Sukses

Viral Gadis Bernama Tiara Kartika Disebut Anak Kuntilanak, Penampilannya Curi Perhatian

Tiara Kartika disebut anak kuntilanak bikin heboh.

Liputan6.com, Jakarta Jagat maya belakangan digemparkan dengan sosok bocah yang mengaku anak kuntilanak. Terasa janggal memang mengingat kuntilanak selama ini dikenal sebagai mitos belaka. Namun pengakuan gadis yang memiliki nama lengkap Tiara Kartika itu segera jadi sorotan tersendiri. 

Lewat unggahan video kanal YouTube Karol Inoviani (8/10/2022), sang pemilik akun berbincang dengan Tiara Kartika. Ia didampingi langsung oleh nenek Nur yang membesarkan Tiara Kartika sedari bayi. 

“Tiara ini ditemukan oleh nenek Nur ini di tengah hutan pada waktu bayi. Setelah ditemukan membawa pulang dan sekarang Tiara ini sudah dewasa dan cantik,” kata nenek Nur.

Menurut cerita Nenek Nur, Tiara bukan cucu kandungnya. Dia mengaku menemukan Tiara di hutan sebelas tahun lalu. Tiara mendapat julukan anak kuntilanak sejak duduk di bangku kelas sekolah dasar dekat rumah Nenek Nur. 

Sebagaimana yang telah diketahui kuntilanak merupakan mitos yang paling banyak mendapat perhatian masyarakat Indonesia. Meski begitu dalam video yang berdurasi 12,8 menit itu menegaskan Tiara murni merupakan anak manusia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hanya ‘Dijaga’ Kuntilanak

Perbincangan dengan Tiara Kartika dan Nenek Nur itu lantas segera menjadi perhatian jagat maya. Pasalnya  kisah asal usul kuntilanak ini menyedihkan. Konon kuntilanak dulunya seorang ibu yang meninggal karena melahirkan.

Sedangkan Tiara Kartika sendiri mengaku Saat di sekolah, gadis yang tumbuh dewasa dan memiliki paras cantik itu sering diolok-olok temannya sebagai anak kuntilanak.

“Pernah sekolah kelas 3 SD nggak dilanjutkan lagi karena saya pernah dibully di sekolah. Dia Mengejek ke Tiara anak kuntilanak. Karena saya pernah kesurupan dan pernah ngomong-ngomong sendiri,” ungkap Tiara.

“Jadi saya tegaskan Tiara ini murni anak manusia cuma dia ada pendamping kuntilanak dijaga dari kecil sampai sekarang,” kata Karol Inoviani dalam video unggahannya.

3 dari 4 halaman

Wajah Kartika Curi Perhatian

Tiara bukan anak keturunan kuntilanak mengingat dia bisa berbicara dan berinteraksi dengan orang lain seperti manusia biasa. Namun sedari awal penampilan Tiara Kartika sudah berhasil mencuri perhatian. Meski dijuluki sebagai anak angkat kuntilanak. Paras rupawan Tiara Kartika jadi perhatian tersendiri.

Lewat video yang sama Tiara menerangkan dirinya gemar berdandan. Tak heran meski diasuh oleh nenek Nur seorang diri, potret Tiara Kartika terlihat cantik jelita, kulit tangan dan wajahnya juga terlihat putih bersih. 

Sejauh ini belum ada pihak yang berusaha menguak identitas asli orang tua Tiara. Namun diduga dia adalah bayi yang dibuang orangtuanya di hutan.

Namun tidak diketahui alasan mengapa orangtua kandung Tiara membuang dirinya di hutan pada sebelas tahun yang lalu.

4 dari 4 halaman

Penderita Penyakit Jiwa

Terlepas dari ia disebut-sebut keturunan kuntilanak dan memiliki wajah yang cantik, Tiara memiliki gangguan mental. Gadis berwajah rupawan berkulit putih ini diketahui mengidap penyakit jiwa folie a deux yang membuatnya selalu merasa diikuti orang.

Meski rumah Nenek Nur tempat Tiara dibesarkan terungkap di video YouTube, tapi Karol Inoviani tidak menyebutkan lokasinya.

Yang jelas, Tiara Kartika yang dinarasikan sebagai anak kuntilanak ini tinggal berdua dengan Nenek Nur di sebuah rumah terpencil dengan ekonomi yang serba kekurangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.