Sukses

10 Manfaat Memelihara Kucing Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Simak manfaat memelihara kucing berdasarkan fakta ilmiah yang telah dibuktikan melalui sejumlah penelitian.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat memelihara kucing tidak hanya menyenangkan, nyatanya memelihara kucing juga dapat memberikan beragam manfaat kesehatan, baik kesehatan mental maupun kesehatan tubuh secara fisik. Di mana manfaat memelihara kucing juga termasuk meningkatkan kualitas hidup pemiliknya.

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh banyak orang. Tidak hanya karena kucing merupakan hewan yang menggemaskan, namun juga karena banyak orang yang merasakan mendapat banyak manfaat memelihara kucing bagi kesehatannya secara menyeluruh.

Banyak penelitian telah membuktikan manfaat memelihara kucing bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan kualitas tidur pemiliknya hingga mengatasi stres dan depresi. Memelihara kucing menjadi salah satu alternatif meningkatkan kualitas hidup yang menyenangkan.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat memelihara kucing berdasarkan fakta ilmiah yang telah dibuktikan melalui sejumlah penelitian, Senin (10/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Memelihara Kucing Untuk Kesehatan

1. Memiliki Jantung yang Lebih Sehat

Manfaat memelihara kucing yang pertama adalah jantung yang lebih sehat. Memiliki hewan peliharaan apapun baik untuk jantung anda. Kucing khususnya dapat menurunkan tingkat stress dan menurunkan jumlah kecemasan dalam hidup anda. Selain itu mengelus kucing memiliki efek menenangkan yang positif.

Satu studi menemukan bahwa selama periode 10 tahun pemilik kucing 30 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena serangan jantung atau stroke daripada pemilik non-kucing, hal ini karena pemilik kucing dapat hidup lebih santai dan memiliki stres yang lebih rendah secara umum.

 

2. Mengontrol Tekanan Darah

Para peneliti di University of Buffalo meneliti sekelompok 48 pialang saham New York yang memiliki hipertensi, dimana semuanya diberi resep inhibitor ACE untuk mengelola tekanan darah tinggi mereka. Setengah dari kelompok juga diminta untuk memelihara kucing ke dalam rejimen pengobatan mereka.

Selama tes stres berikutnya, detak jantung dan tingkat tekanan darah pemilik hewan peliharaan meningkat jauh lebih sedikit daripada peserta yang hanya menggunakan obat ACE inhibitor. Studi ini menunjukkan bahwa jika anda memiliki tekanan darah tinggi, hewan peliharaan sangat baik untuk anda saat sedang stress. Dalam hal efek menenangkan ini, kucing memiliki manfaat tambahan yaitu dengkuran

yang dapat menurunkan tingkat tekanan darah pada manusia.

3 dari 6 halaman

Manfaat Memelihara Kucing Untuk Kesehatan

3. Mencegah Alergi

Manfaat memelihara kucing yang selanjutnya adalah untuk mencegah alergi. Jika anda memiliki bayi dan ingin dia tumbuh dengan risiko alergi hewan peliharaan yang lebih rendah, pertimbangkan untuk mengadopsi kucing saat ia masih bayi. Sebuah studi yang diterbitkan di Clinical & Experimental Allergy pada tahun 2011, menemukan bahwa remaja yang memiliki kucing selama tahun pertama kehidupan mereka memiliki risiko penurunan kepekaan terhadap kucing di kemudian hari.

Sebuah studi sebelumnya yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa paparan bayi terhadap hewan peliharaan membantu mencegah tidak hanya alergi hewan peliharaan, tetapi juga kepekaan terhadap alergen umum seperti tungau debu, ragweed dan rumput.

 

4. Menyembuhkan Tulang dan Otot Kaku

Dengkuran kucing adalah salah satu suara yang paling menenangkan di dunia dan meskipun itu pasti berarti kucing anda bahagia dan nyaman, suara dengkuran kucing ini juga telah lama dikaitkan dengan kemampuan penyembuhan terapeutik pada tulang dan otot manusia.

Dengkuran kucing menciptakan getaran pada frekuensi 20-140 HZ, dan penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi dalam rentang 18-35 HZ memiliki efek positif pada mobilitas sendi setelah cedera, para ilmuwan telah mulai berbicara tentang bagaimana suara kucing dapat membantu manusia.

 

4 dari 6 halaman

Manfaat Memelihara Kucing Untuk Kesehatan

5. Mengurangi Kesepian

Menurut sebuah survei di AS, 80 persen pemilik hewan peliharaan mengatakan bahwa hewan peliharaan mereka membuat mereka merasa tidak terlalu kesepian. Kucing anda bisa ada untuk Anda bahkan ketika orang tidak bisa, menawarkan kehadiran yang konstan dan bahkan seseorang untuk diajak bicara.

Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang membentuk ikatan atau keterikatan yang sama pada hewan peliharaan mereka seperti yang mereka lakukan dengan manusia lain. Dalam survei terhadap 800 pemilik kucing, 59 persen mengatakan bahwa mereka berbicara dengan kucing mereka sebagai teman dan 37 persen berbicara dengan mereka sebagai seorang anak.

 

6. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Manfaat memelihara kucing yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan fisik pemiliknya. Penelitian pada 4.435 orang selama 13 tahun menunjukan bahwa orang yang memiliki kucing di masa lalu lebih kecil kemungkinannya meninggal karena serangan jantung selama waktu itu daripada orang yang tidak pernah memiliki kucing.

Studi lain berpendapat bahwa bayi yang tumbuh dengan hewan peliharaan berbulu, termasuk kucing, lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan alergi dan obesitas. Paparan dini pada kucing juga dikaitkan dengan risiko asma yang lebih rendah pada anak-anak, menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Allergy and Clinical Immunology.

5 dari 6 halaman

Manfaat Memelihara Kucing Untuk Kesehatan

7. Menghilangkan Stres dan Kecemasan

Manfaat ini didapat dari efek menenangkan dari membelai bulu mereka yang lembut dan halus serta mendengarkan dengkuran mereka. Sebuah survei yang dilakukan oleh badan amal kucing Perlindungan Kucing di Inggris pada tahun 2011 menemukan bahwa orang yang menghabiskan waktu dengan kucing atau anak kucing dilaporkan merasa lebih tenang dan tidak mudah kesal.

Dari pemilik kucing yang berpartisipasi dalam survei ini, 87 persen percaya bahwa berbagi kehidupan mereka dengan kucing meningkatkan kesejahteraan mereka secara keseluruhan, sementara 76 persen merasa bahwa kucing mereka membantu mereka mengatasi stres sehari-hari dengan jauh lebih baik.

 

8. Mengusir Hama

Manfaat memelihara kucing yang selanjutnya adalah dapat berperan sebagai pengusir hama seperti serangga. Kucing adalah pemangsa naluriah, jadi gen mereka memaksa mereka untuk mengintip, berburu, dan menerkam mangsanya yang dalam hal ini berupa berbagai jenis serangga yang ada di rumah anda.

Meskipun Anda harus mengambil setiap tindakan pencegahan untuk mencegah kucing anda berburu karena dampaknya terhadap fauna asli, rumah bebas hama adalah bonus fantastis memiliki kucing. Faktanya, jika tikus mendeteksi aroma kucing di rumah, mereka cenderung tidak masuk.

6 dari 6 halaman

Manfaat Memelihara Kucing Untuk Kesehatan

9. Kucing Adalah Teman yang Baik

Para peneliti melaporkan bahwa persahabatan adalah alasan terbesar orang menginginkan kucing. Dan terlepas dari reputasi mereka sebagai penyendiri dan mandiri, penelitian telah menentukan bahwa sekitar 65 persen kucing peliharaan melekat erat pada pemiliknya.

Sebuah survei tentang hubungan manusia dan kucing menemukan bahwa kasih sayang dan cinta tanpa syarat adalah manfaat utama. Temuan ini menunjukkan bahwa, meskipun bukan pengganti kontak manusia, teman kucing dapat menjadi sumber kesenangan dan kenyamanan emosional yang sangat penting bagi pemiliknya.

 

10. Membuat Pemiliknya Lebih Bahagia

Manfaat memelihara kucing yang terakhir adalah membuat pemiliknya menjadi lebih Bahagia. Selain menurunkan tingkat stres, waktu tatap muka dengan kucing anda juga dapat meningkatkan suasana hati. Peneliti Jessica Myrick, Ph.D. dan profesor di Pennsylvania State University, menemukan pengaruh memelihara kucing terhadap emosi orang.

Pada tahun 2015, dia menyurvei hampir 7.000 penggemar kucing untuk mengetahui bagaimana perasaan mereka setelah menonton video kucing di internet atau melihat gambar kucing secara online dan menemukan bahwa kebanyakan orang merasa lebih baik setelahnya. Mereka juga melaporkan tingkat emosi positif yang lebih tinggi, tingkat emosi negatif yang lebih rendah dan lebih berenergi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.