Sukses

9 Cara Mencangkok Pohon Mangga yang Mudah, Cepat Tumbuh Akar dengan Sabut Kelapa

Cara mencangkok pohon mangga yang mudah untuk dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Pohon mangga adalah salah satu tanaman buah tahunan, yang berupa pohon yang berasal dari negara India. Pohon ini kemudian menyebar ke wilayah Asia Tenggara termasuk Malaysia dan Indonesia. Tanaman ini bahkan menjadi favorit banyak kalangan, karena rasanya yang manis juga menyegarkan ketika diolah menjadi jus.

Oleh karena rasanya, banyak yang ingin untuk menanam pohon mangga, namun melalui pencangkokan. Cara mencangkok pohon mangga juga mudah dilakukan di rumah, sehingga siapapun bisa melakukannya.

Cara mencangkok pohon mangga yang mudah dana aman, maka Anda harus teliti dalam memilih pupuk, hingga batang yang akan dicangkok. Bisa dikatakan bahwa teknik mencangkok menjadi salah satu cara yang efisien untuk memperbanyak tanaman, khususnya tanaman buah seperti seperti pohon mangga

Mencangkok merupakan salah satu proses pengembangbiakan tanaman, dengan metode vegetatif dan bukan dari biji. Cara mencangkok pohon mangga, juga membutuhkan jangka waktu yang tidak lama. Berikut ini cara mencangkok pohon mangga yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/10/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alat dan Bahan Untuk Mencangkok

Untuk tanaman buah, maka terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi agar tanaman ini bisa dicangkok, Anda harus memastikan pohon telah berusia setidaknya dua tahun dan memiliki banyak percabangan. Namun, ada baiknya sebelum mencangkok pastikan pohon induk sudah terlebih dahulu berbuah.

Alat dan bahan yang harus disiapkan adalah: 

- Kompos

- Tanah gembur

- Tali rafia

- Tabung bambu

- Plastic bening

- Sabut kelapa

- Pupuk

- Gunting pemangkas yang tajam

- Pisau cangkok

- Pita pencangkokan

- Kantong kertas

- Sarung tangan kerja

3 dari 4 halaman

Cara Mencangkok Pohon Mangga

1. Memilih Induk yang Berkualitas 

Cara mencangkok pohon mangga yangbisa kamu lakukan pertama adalah memilih induk. Pastikan agar induk yang dipilih berkualitas dan produktif. Baim itu secara produktivitas pohon dalam menghasilkan buah, rasa dari buah, usia hingga proses pertumbuhan. Anda juga harus pastikan pohonnya bebas dari hama dan penyakit. Adapun batang induk terbaik yang harus Anda pilih adalah, yang sudah dewasa paling tidak berumur 2 tahun.

2. Perawatan Terhadap Pohon yang Akan Dicangkok

Cara mencangkok pohon mangga selanjutnya yang harus nda ketahui adalah melakukan perawatan terhadap pohon yang akan dicangkok. Anda bisa memupuk dan menghilangkan rumput yang menghalangi pertumbuhan pohon, juga bersihkan dahan-dahan kering pada batang yang akan dicangkok. Dengan melakukan perawatan, maka pohon mangga yang akan dicangkok terhindar dari hama dan penyakit.

3. Air dan Pupuk Benih

Langkah selanjutnya adalah ciptakan pertumbuhan batang bawah, dengan menggunakan benih pohon mangga yang berhasil. Oleh karena itu, air dan pupuk benih sangat dibutuhkan sampai terjadi pertumbuhan. Biarkan batang bibit baru tumbuh dengan ketebalan sekitar 3/8 hingga 1 inci dengan diameter. Jika bibit berwarna hijau, tanpa busuk atau penyakit, dan menghasilkan daun dan tunas yang sehat, akan berguna sebagai batang bawah. 

4. Memilih Batang

Langkah selanjutnya adalah, Anda harus memilih batang pohon yang biasa melakukan fotosintesis dengan baik. Batang ini akan lebih mudah untuk ditumbuhi akar saat proses pencangkokan. Anda juga harus memiliki cabang pohon yang paling produktif dalam menghasilkan buah. Karena dengan pemilihan yang tepat, maka sangat membantu hasil panen dari proses pencangkokan yang terjadi.

5. Potong Batang Bawah dengan Pisau Cangkok

Cara mencangkok pohon mangga  yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memotong batang bawah, kisaran 4 inci di atas tanah menggunakan gunting pemangkasan yang sangat tajam atau pisau okulasi, instruksikan. Anda bisa membuat tingkat potongan, dan hindari kerusakan pada batang di bawah potongan. Gunakan pisau cangkok Anda untuk membelah batang yang tersisa menjadi dua dari atas ke bawah hingga sekitar 1 inci di atas permukaan tanah.

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Mencangkok Pohon Mangga

6. Potong Scion Sehat dari Pohon

Cara mencangkok pohon mangga berikutnya yang harus Anda lakukan adalah temukan batang atas, atau tunas pertumbuhan baru, pada pohon mangga yang ada. Batang atas harus diambil dari pohon sukses yang menghasilkan buah dan bunga berkualitas biasa. Gunakan pisau okulasi Anda untuk memotong batang atas dari pohon, lalu potong kembali daun paling atas.

7. Terapkan Pita Cangkok

Potong ujung terbuka dari batang atas sepanjang 5 hingga 6 inci dalam bentuk baji, lalu Anda bisa mengiris kulit kayu di sepanjang setiap sisi batang atas untuk membuat titik miring di tengahnya. Geser irisan batang atas ke dalam slot yang telah Anda potong di batang bawah sehingga potongan masing-masing sejajar. Gunakan selotip okulasi Anda untuk membungkus batang bawah dengan erat ke batang atas sehingga semuanya tertahan dengan kuat di tempatnya.

8. Tutupi Cangkokan Baru dengan Kantong Plastik

Tempatkan kantong plastik di atas cangkok baru dari atas ke bawah, dan ikat di bagian bawah. Tas yang digunakan, akan melindungi cangkok dari serangga dan hama dan memberikan efek rumah kaca mini dengan meningkatkan suhu dan tingkat kelembaban. Jika cangkok berada di bawah sinar matahari langsung, tutupi kantong plastik dengan kantong kertas kedua untuk sedikit naungan.

9. Media dan Perawatan Cangkok

Jika dirasa sudah mengeluarkan akar, saatnya melepas media tanam cangkok. Bersihkan tanah yang menempel pada batang cangkok. Kemudian potong batang cangkok yang sudah jadi dengan gergaji. Setelah dipindah, maka Anda harus pastikan tanaman cangkok ini mendapat paparan sinar matahari yang cukup, sehingga akan membantu pohon mangga hasil cangkokan berfotosintesis dengan baik. 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.