Sukses

11 Wisata Dago Bandung yang Wajib Dikunjungi, Terhits dan Mudah Diakses

Rekomendasi wisata Dago Bandung, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Wisata Dago selalu menjadi destinasi favorit di Bandung. Ada sebelas rekomendasi lokasi wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi. Dago Bandung berada di kecamatan Coblong, Bandung, Jawa Barat. Wisata ini menjadi satu kawasan wisata yang cukup ikonik di Bandung.

Wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi di antaranya adalah Curug Dago, Puncak Ciumbuleuit, Dago Dreampark, Tebing Keraton, Dago Pakar, Taman Hutan Raya Juanda, Bukit Bintang, Amazing Art World, Dago Tea House, Bird and Bromelia Pavilion, serta Kebun Binatang Bandung.

Kawasan wisata Dago terkenal dengan kesejukannya. Cocok dikunjungi bersama keluarga, teman, sahabat, kerabat, hingga pasangan. Libur akhir pekan dan libur panjang menjadi lebih berkesan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata Dago Bandung.

Berikut Liputan6.com ulas sebelas wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi, Kamis (13/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Dago Bandung yang Wajib Dikunjungi

1. Curug Dago

Curug Dago adalah wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Jl. Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Curug ini berada di ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut. Salah satu daya tarik Curug Dago adalah sebuah prasasti peninggalan kerajaan Thailand. Di kawasan ini, terdapat dua prasasti yang menandai kedatangan dua raja dari Thailand pada 1902 silam.

2. Puncak Ciumbuleuit

Lokasi wisata ini dikenal pula dengan sebutan Punclut. Wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi ini berada tidak jauh dari pusat kota. Wisatawan dapat menyaksikan indahnya gemerlap Kota Bandung di malam hari dari ketinggian. Di sini pun, wisatawan tidak perlu bersusah-susah mencari tempat makan, ada segudang kuliner Sunda yang bisa dicoba.

3. Dago Dreampark

Dago Dreampark adalah tempat wisata dengan nuansa alam yang indah. Di sekitar wisata Dago ini, banyak ditumbuhi pohon pinus yang lebat. Wisatawan pun bisa menikmati suara derasnya aliran sungai. Membuat siapa saja yang datang, merasa nyaman saat berkunjung.

Dago Park sudah dilengkapi wahana permainan dan sudah dapat dikunjungi hingga malam hari. Ini berupa kawasan wisata yang memiliki kawasan seluas 11.6 hektare ini meyuguhkan pemandangan Lembang, Bandung yang sejuk dan indah.

Lokasi wisata Dago ini berada di Jalan Dago Giri Km 22, Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung. Ini termasuk wisata Bandung malam hari yang cukup populer.

4. Tebing Keraton

Jika ingin melihat sisi lain dari Kota Bandung kunjungi lokasi wisata satu ini. Lokasi wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi ini berada di Taman Hutan Raya.Tepatnya berada di daerah Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat. Wisatawan direkomendasikan untuk berkunjung di pagi hari untuk bisa melihat pemandangan cantik dari matahari terbit.

5. Dago Pakar

Dago Pakar menjadi lokasi wisata Dago Bandung yang berada di Desa Cibural, Kecamatan Cicadas, Bandung. Ini kawasan hutan lindung yang menjadi paru-paru kota Bandung. Di sini, ditumbuhi pohon pinus, pohon bambu, dan tanaman lainnya. Selain panorama alam yang menyejukkan, di kawasan ini ada goa Belanda dan goa Jepang yang bersejarah. Pesona alam lain yang tidak kalah menariknya dari wisata Dago Bandung ini adalah ada dua curug atau air terjun, yaitu Curug Omas dan Curug Dago. Di Dago Pakar pun terdapat museum yang menjelaskan tentang sejarah pembangunan Dago Pakar.

3 dari 3 halaman

Wisata Dago Bandung yang Wajib Dikunjungi

6. Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Juanda berada di Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung. Wisata alam satu ini berada di ketinggian sekitar 800 hingga 1.350 mdpl.

Tempatnya sangat ideal untuk melepas penat dan menikmati alam. Ketika memasuki kawasan wisata ini, wisatawan akan disambut dengan berbagi macam flora dan fauna khas di sana. Pengunjung pun bisa merasakan kesegaran dari tiga curug yang ada di sana.

7. Bukit Bintang

Bukit Bintang termasuk kawasan wisata Dago Bandung yang menyuguhkan susasan malam romantis dari ketinggian Bandung. Lokasinya sangat cocok dikunjungi bersama dengan orang-orang tersayang.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan kota Bandung di malam hari dengan hembusan angin sejuk ditemani jagung bakar dan minuman hangat. Di sini wisatawan dapat menyaksikan gemerlap lampu kota Bandung dari ketinggian bak hamparan bintang yang indah.

8. Amazing Art World

Amazing art world menyuguhkan banyak lukisan keren yang akan membuat imajinasi pengunjung ikut bermain. Lukisan di wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi ini, memiliki konsep 3D, 4D, dan 5D.

Lukisan yang ada di tempat wisata Dago Bandung ini dibuat seakan hidup dan keluar. Lukisannya sendiri juga cukup beragam, seperti Korea, China, dan Filipina. Jadi, jangan khawatir karena pengunjung tidak akan bosan menjelajahi tempat wisata ini.

9. Dago Tea House

Dago Tea House berada di kawasan Dago pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Dulunya tempat ini digunakan sebagai tempat untuk minum teh yang dikenal sebagai Dago Thee Huis. Kini tempat ini diubah menjadi Taman Budaya Provinsi Jawa Barat. Di taman budaya sebagai wisata Dago Bandung yang wajib dikunjungi ini, sering digelar berbagai pentas kesenian dan budaya Sunda.

10. Bird and Bromelia Pavilion

Bird and Bromelia Pavilion berada di Jalan Akaza Utama No. 9 Dago Giri Bandung. Ini tempat wisata edukasi tentang satwa burung dan tumbuhan di Bandung. Ada burung kakatua, burung macau, burung nuri, burung hantu, lovebird dan berbagai jenis burung lainnya. Wisatawan pun bisa berinteraksi dan memberi makan burung-burung tersebut.

Di tempat wisata Dago ini ada pula berbagai macam tumbuhan langka. Jika tertarik berkunjung, destinasi satu ini sudah dibuka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore setiap harinya.

11. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung punya lokasi yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Sebelum terkenal dengan namanya yang sekarang, tempat wisata ini bernama Derenten yang artinya kebun binatang.

Di sini,  ada sekitar 213 koleksi satwa. Di mana 79 satwa tergolong hewan yang dilindungi dan sisanya adalah satwa yang tidak dilindungi dan banyak yang berasal dari luar negeri. Tertarik mengunjunginya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.