Sukses

15 Manfaat Sukun untuk Kesehatan dan Kecantikan, Kaya Nutrisi

Manfaat sukun untuk kesehatan dan kecantikan yakni melawan radikal bebas hingga baik bagi kesehatan mata.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sukun untuk kesehatan dan kecantikan perlu diketahui. Sukun merupakan buah berbentuk bulat dan seringnya berwarna hijau yang umum diolah dengan cara digoreng. Sukun memiliki nama latin Artocarpus altilis.

Manfaat sukun untuk kesehatan dan kecantikan ada beragam. Manfaat sukun dipercaya mampu mengobati dan mencegah penyakit tertentu. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi seperti protein, kalium, natrium, hingga kalsium membuat buah ini kerap dijadikan obat herbal.

Manfaat sukun untuk kesehatan dan kecantikan yakni melawan radikal bebas hingga baik bagi kesehatan mata. Buah yang mirip dengan nangka ini biasanya diolah menjadi berbagai macam camilan lezat.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai manfaat sukun untuk kesehatan dan kecantikan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (10/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Sukun untuk Kesehatan Tubuh

1. Baik untuk kesehatan jantung

Sukun merupakan sumber kalium yang sangat baik. Kalium mendukung penurunan tekanan darah dalam tubuh dan mengatur detak jantung dengan meminimalkan efek natrium. Serat makanan dalam sukun juga membantu mengurangi kolesterol dengan mencegah penyerapannya dalam usus.

Manfaat sukun bagi kesehatan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), sementara meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Konsumsi sukun juga dikaitkan dengan pengurangan kadar trigliserida yang merupakan salah satu penyebab utama serangan jantung.

2. Bisa menurunkan berat badan

Sukun bisa meningkatkan rasa kenyang tanpa harus menambah asupan kalori berlebihan. Jumlah serat yang tinggi juga mendukung kelancaran metabolisme. Tubuh yang memiliki metabolisme baik dapat terhindar dari risiko obesitas dan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

3. Cegah peradangan

Sukun mengandung antioksidan yang baik seperti vitamin C. Senyawa ini membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi. Antioksidan juga membantu melawan radikal bebas berbahaya dari tubuh yang menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya.

3 dari 6 halaman

Manfaat Sukun untuk Kesehatan Tubuh

4. Baik untuk pencernaan

Manfaat sukun yang lainnya adalah untuk pergerakan usus dan fungsi usus yang baik. Serat yang ada dalam sukun lagi membantu mengeluarkan kotoran dan juga mengeluarkan racun dari usus. Ini mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti mulas, keasaman, maag dan gastritis. Sukun juga membantu melindungi selaput lendir usus besar dengan menangkal bahan kimia penyebab kanker dari usus besar.

5. Menjaga kesehatan tulang

Buah sukun merupakan sumber potasium  yang baik yang memainkan peran penting dalam mengatur keseimbangan cairan, mendukung gerakan kerangka dan memperlancar kontraksi otot serta menghemat kalsium dalam tubuh sehingga membantu meminimalkan kehilangan kalsium melalui urin.

Mineral lainnya termasuk riboflavin, niacin, seng, mangan, kalsium dan banyak lagi. Seng dan magnesium sangat penting untuk metabolisme tulang sementara yang lain berfungsi bersama-sama atau terpisah untuk meningkatkan kesehatan tulang secara umum.

6. Meningkatkan energi dalam tubuh

Buah sukun kaya akan karbohidrat yang memberi tubuh jumlah energi yang dibutuhkan untuk aktivitas energik karena secangkir sukun memiliki kandungan 60g karbohidrat. Sukun adalah makanan penambah energi yang kaya akan jumlah karbohidrat dan kalori tinggi yang baik.

Pada saat yang sama jumlah serat makanan yang baik yang membantu menyeimbangkan isinya. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah ini dalam jumlah sedang terutama bubur satu hari setiap hari membantu memberi energi pada tubuh dan membuat kenyang tanpa menambah asupan kalori dalam tubuh.

4 dari 6 halaman

Manfaat Sukun untuk Kesehatan Tubuh

7. Membantu mengontrol diabetes

Manfaat sukun yang selanjutnya adalah membantu mengontrol diabetes. Sukun adalah makanan yang sangat enak yang banyak direkomendasikan untuk pasien diabetes oleh ahli gizi karena fungsinya dalam mengurangi risiko diabetes dan mengendalikan kondisi yang sudah ada.

