Sukses

Tanggung Jawab Artinya Kesanggupan Memikul Risiko Perbuatan, Kenali Ciri-Ciri dan Contohnya

Tanggung jawab artinya yaitu bentuk kesanggupan seseorang untuk memikul risiko atas keputusannya.

Liputan6.com, Jakarta Tanggung jawab artinya tentu harus dipahami semua orang. Pasalnya, setiap orang pada dasarnya tentu harus bertanggung jawab atas segala perbuatannya. Setiap perbuatan memiliki konsekuensi tertentu yang harus dipertanggung jawabkan.  

Jadi, kamu perlu berpikir sebelum bertindak. Setiap orang perlu memikirkan konsekuensi perbuatannya sebelum melakukan sesuatu. Tentunya kamu harus berusaha sekuat tenaga untuk melakukan dan menyelesaikan suatu pekerjaan, itulah bentuk tanggung jawab.

Tanggung jawab artinya yaitu bentuk kesanggupan seseorang untuk memikul risiko atas keputusan dan segala yang berkaitan dengan kehidupannya. Tanggung jawab adalah kunci dari keseimbangan hidup.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/10/2022) tentang arti tanggung jawab.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti Tanggung Jawab

Tanggung jawab artinya adalah bentuk sikap manusia terhadap segala tingkah laku dan perbuatannya. Tanggung jawab adalah bentuk kesanggupan untuk memikul risiko perbuatan. Wujud dari tanggung jawab yaitu dapat dibuktikan dengan konsistensi perbuatan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tanggung jawab artinya keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan sebagainya). Sementara itu, dalam hukum, tanggung jawab berarti fungsi menerima pembebanan, sebagai akibat sikap pihak sendiri atau pihak lain.

Manusia yang hidup di dunia sejak lahir pada dasarnya memiliki tanggung jawab atas dirinya sendiri. Tanggung jawab artinya wujud memerdekakan diri sendiri dan orang-orang yang ditanggungnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tanggung jawab adalah bagian dari risiko. Tak mengherankan bila tanggung jawab adalah hal paling berpengaruh terhadap keseimbangan kehidupan di dunia.

Pengertian Tanggung Jawab Menurut Para Ahli

- Schiller & Bryan (2002). Tanggung jawab artinya perilaku yang menentukan bagaimana bereaksi terhadap situasi setiap hari, yang memerlukan beberapa jenis keputusan yang bersifat moral.

- Britnes (dalam Mardiyah & Setiawati, 2014). Tanggung jawab adalah tidak boleh mengelak bila diminta penjelasan tentang perbuatannya. Bertanggung jawab berarti dapat diminta penjelasan tentang tingkah lakunya dan bukan saja bisa menjawab melainkan juga harus menjawab.

- Mudjiono (2012). Tanggung jawab merupakan sikap yang berkaitan dengan janji atau tuntutan terhadap hak, tugas, kewajiban sesuai dengan aturan, nilai, norma, adat-istiadat yang dianut warga masyarakat.

- Burhanudin (2000). Tanggung jawab ialah kesanggupan untuk menetapkan sikap terhadap suatu perbuatan yang diemban dan kesanggupan untuk memikul resiko dari sesuatu perbuatan yang dilakukan.

3 dari 5 halaman

Aspek-Aspek Tanggung Jawab

Aspek-aspek tanggung jawab dipaparkan oleh Burhanudin (2000) menjadi tiga hal pokok, yaitu kesadaran, kecintaan, dan keberanian. Menurut Burhanudin aspek-aspek tanggung jawab adalah sebagai berikut:

1. Kesadaran. Memiliki kesadaran akan etika dan hidup jujur, melakukan perencanaan dan melaksanakannya secara fleksibel, sikap produktif dalam mengembangkan diri. Agar bisa memahami sikap dalam belajar bagi dirinya sendiri.

2. Kecintaan. Memiliki sikap empati, bersahabat, dalam hubungan interpersonal. Hal ini dikarenakan individu melihat kebutuhan yang lain dan memberikan potensi bagi dirinya. Teruntuk menunjukkan ekspresi cintanya kepada individu lain.

3. Keberanian. Memiliki kemampuan bertindak independen, mampu melihat perilaku dari segi konsekuensi atas dasar sistem nilai.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Seseorang yang Bertanggung Jawab

Ciri-ciri orang yang bertanggung jawab tentunya terlihat dari tindakan-tindakannya. Kamu perlu memiliki sikap-sikap seseorang yang memiliki tanggung jawab. Menurut Anton Adiwiyono (2001), berikut ciri-ciri tanggung jawab yang perlu diketahui:

- Melakukan apa yang sudah diucapkan.

- Mampu berkomunikasi dengan baik kepada siapa saja.

- Memiliki jiwa melayani dengan sepenuh hati.

- Mampu menjelaskan apa yang dilakukannya, sehingga pribadi manusia memiliki tu juan.

- Tidak menyalahkan orang lain secara berlebihan.

- Mampu menentukan pilihan dari beberapa alternatif.

- Menjadi pendengar yang baik, termasuk dalam menerima kritik dan saran dari orang lain.

- Berani meminta maaf sekaligus menanggung beban atas kesalahan yang dilakukan dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

- Peduli pada kondisi, baik teman maupun keluarga.

- Bersikap tegas.

- Menghormati dan menghargai aturan.

- Rajin memberi apresiasi kepada siapa saja dan tidak lupa mengucapkan terima kasih.

5 dari 5 halaman

Contoh Tanggung Jawab

- Tanggung jawab kepada Tuhan. Tanggung jawab manusia kepada Tuhan adalah dengan selalu bersyukur dan menjaga semua nikmat yang telah diberikan-Nya, serta senantiasa untuk mentaati segala perintah dan menjauhi segala larangan Tuhan.

- Tanggung jawab kepada diri sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga diri sendiri dari hal-hal yang membahayakan, menjaga kebersihan diri, menjaga kesehatan dan gizi seimbang, menjaga keamanan, Bertanggung jawab terhadap keputusan yang menjadi pilihan, dan lain sebagainya

- Tanggung jawab kepada keluarga. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga keharmonisan keluarga dengan saling menyayangi, menghormati, dan menghargai.

- Tanggung jawab kepada lingkungan dan masyarakat. Hal ini bisa dilakukan dengan menghargai perbedaan agama, suku, dan budaya serta berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan masyarakat, misalnya menjaga kebersihkan lingkungan, menjaga keamanan, dan ketertiban dalam masyarakat.

- Tanggung jawab kepada bangsa dan negara. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa hingga menghargai keanekaragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Demikian penjelasan tentang tanggung jawab artinya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.