Sukses

Wisata Kendari dan Sekitarnya yang Memiliki Panorama Instagramable

Wisata Kendari tidak hanya menarik bagi wisatawan lokal, wisatawan dari mancanegara juga mengagumi keindahan alam Kendari.

Liputan6.com, Jakarta Kendari merupakan Kotamadya yang menjadi Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara. Sulawesi sendiri memang terkenal dengan wisata bahari nya, begitupun Kendari. Tapi, wisata Kendari tidak hanya menawarkan panorama laut yang indah, ada juga perbukitan dan sungai yang tidak kalah menarik untuk dijadikan unggahan di akun Instagram.

Wisata Kendari tidak hanya menarik bagi wisatawan lokal, wisatawan dari mancanegara juga mengagumi keindahan alam Kendari. Kendari sendiri sudah terkenal sampai ke manca negara sejak dulu. Teluk Kendari merupakan jalur persinggahan kapal-kapal dagang Eropa yang menuju dan bertolak dari Ternate atau Maluku.

Pada masa Kolonial Belanda, Kendari menjadi Ibu Kota Kewedanan Ibu Kota Onder Afdeling Laiwoi. Kemudian Kendari mulai berkembang menjadi Ibu Kota Kecamatan, sampai akhirnya menjadi Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti undang-undang (Perpu) Nomor 2 Tahun 1964.

Tren yang diciptakan para selebgrem membuat wisata Kendari semakin banyak dilirik wisatawan termasuk para milenial yang akrab dengan sosial media. Berikut kumpulan wisata Kendari instagramable yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisata Kendari

Pegunungan Nipa-nipa

Kendari memiliki wisata pegunungan yang menawarkan pemandangan menakjubkan bernama Pegunungan Nipa-nipa. Kondisi alam di Pegunungan Nipa-nipa masih sangat terjaga, sekeliling pegunungan ditumbuhi pepohonan yang menghadirkan suasana asri. Apabila mendaki sampai atas, wisatawan dapat menikmati pemandangan Kota Kendari dan laut. Puncak Pegunungan Nipa-nipa dengan background pemandangan Kota Kendari ini kerap dijadikan tempat berfoto untuk diunggah di Instagram.

Puncak Ahuawali

Selain Pegunungan Nipa-nipa, wisata Kendari yang menawarkan panorama pegunungan yang instagramable adalah Puncak Ahuawali. Puncak Ahuawali berada di ketinggian 750 Mdpl, dari ketinggian ini wisatawan dapat menikmati pemandangan sunset dan sunrise.

Puncak Ahuawali juga menawarkan udara sejuk khas pegunungan. Terdapat sabana yang sangat indah untuk dijadikan background foto. Karena posisinya yang tinggi, berdiri di atas Puncak Ahuawali saat matahari terbit membuat wisatawan merasa berada di atas awan.

Sungai Tamborasi

Sungai Tamborasi dikenal sebagai sungai terpendek di dunia, panjang sungai ini dari hulu ke hilir hanya 20 meter dengan lebar 15 meter. Mata air Sungai Tamborasi berasal dari tebing cadas di sela rimbunan pohon yang mengeluarkan air tawar berwarna hijau toska yang jernih di bagian hulu. Saking jernihnya sampai dasar sungai sedalam 5 meter masih tampak jelas. Kejernihan air dan pemandangan alam sekitarnya yang indah juga dapat menjadi bahan unggahan di akun Instagram para wisatawan.

Sungai tamborasi bermuara langsung ke laut, tepatnya Laut Flores. Sungai ini akan nampak seperti aliran air laut yang menembus bibir pantai dan menerpa tebing kapur putih jika dilihat dari arah pantai. Apabila laut sedang pasang aliran sungai malah tidak akan terlihat. Beberapa meter dari aliran Sungai Tamborasi terbentang pantai berpasir putih  bernama Pantai Tamborasi. Pantai ini tampak seperti pemisah antara aliran Sungai Tamborasi dan air laut Teluk Bone.

Pemandian Air Panas Wawolesea

Ada sebuah pemandian air panas yang sangat terkenal di Kendari, namanya Pemandian Wawolesea. Keunikan yang banyak menarik perhatian pengunjung pada wisata Kendari satu ini adalah lokasi nya yang berada di pegunungan kapur. Pegunungan ini  terdapat ratusan mata air panas alami yang tidak pernah berhenti mengeluarkan air panas.

Secara alami terbentuk kolam-kolam berundak, seperti terasering persawahan. Kolam-kolam ini berwarna putih karena terbentuk dari batu kapur dan membuat para wisatawan berada di negeri dongeng. Air kolam air panas secara alami memiliki warna kebiruan. Keunikan  lain yang dimiliki Pemandian Air Panas WAwolesea adalah airnya asin, padahal lokasinya tidak dekat dengan laut.

Danau Biru

Konon terbentuknya Danau Biru yang memang memiliki air berwarna biru berasal dari bekas tempat bertapa Putri Raja Mokole. Sebelumnya area sekitar danau merupakan hutan belantara, setelah Putri Raja Mokole bertapa, bekas tempat duduknya berubah menjadi danau.

Secara ilmiah, warna biru pada air di Danau Biru berasal dari perpaduan antara air tawar dan air asin. Pemandangan sekitar danau yang berupa hutan yang masih asri menambah daya tarik tersendiri tempat wisata Kendari satu ini. Wisatawan juga dapan menemukan berbagai spot foto yang Instagramable.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.