Sukses

12 Wisata Air di Jogja yang Seru dan Menyenangkan, Lengkap dengan Tiket Masuk

Wisata air di jogja yang wajib dikunjungi, pantai hingga air terjun.

Liputan6.com, Jakarta Jogja adalah satu diantara puluhan kota lainnya yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Saat Anda memilih untuk liburan panjang dan berencana liburan ke Jogja, maka tersedia banyak tempat untuk dikunjungi, baik itu wisata kuliner, wisata air yang meliputi pantai juga air terjun yang indah, wisata budaya, edukasi dan masih banyak lagi.

Wisata air di Jogja memang tak pernah sepi dari pengunjung, selain bisa digunakan untuk berendam dan mandi, Anda bisa menikmati pemandangan indah yang tak akan ditemukan saat berkunjung di daerah lainnya. Bagi pengunjung yang suka dengan aktivitas memacu adrenalin, maka wisata air di Jogja adalah tempat yang cocok.

Wisata air di Jogja juga sangat mudah dikunjungi, karena memiliki akses dan fasilitas lengkap untuk memanjakan pengunjung. Anda juga bisa mencari ketenangan saat berada di tempat ini, karena jauh dari kerumunan dan hiruk pikuk aktivitas masyarakat. Fasilitas yang memadai, juga harga tiket masuknya terbilang murah, mulai dari harga Rp 2.000 Anda sudah bisa menikmati suasana pantai yang asri juga indah. 

Berikut ini wisata air di Jogja yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/10/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Air di Jogja

1. Pantai Wedi Ombo

Wisata Air di Jogja yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Pantai Wedi Ombo yang memiliki letak di Kabupaten Gunungkidul. Tempat wisata ini juga salah satu destinasi yang terbilang baru ada. Walaupun begitu, saat berada di sini maka pengunjung dapat berendam dengan tenang, sambil menikmati sunset yang indah dan menawan. Tempat ini juga dikelilingi oleh bebatuan karang yang tersusun rapi menyerupai laguna. Namun karang yang terdapat di Pantai Wedi Ombo ini rupanya buatan manusia. Saat ingin menikmati kesejukan air di pantai ini, maka Anda harus berhati - hati karena glombang pasang di sini cukup ganas. 

Tiket masuk wisata : Rp10.000

2. Curug Pulosari

Wisata air di Jogja selanjutnya yang cukup baru juga letaknya yang tersembunyi adalah Curug Pulosari. Tempat ini merupakan air terjun tersembunyi, dengan pesona perairan mentah. Karena air terjun ini terletak di dasar tebing, maka pengunjung yang datang ke sini, bisa melihat air biru berkilauan yang mengalir turun, sehingga Anda perlu menempuhnya dengan trekking melalui hutan dan menyeberangi sungai kecil. Curug Pulosari menyajikan pemandangan alam yang indah, juga air yang berjatuhan di lereng bukit, membentuk tirai air alami yang dilengkapi dengan rimbunnya vegetasi hijau di sekitarnya. 

Tiket masuk wisata: Rp. 2.000

3. Air Terjun Kedung Kandang

Wisata air di Jogja selanjutnya adalah Air Terjun Kedung Kandang yang membuat siapa saja yang berkunjung akan terpikat saat melihat pemandangan indah ini. Tempat ini juga dikelilingi oleh sawah sehingga air terjun di sini, mengalir dengan lembut dan kolam air berwarna biru kehijauan. Air Terjun Kedung Kandang yang tenang, terletak di desa Gunung Butak, mengalir menuruni 6 tingkat sawah bertingkat. Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung bisa melewati jalan setapak yang indah di sepanjang jalur alam di mana anda akan disuguhi pemandangan pegunungan, bukit, sungai, bahkan aktivitas  petani di sawah.

Tiket masuk wisata: Rp. 8.000

4. Pantai Sedahan

Wisata air di Jogja yang wajib dikunjungi untuk liburan keluarga yang seru dan menyenangkan adalah Pantai Sedahan. Tempat wisata ini, sering digunakan untuk melakukan camping hingga aktivitas memancing. Namun untuk datang ke pantai ini kamu perlu berjuang dengan berjalan kaki, karena kendaraanmu harus parkir di Wediombo. Bagi pengunjung yang ingin menikmati pesona alam yang memukau, maka pantai ini adalah pilihan tepat untuk liburan. 

Tiket masuk wisata : Rp. 5.000

5. Pantai Sadeng

Wisata air di Jogja selanjutnya yang wajib Anda kunjungi saat liburan adalah Pantai Sadeng. Tempat wisata ini adalah salah satu pantai unik di Gunungkidul yang awalnya adalah muara sungai Bengawan Solo purba. Namun karena terjadi pergerakan lempeng bumi, aliran sungai Bengawan Solo Purba berbalik arah menuju Laut Jawa. Hingga saat ini, terdapat sisa-sisa aliran sungai yang bisa pengunjung lihat saat ingin liburan ke sini. Wisata Gunungkidul ini menjadi spot menarik karena bekas aliran sungai tersebut diapit oleh dua lembah dengan pepohonan yang terhampar hijau, akan sangat menarik untuk healing di tempat ini.

Tiket masuk wisata : Rp. 5.000

3 dari 4 halaman

Wisata Air di Jogja

6. Air Terjun Sri Gethu

Wisata air di Jogja yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Air Terjun Sri Gethu, yang terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada persis di tepi Sungai Oyo sehingga pengunjung bisa menyusuri sungai dengan menggunakan rakit untuk menikmati suasananya. Sepanjang perjalanan Anda akan melihat pemandangan tebing kapur dan pepohonan yang rimbun. Air Terjun Sri Gethuk juga memiliki 3 mata air yaitu ngandong, dong poh dan ngumbul, serta memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan 3 hingga 5 air terjun.

Tiket masuk wisata : Rp.15.000/orang

7. Air Terjun Luweng Sampang

Wisata air di Jogja selanjutnya adalah Air Terjun Luweng Sampang, yang masih berada di kawasan Gunung Kidul. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan debit air yang cukup rendah. Untuk menikmati keindahan air terjun ini, maka Anda bisa mengunjungi sesuai musim, karena akan berubah suasananya. Contohnya saat musim hujan, debit air di sini akan sangat besar dan berwarna coklat. Untuk musim kemarau datang airnya lebih kecil dan airnya sangat jernih, sehingga suasana tenang bisa Anda temui saat berkunjung. Anda juga bisa bermain air di sini karena disini terdapat kolam air yang tidak terlalu dalam, serta tempatnya juga bisa digunakan untuk foto prewedding.

Tiket masuk wisata : Rp.5.000/orang

8. Goa Pindul

Wisata air di Jogja selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Goa Pindul yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Destinasi wisata ini, menjadi rekomendasi wisata keluarga karena anak-anak bisa bermain di sini. Goa Pindul memiliki aliran sungainya tenang dan tidak terlalu deras, sehingga Anda bisa menaiki ban pelampung di atas sungai bawah tanah di dalam goa. Aliran sungai bawah tanah ini dimulai dari mulut goa hingga ujung goa, di dalam goa terdapat bagian sempit yang hanya bisa dilalui oleh satu ban pelampung. Fasilitas yang tersedia juga sudah memadai, sehingga pengunjung tak akan khawatir jika tidak bisa mengeksplor tempat wisata air ini. 

Tiket masuk wisata : Rp.30.000/orang

 

4 dari 4 halaman

Wisata Air di Jogja

9. Gua Jomblang

Wisata air selanjutnya yang bisa Anda temui saat berlibur di Jogja adalah Gua Jomblang. Tempat wisata ini merupakan salah satu konservasi tumbuhan purba dan telah dikembangkan menjadi tempat wisata minat khusus yang dikelola oleh warga atau warga sekitar. Fasilitas yang tersedia di sini juga memadai, salah satunya adalah pihak pengelola telah menyediakan perlengkapan yang lengkap sesuai standar keselamatan. Saat berada di tempat ini, Anda bisa melihat cahaya yang menerangi flowstone yang indah dengan gua yang gelap, serta air yang menetes dari ketinggian membuat pemandangan menjadi sangat indah.

Tiket masuk wisata : Rp.450.000/orang

10. Pantai Glagah

Wisata air selanjutnya yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Pantai Glagah, yang berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pantai ini akan sangat menarik untuk dilihat, karena tersedia laguna yang indah. Selain dikenal dengan lagunanya, Pantai Glagah juga dikenal dengan tetrapod atau pemecah ombak, yang kemudian dibangun sebuah dermaga yang panjang, di mana pengunjung dapat berjalan ke arah laut. Lokasi tetrapod inilah yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Selain itu, terdapat juga magnet baru berupa kebun bunga matahari yang bisa menjadi latar untuk berswafoto. 

Tiket masuk wisata : Rp.6.000/orang

11. Pantai Timang

Wisata air di Jogja selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Timang, di mana saat pengunjung datang ke sini, akan melihat deretan pantai yang ada di daerah Gunung Kidul. Sekilas memang pantai ini mirip dengan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul lainnya, namun bagi pecinta wisata yang memacu adrenalin, tempat ini akan sangat cocok untuk disambangi. Tempat ini juga memiliki gondola tradisional yang dikaitkan tali dengan pancang kayu yang dipasang di sela-sela karang. Selain itu, para nelayan menggunakan gondola ini untuk berburu lobster yang ada di pulau karang yang letaknya tepat di seberang pantai.

Tiket masuk wisata : Rp.10.000/orang

12. Pantai Ngrenehan

Selanjutnya wisata air di Jogja yang wajib dikunjungi adalah Pantai Ngrenehan yang diapit oleh dua tebing. Tempat yang merupakan teluk ini, memiliki debit airnya yang jernih dan pasirnya berwarna putih tipikal pantai Gunungkidul. Saat berkunjung ke sini, maka Anda akan melihat kapal-kapal nelayan yang berjejer, dengan warnanya yang biru cocok dengan warna airnya. Adapun fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai, meliputi kamar mandi, toilet, musola, dan tempat parkir. 

Tiket masuk wisata : Rp.5.000/orang

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini