Sukses

18 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Di Rumah, Dengan Bahan Sederhana

Cara menghilangkan komedo secara alami dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemui di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan komedo secara alami bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan berbagai bahan sederhana yang mudah ditemukan di rumah. Komedo bisa menjadi salah satu masalah wajah yang membuat anda frustasi setiap harinya.

Komedo sulit dihilangkan dan membuat kulit anda terlihat kusam serta terasa kasar. Hal ini lah yang membuat penting untuk mengetahui cara menghilangkan komedo secara alami. Tidak hanya demi keamanan kulit, cara menghilangkan komedo secara alami juga lebih hemat daripada dengan produk medis berbahan dasar kimia.

Komedo disebabkan ketika pori-pori kita tersumbat karena kotoran, keringat dan minyak. Ketika semua elemen ini teroksidasi pada kulit kita, mereka mulai terlihat seperti komedo. Karena komedo terjebak di antara pori-pori kita, sangat sulit untuk mengeluarkannya. Namun anda tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa dicoba.

Lantas cara menghilangkan komedo secara alami apa saja yang bisa dicoba untuk menghilangkan komedo yang sulit dihilangkan? Untuk menjawabnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/10/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Di Rumah

1. Masker Putih Telur

Cara menghilangkan komedo secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan putih telur. Dikenal karena kemampuannya mengencangkan kulit, putih telur menjadi bahan yang efektif untuk menghilangkan komedo. Ketika dioleskan langsung pada kulit atau sebagai masker, putih telur mengecilkan pori-pori, sehingga memaksa komedo keluar. Putih telur juga memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan minyak ekstra dari kulit.

2. Lulur Oatmeal dan Yogurt

Oatmeal dan yoghurt keduanya tinggi nutrisi, dan ketika dicampur, keduanya menjadi scrub komedo yang sehat. Oatmeal memiliki khasiat luar biasa dalam menyerap minyak berlebih dari kulit, yang membantu dalam pencegahan komedo. Dengan bantuan enzim probiotik, yoghurt memelihara dan melembabkan kulit. Untuk membuat scrub ini, ambil sesendok oat dan aduk rata dengan beberapa yoghurt. Pijat ke wajah anda dan kemudian bilas dengan air dingin.

3. Lemon, Garam dan Madu

Lemon akan memotong lemak sementara butiran halus garam akan bertindak sebagai scrub non-abrasif untuk kulit. Madu akan membuat kulit lembab dan membantu menjauhkan kuman. Buat pasta dengan ketiga bahan ini dan oleskan ke komedo. Setelah lima menit, gosok perlahan dengan gerakan memutar selama satu menit dan biarkan selama lima menit lagi. Cuci bersih dengan air hangat. Lakukan ini tiga kali seminggu.

4. Lulur Jus Kayu Manis dan Lemon

Bubuk kayu manis membantu mengencangkan pori-pori dan meningkatkan sirkulasi darah. Kemampuan antibakteri lemon mencegah komedo hitam, komedo putih, dan jerawat serta menjaga wajah tetap bersih. Untuk membuat scrub ini, campurkan dua sendok teh bubuk kayu manis dan jus lemon dalam jumlah yang sama. Biarkan scrub komedo DIY ini di wajah anda selama 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Di Rumah

5. Gunakan Cucian Bersih

Saat anda tidur di tempat tidur, minyak dan kotoran dari wajah anda akan bergesekan dengan sarung bantal dan seprai. Tidak mencucinya secara teratur dapat menyebabkan akumulasi kotoran yang dapat berpindah ke wajah anda dan menyumbat pori-pori, mendorong munculnya komedo. Yang terbaik adalah tidur dengan sarung bantal dan sprei bersih sesering mungkin.

6. Minyak Pohon Teh

Para ahli menemukan bahwa mengoleskan minyak pohon teh langsung ke daerah yang terkena dapat membantu komedo di dagu dan hidung dengan membunuh bakteri. Minyak pohon teh tersedia dalam beberapa produk, seperti sabun dan krim, atau tersedia sebagai minyak esensial. Minyak esensial juga sangat bagus untuk mencegah dan mengatasi jerawat.

7. Teh Hijau

Teh hijau dapat membantu mengurangi produksi minyak kulit dan bekerja sebagai antioksidan yang hebat. Campurkan satu sendok teh daun teh hijau kering dengan satu sendok teh air dan pijat ke daerah yang terkena selama tiga menit. Setelah itu, bilas dan oleskan pelembab. Perawatan ini dapat digunakan dua atau tiga hari dalam seminggu.

8. Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan A dan memiliki sifat mencerahkan kulit, menyerap minyak dan mengecilkan pori. Ini sangat baik untuk orang-orang dengan kulit berminyak karena bubur tomat secara efektif membersihkan lemak ekstra tanpa menjadi kasar. Potong beberapa irisan bulat dari tomat. Gosokkan irisan pada kulit, dengan fokus pada area yang dipenuhi komedo.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Di Rumah

9. Soda Kue

Cara menghilangkan komedo secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan soda kue. Soda kue adalah eksfoliator alami. Buat pasta menggunakan baking soda dan air dan oleskan ke area yang terkena komedo. Gunakan jari anda untuk menggosok kulit dengan lembut selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air. Ini harus dilakukan dua kali seminggu.

10. Tanah Liat

Sifat menyerap minyak dari tanah liat membuatnya ideal untuk membersihkan lemak ekstra dari kulit bersama dengan kotoran lainnya. Masker yang terbuat dari tanah liat bila digunakan secara rutin pada wajah dapat membantu membersihkan pori-pori. Ini pada akhirnya akan menghilangkan komedo dan membuat kulit halus.

11. Kunyit Kasturi

Kunyit dapat digunakan untuk membantu menghilangkan komedo karena sifat antibakteri, antijamur dan antiinflamasi nya. Untuk menggunakannya, ambil satu sendok makan kunyit kasturi dan campur dengan satu sendok makan air atau minyak kelapa untuk membentuk pasta, oleskan pasta tersebut ke wajah anda dan diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas.

12. Masker Arang

Cara menghilangkan komedo secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan masker arang secara teratur. Masker arang aktif dapat menjaga kulit wajah anda tetap bersih dengan mengeluarkan kotoran dan minyak dari pori-pori kulit, sehingga mencegah komedo. Arang juga memiliki sifat antibakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Di Rumah

13. Gula Merah, Madu dan Jus Lemon

Gula merah, madu, dan jus lemon merupakan campuran pengelupasan kulit yang dapat anda gunakan pada komedo di dagu dan hidung anda. Campurkan satu sendok makan gula merah, dua sendok makan lemon, dan satu sendok makan madu mentah. Setelah tercampur rata, oleskan ke wajah anda dengan gerakan melingkar, pijat selama lima menit sebelum membilasnya dan oleskan pelembab.

14. Minyak Kelapa dan Gula

Komedo di dagu dan di sekitar mulut sering terjadi, komedo juga bisa muncul di tubuh anda. Pengelupasan kulit anda untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dapat membantu, untuk melakukannya anda bisa mencampur minyak kelapa dan gula untuk membuat lulur sendiri. Gunakan secara teratur untuk hasil maksimal.

15. Strip Pori Susu dan Madu

Strip pori-pori adalah obat penghilang komedo yang popular dan susu memiliki asam laktat, yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan minyak, sedangkan madu bersifat antibakteri. Untuk membuat strip pori susu madu, campurkan satu sendok makan susu murni dengan satu sendok makan madu mentah organik dan microwave selama sekitar 10 detik. Setelah anda memastikan campurannya cukup dingin oleskan ke area wajah yang memiliki komedo dan letakkan strip kapas bersih di atasnya. Setelah didiamkan selama sekitar 15 menit, kupas kapas dengan lembut, bilas dan melembabkan wajah anda.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Di Rumah

16. Sikat Kulit

Sikat kulit dapat membantu menyingkirkan sisa-sisa kotoran dan kulit mati yang menumpuk yang berkontribusi terhadap jerawat. Hal ini juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan. Anda harus selalu menghidrasi kulit anda setelah menggunakan sikat kulit. Ada banyak sikat kulit berbeda yang tersedia untuk dibeli.

17. Mint, Lemon dan Gelatin

Cara menghilangkan komedo secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan mint dan gelatin. Lemon adalah zat alami yang mencerahkan dan mengencangkan kulit Anda. Sifat antibakteri mint membantu menenangkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Gelatin mengandung kolagen dan polimer yang membantu menyatukan masker.

18. Jaga Kebersihan Kulit Setiap Saat

Setiap kali anda keluar rumah, kulit anda menumpuk kotoran. Jika tidak dibersihkan dengan baik, hal itu dapat menyebabkan pori- pori tersumbat meningkatkan kemungkinan komedo. Riasan juga dapat memiliki efek yang sama pada kulit dan jika tidak dibersihkan sepenuhnya, dapat menyebabkan komedo dan bahkan berjerawat. Selalu ingat untuk menghapus riasan dan mencuci muka sebelum menelepon sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.