Sukses

8 Contoh Tanda Tangan yang Unik, Bisa Menggambarkan Kepribadian

Contoh tanda tangan yang unik, dapat menggambarkan kepribadian.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya semua orang pasti memiliki tanda tangan dengan bentuk yang berbeda, baik itu hanya insial, ataupun dengan coretan panjang. Secara latin, tanda tangan biasanya menggambarkan kepribadian seseorang, meskipun hanya berupa coretan singkat. Oleh karena itu contoh tanda tangan ini, bisa menjadi rekomendasi menarik untuk Anda ikuti, sesuai dengan kepribadian Anda. 

Tanda tangan biasanya digunakan oleh seseorang, sebagai tanda bukti yang memang berguna dalam pembuatan KTP, serta surat - surat kedinasan dan non kedinasan lainnya. Dalam ilmu grafologi yang terkait dengan tata penulisan, menganalisis pola tulisan tangan dan bisa mengidentifikasi kondisi psikologi seseorang hingga karakternya. Maka contoh tanda tangan yang Anda ikuti, sebaiknya disesuaikan dengan karakter Anda. 

Salah satu contoh tanda tangan yang sering digunakan, adalah coretan besar yang tentu memiliki kaitan dengan harga diri yang lebih besar, keinginan untuk diakui, rasa percaya diri yang kuat, dan penguasaan keterampilan. Tanda tangan juga bisa menjadi salah satu ekspresi kepribadian dari seseorang. Tanda tangan juga sering diberi gaya tulisan tertentu dari nama seseorang atau merupakan tanda identitas seseorang.

Berikut ini contoh tanda tangan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Sejarah Tanda Tangan

Banyak orang yang mengumpulkan tanda tangan karena alasan sentimental, salah satunya digunakan sebagai pengingat acara tertentu seperti kemenangan olahraga atau warisan artistik. Tetapi untuk kolektor yang bersemangat, tanda tangan juga dapat memiliki nilai moneter yang signifikan. 

Meskipun tindakan mengumpulkan tanda tangan terkenal adalah hobi populer dalam budaya kontemporer, praktiknya telah ada sejak abad ke-1. Orang Yunani dan Romawi kuno juga memahami pentingnya melestarikan sejarah, dengan demikian cara untuk menunjukan bahwa mereka menjunjung tinggi tanda tangan, adalah dengan memajang manuskrip asli karya sastra hebat di kuil-kuil dan mengumpulkan tanda tangan dari penulis naskah drama dan filsuf populer.

Grafologi adalah salah satu studi tentang tulisan tangan dan tentu menarik hingga saat ini. Berbagai museum terkemuka juga mendedikasikan seluruh pameran, contohnya “The Magic of Handwriting,” sebuah pameran di The Morgan Library & Museum di New York yang memamerkan 140 item dari kolektor Brasil Pedro Corrêa do Lago. Grafologi juga ada kaitannya dengan tata penulisan, sehingga mampu menganalisis pola tulisan tangan dan bisa mengidentifikasi kondisi psikologi seseorang hingga karakter kepribadian hanya dengan melihat tanda tangan. 

 

3 dari 5 halaman

Analisis Tanda Tangan

Tanda tangan akan sangat penting bagi identitas seseorang karena itu adalah bagian dari cara kita menampilkan diri ke dunia luar. Pakar analisis tanda tangan mengevaluasi setiap ciri khas, hingga kemiringan dan sudutnya, untuk menentukan makna tanda tangan yang berbeda dalam kaitannya dengan penciptanya.

Ukuran

Adapun ukuran tanda tangan dipandang sebagai cerminan dari harga diri dan kesadaran seseorang tentang bagaimana orang lain memandang mereka. Secara teori, semakin besar tanda tangan, semakin terbuka dan ramah seseorang untuk ditampilkan kepada publik. 

a. Besar

Contoh tanda tangan dengan ukuran besar, sangat terkait dengan harga diri yang lebih besar, keinginan untuk diakui, rasa percaya diri yang kuat dan penguasaan keterampilan

b. Sedang

Contoh tanda tangan dengan ukuran sedang, memiliki kaitan dengan rasa diri yang seimbang, sederhana, pemahaman yang kuat tentang bagaimana Anda dipersepsikan oleh dunia luar

c. Kecil

Contoh tanda tangan dengan ukuran kecil, menggambarkan harga diri dan kepercayaan diri yang rendah, tidak mengenali nilai, mungkin sengaja menahan diri

d. Miring

Akan ada banyak yang bisa dikatakan tentang kemiringan dan sudut tanda tangan seseorang, di mana mereka memiliki kecenderungan berkorelasi dengan ekspresi perasaan dan emosi seseorang. 

e. Miring kanan

Ketika memiliki tanda tangan miring kanan, umumnya diasosiasikan dengan orang yang mengambil inisiatif, penyayang, dan lebih terbuka

f. Miring kiri

Tanda tangan miring kiri memiliki artian bahwa Anda kurang termotivasi, kurang harga diri, merasa lebih sulit untuk menegaskan diri mereka secara emosional

g. Lurus

Memiliki tanda tangan yang lurus, artinya bahwa pemahaman yang kuat, tentang keseimbangan kehidupan dunia kerja

4 dari 5 halaman

Contoh Tanda Tangan

1. Insial Nama

Contoh tanda tangan yang sering Anda jumpai adalah menggunakan insial nama, serta dianggap cukup praktis. Untuk membuat tangan yang simple, kamu bisa menggunakan inisial namamu. Untuk inisial nama, maka kamu bisa menggunakan huruf dan ukuran yang lebih besar dari karakter lainnya.

2. Garis Bawah

Contoh tanda tangan yang emiliki garis bawah, melambangkan kepribadian Anda, di mana dengan bebas mengekspresikan kepercayaan diri dan kemampuan untuk mengatasi tantangan sehari-hari. Garis yang terdapat pada tanda tangan mengatakan bahwa kamu sangat ambisius dan berusaha untuk mencapai hal yang diinginkan.

3. Tanda Tangan yang Besar

Contoh tanda tangan menurut grafologi ketika memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan tulisan sebelum atau yang berada di atasnya, maka terdapat rasa percaya diri yang tinggi. Akan tetapi jika tanda tangan terlalu besar, bisa juga menandakan kamu adalah orang yang cenderung egois dan ingin menang sendiri. Anda juga bisa menambahkan coretan kecil sebagai pelengkap agar terlihat unik dan indah.

3. Ukuran dan Tulisan 

Contoh tanda tangan yang unik tentu memiliki ukuran, di mana sama dengan tulisan disekitarnya atau di atasnya menandakan kamu adalah orang yang dapat diandalkan dan bijaksana. Dengan tanda tangan ini juga menunjukkan kepribadian yang tenang, dan terkesan simple. Anda bisa mencoba tanda tangan  ini di agenda penting, atau laporan kantor. 

5 dari 5 halaman

Contoh Tanda Tangan

4. Tanda Tangan Berada di Kanan

Menurut ilmu grafologi, contoh tanda tangan yang baik juga sederhana selanjutnya adalah tanda tangan yang berada di sebelah kanan. Tanda tangan jenis ini menandakan kamu adalah orang yang memiliki kepribadian yang mudah untuk bersosialisasi, serta memiliki inisiatif yang bagus.

5. Penekanan Kuat

Contoh tanda tangan dengan penekanan kuat pada beberapa bagian, maka Anda adalah orang yang memiliki komitmen tinggi, perfeksionis, dan memiliki kecenderungan lebih serius. Akan sangat cocok jika Anda gunakan tanda tangan ini untuk perjanjian bisnis, ataupun surat yang bersifat penting.

6. Penekanan Ringan

Contoh tanda tangan dengan penekanan yang ringan, adalah orang yang memiliki kepribadian yang cenderung lebih mudah bersimpati kepada orang lain dan juga lebih sensitif. Ia juga tidak suka menghabisakan tenaga dan waktu secara cuma-cuma. Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa gunakan pada surat atau laporan yang bersifat non formal.

7. Lancip atau Tajam

Contoh tanda tangan selanjutnya adalah memiliki bentuk yang lancip atau tajam. Ketika memiliki berbentuk lancip atau memiliki sisi yang tajam, maka Anda adalah orang yang cerdas, agresif, bersemangat, berani dan juga berpendidikan. Nah contoh ini bisa Anda gunakan untuk skripsi, maupun laporan dan tugas penting. 

 

8. Tanda Tangan yang Mengarah Naik

Tanda tangan mengarah naik biasanya memiliki ambisi hidup yang tinggi. Orang yang memiliki tanda tangan ini, tak mudah menyerah dan selalu berusaha untuk mencapai sesuatu yang kamu inginkan. Selain itu, tanda tangan jenis ini juga biasanya merupakan tanda tangan orang dengan kepribadian yang ramah, juga hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini