Sukses

18 Wisata di Pangandaran Terbaru & Populer, Alam Indah dan Menawan

Tempat wisata di Pangandaran yang wajib dikunjungi saat liburan.

Liputan6.com, Jakarta Pangandaran merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Barat, serta memiliki sejumlah potensi wisata yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Saat memilih untuk liburan yang seru juga menyenangkan, maka wisata di Pangandaran adalah pilihan yang tepat. Karena destinasi yang ada di sini cukup lengkap, mulai dari wisata alam, edukasi, hingga taman bermain.

Pangandaran adalah wilayah yang memiliki batasan langsung dengan laut, sehingga wisata di Pangandaran lebih banyak menawarkan deretan pantai indah dan eksotis. Terdapat juga sungai-sungainya yang memungkinkan pengunjung untuk melakukan petualangan air. Dengan alam yang indah dan asri, membuat tempat wisatanya tak pernah sepi dari pengunjung. 

Selain didominasi oleh pantai, wisata di Pangandaran juga memiliki beberapa sungai, curug, gua, hingga cagar alam, yang bisa Anda kunjungi bersama dengan keluarga. Beragam fasilitas di setiap tempat wisata juga memadai, sehingga pengunjung tak perlu khawatir.

Berikut ini wisata di Pangandaran yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/10/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata di Pangandaran

1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran sangat populer juga memiliki pesona alam indah dan memikat mata. Tempat yang berlokasi di Desa Pananjung ini bisa Anda kunjungi bersama keluarga untul sekedar piknik yang seru. Pengelola tempat wisata Pangandaran ini juga menyediakan fasilitas memadai yang bisa digunakan pengunjung, diantaranya berenang, memancing, menyelam, perahu pesiar, jet ski, dan berkeliling dengan sepeda.

2. Pantai Pasir Putih 

Wisata di Pangandaran yang masih menawarkan panorama pantai yang eksotis adalah Pantai Pasir Putih. Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki hamparan pasir putih yang indah, serta kondisi air yang masih sangat jernih juga bersih. Akan sangat cocok jika Anda gunakan untuk sekadar snorkeling, diving, hingga berenang. Tak usah khawatir, karena ombak di pantai ini cukup tenang, sehingga aman digunakan. Tersedia juga spot foto menarik yaitu kapal karam di tengah-tengah laut tidak jauh dari pantai.

3. Pantai Batu Hiu 

Pantai Batu Hiu adalah salah satu wisata di Pangandaran yang berlokasi di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, di mana saat berkunjung ke sini, Anda akan melihat batu karang besar yang posisinya menjorok ke laut, dengan bentuk yang menyerupai sirip hiu. Tempat ini juga digunakan untuk melakukan konservasi terhadap penyu, sehingga pengunjung yang datang bisa mendapatkan pengetahuan baru dan berinteraksi langsung dengan penyu yang ada di tempat ini. 

4. Pantai Batu Karas 

Wisata di Pangandaran selanjutnya adalah Pantai Batu Karas yang terletak di Jalan Batu Karas, Batukaras, Cijulang, Pangandaran. Tempat ini akan sangat cocok dikunjungi Anda, ketika ingin berada dalam suasana yang tenang, sekadar bersantai menikmati cantiknya pemandangan. Jangan khawatir, karena pantai ini memiliki ombak yang tenang, sehingga Anda bisa berselancar dan menikmati pemandangan indah di sini. 

5. Pantai Madasari 

Pantai Madasari merupakan salah satu destinasi wisata Pangandaran yang terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pantai ini juga sering disebut sebagai Bulak Benda, di mana terdapat pulau-pulai kecil di pinggir pantai. Pulau-pulau ini diantaranya Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit (Karang Seugeuh), Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan Nyampai. Saat Anda berkunjung dan memilih untuk menghabiskan waktu di sini, maka aktivitas yang bisa dilakukan adalah memancing juga camping bersama dengan keluarga. 

6. Pantai Karapyak 

Wisata di Pangandaran yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Pantai Karapyak yang berlokasi di Desa Bagolo, Pangandaran, Jawa Barat. Tempat wisata ini, memiliki kondisi pantai yang sangat sejuk, karena dipenuhi dengan banyak pohon-pohon rindang. Pengunjung juga bisa melihat hamparan pasir putih yang memanjang lebih kurang 5 km dari bibir pantai. Terdapat juga batu karang, yang condong ke atas sebagai rumah beberapa ikan dan kumang. Salah satu daya tarik wisatawan saat berkunjung adalah kondisi air laut yang sangat bening kehijaua, sehingga Anda bisa melihat pesona bawah laut dengan sangat jelas.

3 dari 4 halaman

Wisata di Pangandaran

7. Goa Lanang Selasari

Selain pantai, destinasi wisata Pangandaran selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah Goa Lanang Selasari yang berlokasi di desa Selasari Kecamatan Parigi. Untuk sampai di sini, maka pengunjung membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Namun perjalanan panjang Anda akan terbayar dengan pemadangan alam desa yang menawan juga unik. Selain itu, terdapat juga gua sepanjang 360 meter, yang menyerupai kerajaan kelelawar karena terdapat banyak kelelawar di dinding atas gua tersebut.

8. Gua Sinjang Lawang 

Selain Goa Lanang, ada juga Gua Sinjang Lawang yang masih satu wilayah di Pangandaran. Saat berkunjung di sini, maka Anda akan memiliki pengalaman baru berpetualang di perut bumi. Terdapat ukiran alami bumi, dan juga semakin eksotis karena cahaya matahari yang masuk dari atap gua. Gua ini memiliki lebar sekitar 65 meter dengan tinggi 60 meter dan pengunjung bisa menyusuri gua dengan mengikuti aliran sungai Cijulang.

9. Cukang Taneuh Pangandaran

Wisata di Pangandaran selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Cukang Taneuh Pangandaran. Tempat wisata ini cukup unik, juga memiliki keindahan yang membuat siapa saja takjub. Saat berada di tempat ini, maka pengunjung bisa melakukan berbagai macam kegiatan lainnya yang lebih menantang, seperti arum jeram dan body rafting. Pengelola wisata juga menyediakan fasilitas yang cukup memadai untuk dinikmati oleh pengunjung, sambil memandang panorama di sekitar Cukang Taneuh Pangandaran.

10. Cagar Alam Pangandaran

Salah satu tempat wisata di Pangandaran yang cocok disambangi adalah Cagar Alam Pangandaran. Tempat ini digunakan sebagai kawasan konservasi wisata alam yang dikelola langsung oleh Perum Perhutani. Saat berkunjung, maka Anda juga bisa melihat goa-goa serta flora dan fauna seperti banteng, kera dan rusa. Anda juga diajak untuk menapaki jejak sejarah dengan mengunjungi berbagai peninggalan serta cagar budaya seperti situs Agama Hindu, Kerajaan Galuh dan Goa-goa peninggalan jaman penjajahan Jepang. Tempat ini menjadi rekomendasi wisata edukasi yang seru juga sarat akan sejarah. 

11. Pepedan Hills

Tempat wisata Pangandaran selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Pepedan Hills. Menyuguhkan panorama alam dari atas perbukitan Goa Nyiuran, juga deretan pepohonan yang rimbun menjadi salah satu pemandangan yang akan memanjakan pengunjung. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan sebagai area untuk camping, outbond, hiking dan susur sungai. Pengunjunga juga bisa berfoto di atas bukit dengan latar pegunungan, sambil menikmati nasi liwet kampung yang ada di sini. 

4 dari 4 halaman

Wisata di Pangandaran

12. Goa Sumur Mudal

Wisata di Pangandaran lainnya ada Goa Sumur Mudal, yang merupakan bagian dari cagar alam di Pangandaran. Karena berada di cagar alam, membuat tempat ini memiliki suasana alam yang terlihat lebih asri dan sejuk, sehingga akan sangat cocok dijadikan tempat untuk menghilangkan penat. Goa ini memiliki bentuk yang bermacam macam oleh stalaktit dan juga stalakmit, selain itu memiliki sebuah cekungan menyerupai sumur dan tersimpan mata air yang digunakan warga setempat.

13. Curug Jambe Anom 

Kawasan Curug Jambe merupakan wisata Pangandaran yang terhampar tebing-tebing bebatuan, juga dikelilingi pepohonan. Bagi Anda yang ingin melepas penat, maka bisa menngunjungi Goa Sumur Mudal. Suasana asri alam hutan juga menjadi daya tarik tersendiri, serta Anda juga bisa berenang, di kolam air terjun yang luasnya sekitar empat meter persegi. Pengelola wisata juga menyediakan body rafting, spot pemancingan, dan flying fox.

14. Curug Taringgul

Wisata di Pangandaran selanjutnya adalah Curug Taringgul, yang terletak di Jalan Cibanten, Blok Ciawitali, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Saat berkunjung, maka Anda bisa melihat aliran sungainya yang berwarna hijau kebiruan serta air terjun yang mengairi sungai. Aktivitas favorit yang biasanya dilakukan saat berada di Curug Taringgul ini adalah body rafting. 

15. Green Valley Citumang 

Citumang merupakan sebuah aliran sungai yang membelah hutan dengan debit aliran sedang yang menuju ke sebuah gua. Wisata di pangandaran ini, akan sangat indah, karena terdapat tumbuhan hutan yang indah dan menawan, selain itu kejernihan air sungai Citumang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Wisata Pangandaran ini menjadi kawasan body rafting dan arung jeram, sehingga sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang menyukai aktivitas memacu adrenalin. 

16. Jebulan

Wisata di Pangandaran selanjutnya adalah Jebulan, di mana tempat ini memiliki aliran air yang lebih deras. Terletak di daerah Cigugur membuat tempat ini memiliki pemandangan lembah dengan aliran sungai yang jernih. Lokasinya yang cukup terpencil membuat kamu harus benar-benar melakukan persiapan saat berkunjung. Namun perjuangan dan persiapan yang Anda lakukan tak sia - sia, karena panorama dan suasana yang ada di sini mampu membuat Anda betah. 

17. Cukang Taneuh (Green Canyon)

Adapun wisata di Pangandaran yang sangat populer, serta diminati setiap kalangan adalah Cukang Taneuh atau dikenal juga dengan Green Canyon. Tempat yang berlokasi di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran ini memiliki berbentuk ngarai yang terjadi dari erosi tanah. Erosi ini akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun, kemudian menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit. Pemandangan serta suasana yang terdapat di sini, membuat tempat wisata ini tak pernah sepi dari pengunjung. Tempat wisata ini juga diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan. 

18. Saung Muara Pangandaran

Destinasi wisata di Pangandaran yang wajib Anda kunjungi adalah Saung Muara. Tempat ini bisa ditempuh melalui pintu masuk objek wisata Pangandaran dari Pamugaran. Tempat ini merupakan sebuah danau yang terhampar begitu luas, sehingga pengunjung yang datang bisa melakukan berbagai aktivitas yang mengasyikkan seperti berkemah atau bahkan memancing. Anda juga bisa liburan seru dan menyenangkan bersama keluarga, sambil menikmati panorama sunset yang menawan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.