Sukses

10 Wisata Alam Solo Terpopuler, Lengkap dengan Harga Tiket Masuknya

Liputan6.com, Jakarta Wisata Alam Solo menjadi salah satu destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Terkenal dengan wisata budaya dan kulinernya, solo juga tut menyimpan destinasi wisata alam yang tidak kalah memukau para wisatawan yang berkunjung ke Solo.

Wisata Alam Solo terdiri dari air terjun, gua, gunung, taman dan lain sebagainya. Banyaknya pilihan destinasi wisata yang bisa dipilih, membuat Solo menjadi tempat liburan yang cocok untuk para wisatawan yang ingin menghilangkan penat setelah lelah menjalani rutinitas selama seminggu penuh.

Solo yang juga dikenal dengan nama Surakarta ini, merupakan kota kecil yang memiliki berbagai macam wisata. Dan wisata alam Solo merupakan salah satu jenis wisata yang wajib untuk dikunjungi selama anda berkunjung ke Solo untuk menghabiskan waktu liburan.

Untuk referensi anda selama berkunjung ke Solo, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/10/2022). Rekomendasi tempat wisata alam Solo yang wajib dikunjungi lengkap dengan harga tiket masuknya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Wisata Alam Solo Terpopuler

1. Air Terjun Jumog

Wisata alam Solo yang pertama adalah Air Terjun Jumog. Duduk di antara tanaman hijau subur di sekelilingnya, air segar mengalir dari ketinggian 30 meter dan pengunjung dapat dengan mudah mengakses air terjun kapan saja sepanjang tahun.

Disini anda dapat melompat dari batu ke batu untuk lebih dekat ke air terjun, selain itu anda juga dapat menikmati pemandangannya dari jembatan, atau sekadar berenang di kolam yang ada di bawah air terjun untuk menyegarkan badan.

Biaya Masuk: Rp. 5.000

 

2. Grojogan Selondo

Grojogan Selondo adalah air terjun kecil yang muncul dari formasi batuan, diukir sempurna membentuk dua kolam kecil di dasarnya. Ini tentu saja merupakan pemandangan yang bagus untuk dilihat. Meskipun terletak di dekat jembatan Selondo yang terkenal, hanya sedikit wisatawan yang mengetahui daya tarik alam yang menakjubkan ini.

Selain menjadi tempat yang baik untuk melepaskan diri dari panasnya kota, di sini juga anda dapat menikmati hari yang santai karena tidak memerlukan banyak usaha untuk sampai ke sini. Anda juga dapat membawa satu set floaties untuk menikmati waktu di kolam air tawar yang ada di area grojogan.

Biaya Masuk: Gratis.

3 dari 6 halaman

Wisata Alam Solo Terpopuler

3. Grojogan Sewu

Terletak jauh di bagian Tawangmangu yang belum tersentuh, Grojogan Sewu adalah salah satu air terjun yang mempesona di Karanganyar. Ini adalah tujuan yang harus Anda kunjungi sekali seumur hidup. Nama itu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti “Seribu Air Terjun”, di mana anda akan menapaki seribu anak tangga untuk bisa mencapai Grojogan Sewu .

Meskipun tidak mudah untuk mencapai Grojogan Sewu dengan berjalan kaki, kami dapat menjamin bahwa perjalanan Anda ke Grojogan Sewu akan sepadan dengan keringat Anda. Bersiaplah untuk terkagum-kagum dengan air terjun setinggi 30 meter ini.

Biaya Masuk: Rp. 15.000

 

4. Bendungan Colo

Wisata alam Solo yang selanjutnya adalah bendungan Colo. Kawasan ini ramai dikunjungi pengunjung saat air surut. Jadi, anda akan melihat deretan beton yang menarik untuk dijadikan objek foto. Tidak hanya berfoto dan bersantai, di sini anda juga bisa memancing. Karena bendungan ini merupakan habitat berbagai jenis ikan.

Untuk mengunjunginya sebaiknya datang pada pagi atau sore hari tepat sebelum matahari terbenam agar cuaca tidak terlalu panas, walaupun sebenarnya jam operasional bendungan ini sendiri buka 24 jam sehingga anda bisa puas mengunjunginya kapan saja.

Biaya Masuk: Gratis.

4 dari 6 halaman

Wisata Alam Solo Terpopuler

5. Geopark Batu Seribu

Salah satu tempat wisata menarik berikut yang tidak boleh anda lewatkan adalah Geopark Batu Seribu. Daya tarik utama adalah sumber air yang dikatakan tidak pernah kering bahkan selama musim kemarau. Fenomena ini disebut Sumber Pacinan. Nama sumber air juga diambil karena daerah ini dulunya adalah perbukitan berbatu.

Selain menjadi sumber air bagi warga sekitar, anda juga bisa menikmati kawasan Geopark Batu Seribu sebagai destinasi wisata alam yang seru. Di sini, anda bisa berenang di kolam pemandian mata air, hingga melihat pentas seni. Tidak ketinggalan, sejuknya udara kawasan ini tentunya akan membuat kunjungan anda semakin menyenangkan.

Biaya Masuk: Rp. 5.000

 

6. Taman Balekambang

Di tengah kota Solo anda juga bisa menemukan wisata alam Solo yang menarik. Yaitu Taman Balekambang yang terletak di Jalan Balekambang No. 1, Manahan, Banjarsari. Tidak hanya memanjakan mata para pecinta lingkungan, taman ini juga memiliki fasilitas yang lengkap sehingga menjadikannya sebagai destinasi wisata keluarga.

Anda tidak hanya disuguhkan pemandangan alam, tapi juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik disini. Salah satunya, anda bisa bermain perahu atau mengunjungi rusa dan monyet yang tinggal di taman ini. Selanjutnya, anda juga harus menikmati berbagai kuliner yang ada di sekitar Taman Balekambang.

Biaya Masuk: Rp. 5.000

5 dari 6 halaman

Wisata Alam Solo Terpopuler

7. Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

Juga dikenal sebagai Tahura Ngargoyoso, tempat ini merupakan satu-satunya taman hutan di Jawa Tengah. Oleh karena itu, kawasan ini sangat dilestarikan. Di tempat wisata yang terletak di Sukuh, Karanganyar ini, anda bisa menikmati keindahan alamnya sambil berkemah di bumi perkemahan.

Bagi anda yang tidak terbiasa camping di hutan, anda tidak perlu khawatir karena di sini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Mulai dari area parkir, mushola, hingga penginapan bisa dengan mudah ditemukan di sini jika anda terlalu malas untuk membangun tenda.

Biaya Masuk: Rp. 7.000

 

8. Bukit Gancik

Selanjutnya ada Bukit Gancik, tepat di puncak Bukit Gancik, anda akan dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi yang megah menjaga dari kejauhan. Anda bahkan dapat menikmati pemandangan indah perkebunan eksotis di sekitarnya dari beberapa platform.

Terletak di lereng Gunung Merbabu, Bukit Gancik dapat dicapai melalui pendakian yang mudah, sehingga sangat cocok untuk keluarga dengan anak-anak dan orang tua. Sangat disarankan untuk melakukan perjalanan lebih awal untuk menyaksikan matahari terbit di puncaknya.

Biaya Masuk: Rp. 5.000

6 dari 6 halaman

Wisata Alam Solo Terpopuler

9. Telaga Madirda

Wisata alam Solo yang berikutnya adalah area Telaga Madirda, dikenal juga dengan nama Danau Madirda adalah tempat yang sempurna bagi anda yang berencana untuk pergi bersama keluarga. Suasana dingin akan memberi anda rasa ketenangan yang berbeda dari tempat lain. Selain itu ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Telaga Madirda.

Ada beberapa kano yang bisa anda sewa dan dayung bersama teman. Anda selalu dapat memilih sisi menyenangkan dan seru dari berkemah, atau bahkan menjelajahi area Telaga Madirda. Berkunjungan ke Telaga Madirda akan membawa anda selangkah lebih dekat dengan alam.

Biaya Masuk: Gratis

 

10. Taman Tenggir

Wisata alam Solo yang terakhir adalah taman tenggir. Tenggir Park adalah taman bermain bagi mereka yang tidak bisa berhenti memotret keindahan alam. Disini anda bisa berfoto dengan alat peraga foto yang Instagramable dan memiliki latar belakang pemandangan yang indah serta memanjakan mata.

Baik itu berdiri di ladang bunga berwarna-warni, mengendarai sepeda di hutan atau terbang dengan karpet terbang seperti Aladdin menggunakan wahana yang disediakan dapat anda lakukan disini. Berfoto disini akan menjadi kenang-kenangan yang sangat istimewa untuk anda.

Biaya Masuk: Rp. 10.000

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.