Sukses

18 Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Perawatan Alami, Pahami Penyebab dan Cara Mencegahnya

Sakit kepala merupakan hal yang umum dialami oleh banyak orang, tetapi dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman dan menganggu aktivitas sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap orang pernah atau bahkan sering mengalami sakit kepala atau pusing. Bahan sakit kepala menjadi hal umum yang di alami kebbanyakan orang. Meskipun sakit kepala adalah hal yang umum, bagi penderitanya hal ini sangatlah tidak nyaman dan mungkin menganggu kehidupan mereka.

Langkah pertama yang harus dilakukan sebagai cara mengobati sakit kepala adalah dengan mengetahui jenis sakit kepala Anda atau penyebabnya. Hal ini karena sakit kepala Anda mungkin menunjukkan gejala penyakit atau kondisi medis lainnya, walaupun dalam beberapa kasus sakit kepala tidak diketahui jelas penyebabnya.

Terdapat banyak jenis sakit kepala, beberapa di antaranya, termasuk sakit kepala tegang atau tension headaches yang merupakan jenis paling umum, cluster headache atau sakit kepala cluster yang menyakitkan serta migrain yang merupakan jenis sakit kepala sedang hingga berat.  

Sudah ada berbagai obat yang digunakan sebagai cara mengatasi sakit kepala. Selain itu, Anda juga dapat mencoba cara mengobati sakit kepala dengan perawatan alami.

Terdapat beberapa cara mengobati sakit kepala secara alami yang dapat Anda coba di rumah. Berikut liputan6 rangkum dari Healthline dan berbagai sumber tentang 18 cara mengobati sakit kepala secara alami, pada Kamis (13/10/22) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab Sakit Kepala

Seperti yang telah yang disebutkan sebelumnya bahwa penting untuk mengetahui penyebab sakit kepala sebelum Anda mencoba berbagai cara mengobati sakit kepala. Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan bahkan yang lainnya merupakan penyebab yang serius. Beberapa gaya hidup dan atau faktor diet tertentu yang dapat meningkatkan risiko sakit kepala adalah sebagai berikut :

- Kurang tidur

- Dehidrasi

- Penarikan kafein

- Konsumsi alkohol

- Kekurangan nutrisi

- Kurang makan

Selain karena gaya hidup di atas, sakit kepala juga dapat disebabkan oleh kondisi yang dapat mengancam jiwa, termasuk tumor, pembekuan darah dan atau cedera otak traumatis. Overdosis obat dan juga infeksi sistem saraf pusat juga dapat menjadi penyebab sakit kepala. Sedangkan orang yang menderita obesitas, gangguan tidur, merokok, mengonsumsi kafein, dalam jumlah tinggi atau yang memiliki riwayat sakit kepala juga lebih rawan mengalami sakit kepala.

3 dari 6 halaman

Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Perawatan Alami

1. Meminum Air Putih

Penelitian menyebutkan bahwa dehidrasi merupakan penyebab paling umum seseorang mengalami sakit kepala. Tubuh yang kurang terhidrasi juga tidak dapat berkonsentrasi dengan baik, menimbulkan lekas merah dan menyebabkan gejalanya menjadi lebih parah. Kemudian penelitian menemukan bahwa dengan meminum lebih banyak air akan membantu meredakan sakit kepala. Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan atau sayur mayur yang mengandung banyak air. Cara mengobati sakit kepala yang satu ini mungkin terlihat sangat mudah dan sering disepelekan, tetapi beberapa orang bahkan tidak mengonsumsi air yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

2. Mengonsumsi Magnesium

Magnesium merupakan salah satu jenis mineral yang sangat penting bagi tubuh. Di sisi lain, magnesium juga dapat menjadi obat mengatasi kepala yang aman. Penelitian dengan judul “Headaches and Magnesium: Mechanisms, Bioavailability, Therapeutic Efficacy and Potential Advantage of Magnesium Pidolate” oleh Jeanette A. Maier dkk menyebutkan bahwa pengobatan dengan tambahan magnesium dalam berbagai bentuk dan dosis tertentu dapat membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan sakit kepala jenis migrain. Misalnya dengan suplemen magnesium. Akan tetapi, mengonsumsi suplemen magnesium memiliki beberapa efek samping, seperti diare. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mengonsumsinya mulai dari dosis kecil dan bertanya kepada profesional.

