Soba Lada Hitam

Mie Soba Lada Hitam adalah wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi. Ini wisata kuliner yang menawarkan Mie Soba berukuran lebih besar dari mie pada umumnya, dengan saus hitam yang melumuri tiap helai mie nya.

Rasanya yang gurih dan nikmat membuat mie ini wajib dicicipi ketika berkunjung ke Balikpapan. Saat berkunjung ke tempat wisata di Balikpapan yang populer dan sering dikunjungi, sambangi juga makanan khas Balikpapan yang enak juga menggugah selera. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.