Serat yang terkandung dalam buah ini berperan khusus dalam menghambat penyerapan kelebihan asupan glukosa dari karbohidrat. Karbohidrat yang diperoleh melalui konsumsi sukun diubah menjadi fruktosa dan sukrosa sebagai pengganti glukosa yang seratnya juga menghambat kelebihan senyawa yang lebih kecil.

8. Membantu melawan radikal bebas

Buah sukun mengandung jumlah yang cukup dari antioksidan alami yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Sukun merupakan sumber alami flavonoid yang terkandung dalam jumlah sedang dan vitamin C.

Rasa ini berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh yang melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas. Vitamin C, di sisi lain, adalah asam askorbat yang juga berkontribusi untuk melawan operasi organisme ini yang menyebabkan kerusakan pada sel tubuh.

Vitamin dan mineral esensial yang cukup terkandung dalam sukun serta tingkat protein yang memadai yang memelihara pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Kehadiran vitamin C dalam sukun membantu dalam produksi protein tertentu yang dikenal sebagai kolagen yang menjaga elastisitas kulit dan semua jaringan ikat dalam tubuh.

9. Baik untuk kehamilan

Menjaga kehamilan menjadi manfaat sukun yang selanjutnya, buah sukun telah diketahui sebelumnya kaya akan kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 dalam jumlah yang baik yang berperan penting dalam kehamilan.

Asam lemak omega 3 dan omega 6 dikenal sebagai asam lemak tak jenuh ganda yang memberikan dukungan untuk pertumbuhan janin, mereka adalah blok bangunan utama untuk retina janin dan perkembangan neuron janin.

5 dari 6 halaman

Manfaat Sukun untuk Kesehatan Tubuh

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sukun disebut sebagai makanan penambah daya tahan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup dibutuhkan oleh tubuh manusia. Buah sukun sangat kaya serat, membuat makanan ini penting karena dapat melawan semua senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus dan di sisi lain meningkatkan metabolisme yang sehat.

Nutrisi dalam buah ini juga penting dalam memerangi senyawa yang menyebabkan penyakit kanker karena kaya akan antioksidan. Vitamin C ini memberikan semua dukungan dan peningkatan yang dibutuhkan sistem kekebalan untuk mempertahankan sistem tubuh terhadap penyakit atau infeksi tertentu.

11. Membantu fungsi otak

Sukun kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang berperan penting dalam fungsi otak dan perkembangan pertumbuhan. Ini adalah asam lemak penting yang berkontribusi untuk mempertahankan beberapa bagian seluler otak manusia; ini membuat mereka penting untuk menjaga otak berfungsi normal.

Omega 6 juga membantu menjaga kesehatan tulang dan mengatur kesehatan metabolisme sekaligus memperlancar komunikasi antar sel otak, terutama pada otak bayi. Dianjurkan untuk makan sukun dalam jumlah sedang untuk menyerap asam lemak tak jenuh ganda yang penting ini untuk menghindari kerusakan otak.

12. Cegah infeksi kulit

Ekstrak sukun segar dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Manfaat sukun dapat membantu menghambat aktivitas enzim pro-inflamasi dan mencegah kelebihan oksida nitrat, sehingga mencegah peradangan berlebihan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Sukun untuk Kecantikan

13. Bantu pertumbuhan rambut

Asupan sukun secara teratur memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Zat besi dalam sukun meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, merangsang folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

14. Memelihara kesehatan rambut

Manfaat sukun juga dapat mendukung pertumbuhan rambut sehat dan tebal. Vitamin C yang terkandung dalam sukun memfasilitasi penyerapan mineral dan memberi nutrisi pada rambut. Sukun mencegah gangguan rambut seperti ketombe secara efektif.

15. Memelihara kulit

Sukun adalah bagian dari makanan dan buah memegang peranan yang sangat penting dimana tidak hanya terbatas pada kesehatan manusia tetapi juga berperan dalam menjaga kecantikan kulit. Di mana buah sukun kaya akan kandungan kolagen yang baik untuk kulit.

Kolagen memberikan kulit yang sehat dengan bantuan vitamin C konsentrasi tinggi. Oleh karena itu, makan sukun dalam jumlah sedang menghasilkan jumlah kolagen yang baik yang membuat kulit bersinar dan bebas dari kerutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.