3. Tidak Mengonsumsi Alkohol

Memang tidak semua orang mengalami sakit kepala setelah meminum alkohol, tetapi penelitian menyebutkan bahwa alkohol dapat menyebabkan migrain pada sepertiga dari mereka yang sering sakit kepala. Alkohol juga menjadi faktor risiko penyebab sakit kepala tegang dan cluster. Oleh karena itu dengan tidak mengonsumsi alkohol merupakan bagian penting dari cara mengobati sakit kepala secara alami.

4. Tidur yang Cukup

Kurang tidur tidak hanya dapat menyebabkan sakit kepala, tetapi juga merusak kesehatan tubuh dalam banyak hal. Kualitas tidur yang tidak baik dan insomnia dikaitkan dengan frekuensi dan keparahan sakit kepala. Akan tetapi, terlalu banyak tidur juga juga dapat menyebabkan sakit kepala. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tidur dengan cukup dan tidak berlebihan agar terhindar dari sakit kepala. Anda dapat mencoba dengan tidur selama tujuh hingga sembilan jam.

 

4 dari 6 halaman

Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Perawatan Alami

5. Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial atau minyak atsiri yang mengandung senyawa aromatik dari beragam tanaman mempunyai manfaat terapeutik dan sering digunakan secara topikal. Beberapa minyak esensial yang dapat menjadi cara mengobati sakit kepala, seperti minyak esensial peppermint, lavender dan eucalyptus. Ketika Anda sakit kepala, Anda dapat megoleskan atau menggosokan sedikit minyak esensial tersebut dengan dicampur minyak pembawa, seperti minyak jojoba ke sekitar pergelangan tangan dan pelipis.

6. Menghindari Konsumsi Makanan Tinggi Histamin

Salah satu bahan kimia yang ditemukan secara alami dalam tubuh kita histamin. Histamin ternyata juga banyak ditemukan dalam keju tua, makanan hasil fermentasi, bir, anggur, ikan asap dan daging yang diawetkan. Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi histamin bisa menjadi penyebab sakit kepala jenis migrain pada beberapa orang yang sensitif terhadapnya. Mengurangi asupan makanan yang mengandung banyak histamin dapat membantu meredakan gejala, termasuk sakit kepala pada mereka yang sensitif histamin.

7. Mengonsumsi Vitamin B-Kompleks

Vitamin B dapat turut serta pada sintesis neurotransmitter dan membantu mengubah makanan menjadi energi. Selain itu, disebutkan bahwa mungkin beberapa vitamin B dapat melindungi dari sakit kepala. Beberapa vitamin B yang dapat mengurangi gejala sakit kepala, seperti riboflavin (B2), folat, B12 dan piridoksin (B6). Mengonsumsi vitamin B merupakan cara mengobati sakit kepala yang aman dan hemat biaya. Anda mungkin ingin mencoba Nordik Alami Vitamin B Kompleks  atau Nordic Naturals Vitamin B Complex.

8. Menggunakan Kompres Dingin

Mengompres daerah leher atau kepala Anda dengan kompres dinhin dapat mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf dan menyempitkan pembuluh darah yang mana dapat membantu mengurangi sakit kepala. Kompres ini efektif bagi mereka yang menderita sakit kepala jenis tertentu, seperti sakit kepala yang disebabkan oleh obat nitrat untuk obat jantung, termasuk nyeri dada. Anda dapat membuat kompres dingin dengan memasukkan es pada tas tahan air lalu membungkusnya dengan dengan handuk yang lembut. 

 

5 dari 6 halaman

Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Perawatan Alami

9. Meminum Teh Atau Kafein

Meminum minuman yang mengandung kafein, termasuk kopi atau teh dapat membantu Anda menghadapi sakit kepala. Kafein bisa meningkatkan suasana hati, meningkatkan kewaspadaan dan menyempitkan pembuluh darah yang berkontribusi positif terhadap gejala sakit kepala. Kafein juga dapat meningkatkan kinerja obat umum untuk mengatasi sakit kepala seperti ibuprofen dan asetaminofen. Akan tetapi, setelah biasanya secara teratur seseorang mengonsumsi kafein dan tiba-tiba berhenti atau adanya penarikan kafein juga dapat menjadi sebab sakit kepala. Oleh karena itu, orang yang sering sakit kepala harus memperhatikan asupan kafein.

10. Mengonsumsi Koenzim Q10

Salah satu zat yang diproduksi oleh tubuh secara alami dan berfungsi sebagai antioksidan adalah Koenzim Q10 (CoQ10). Mengonsumsi suplemen CoQ10 merupakan salah satu cara alami yang efektif untuk mengobati sakit kepala.

11. Diet Eliminasi

Beberapa orang ternyata mengalami sakit kepala karena intoleransi makanan. Oleh karena itu, untuk mengetahui makanan apa yang sering menjadi penyebab kepala, Anda dapat mencoba diet eliminasi yang menghilangkan makanan yang terkait dengan gejala sakit kepala. Keju tua, alkohol, cokelat, buah jeruk dan kopi adalah makanan yang sering disebutkan sebagai penyebab migrain pada orang-orang. Studi pada tahun 2015 menyebutkan bahwa menghindari konsumsi makanan pemicu migrain, signifikan untuk mengurangi frekuensi, durasi dan keparahan migrain.

12. Akupuntur

Cara mengobati sakit kepala yang selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan salah satu teknik pengobatan tradisional asal Tiongkok, yaitu akupuntur. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa akupuntur dapat mengurangi gejala sakit kepala dan efektif untuk penderita migrain.

13. Olahraga Yoga

Olahraga yang satu ini juga menjadi bagian dari cara mengobati sakit kepala. Melakukan yoga dapat membantu mengurangi intensitas dan frekuensi sakit kepala. Frekuensi sakit kepala migrain dalam suatu penelitian menyebutkan dapat berkurang karena terapi yoga. Akan tetapi pada mereka yang menderita sakit kepala tipe ketegangan malah akan meningkatkan frekuensi sakitnya karena terapi yoga.

6 dari 6 halaman

Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Perawatan Alami dan Mencegah Sakit Kepala

14. Mengonsumsi Jahe

Jahe memiliki banyak manfaat, termasuk sebagai antioksidan dan anti inflamasi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi suplemen jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit pada orang yang mengalami migrain. Selain suplemen, Anda juga dapat mencoba mengonsumsi the dengan jahe agar lebih hemat biaya.

15. Menghindari Bau yang Terlalu Kuat

Hasil penelitian dengan judul “Odorant substances that trigger headaches in migraine patients” oleh R P Silva-Neto dkk pada 400 orang menemukan bahwa bau yang terlalu kuat dapat menyebabkan sakit kepala migrain dan ketegangan, terutama parfum. Jika Anda merupakan seseorang yang sensitif terhadap bau, hal yang sebaiknya dilakukan adalah dengan menghindari parfum, asap rokok dan makanan dengan aroma kuat.

16. Konsumsi Obat Herbal

Herbal tertentu, seperti kurkumin, chamomile dan butterbur ternyata dapat mengurangi gejala sakit kepala. Meskipun beberapa herbal tersebut aman untuk dikonsumsi sebagai pereda sakit kepala, tetapi Anda harus tetap berhati-hati karena terdapat herbal yang dapat berinteraksi  dengan obat-obatan umum yang mungkin diresepkan dan tidak aman untuk wanita hamil atau seseorang yang memiliki kondisi medis tertentu. Meskipun kurkumin, chamomile dan butterbur aman, akan lebih baik jika Anda tetap melakukan konsultasi terlebih dahulu.

17. Menghindari Nitrat dan Nitrit

Nitrat dan nitrit adalah pengawet makanan yang biasanya ada pada sosis, hot dog dan bacon. Kemudian penelitian menyebutkan bahwa makanan yang mengandung nitrat dan nitrit dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang. Hal ini karena nitrit dapat menyebabkan ekspansi pembuluh darah. Oleh karena itu, akan lebih baik dalam upaya mengatasi sakit kepala jika Anda membatasi jumlah asupan makanan-makanan tersebut.

18. Bergerak Lebih Banyak

Cara mengobati sakit kepala yang terakhir adalah dengan memperbanyak aktivitas fisik. Olahraga dapat secara signifikan membantu mengurangi intensitas migrain, frekuensi dan durasinya. Olahraga sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperbanyak langkah Anda sepanjang hari.

Beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam mencegah sakit kepala adalah sebagai berikut :

- Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

- Mengidentifikasi penyebabnya dan jika sakit kepala terjadi terus menerus maka lebih baik konsultasikan ke dokter

- Makan secara teratur

- Tidur dengan cukup

- Mengelola stres karena stres dapat memicu beberapa jenis sakit kepala

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini