Sukses

12 Cara Diet yang Baik dan Cepat, Mudah Dipraktikkan

Kumpulan cara diet yang baik dan cepat, pasti aman.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami cara diet yang baik akan membantu seseorang memperoleh berat badan ideal dengan aman dan pasti bertahan dalam waktu lama. Cara diet yang baik dan cepat, bukan sekadar membatasi konsumsi makanan dalam jumlah banyak dan berolahraga.

Melansir dari National Health Service UK (NHS), pada Senin (17/10/2022) ada dua belas cara diet yang baik dan cepat yang bisa dipraktikkan. Cara diet yang baik paling penting adalah tidak melewatkan waktu makan, termasuk sarapan dan makan siang. Kemudian, selalu cukupi kebutuhan cairan tubuh.

Ini karena sesungguhnya banyak orang sulit membedakan rasa lapar dan haus. Apa lagi yang bisa dilakukan? Cara diet yang baik dan cepat pun harus diiringi dengan peningkatan aktivitas fisik, termasuk tidak banyak duduk atau rebahan dan lebih rutin melakukan olahraga.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang 12 cara diet yang baik dan cepat yang dimaksudkan, Senin (17/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Diet yang Baik dan Cepat

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Cara diet yang baik dan cepat, sangat disarankan untuk tidak melewatkan sarapan. Dijelaskan, melewatkan sarapan tidak akan membantu menurunkan berat badan. Mengapa bisa demikian? Melewatkan sarapan menjadikan seseorang bisa lebih banyak kehilangan nutrisi penting dan menjadikan seseorang lebih sering mengemil.

2. Makan Teratur

Selain jangan melewatkan sarapan, cara diet yang baik dan cepat, yakni pastikan selalu makan dengan teratur. Terutama makan pada waktu yang teratur di siang hari atau makan siang. Ini akan membantu membakar kalori lebih cepat. Cara diet yang baik ini pun akan secara signifikan mengurangi godaan untuk mengemil makanan tinggi lemak dan gula.

3. Makan Banyak Buah dan Sayuran

Kemudian, jangan lewatkan untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Mengapa cara diet yang baik ini penting dilakukan? Buah dan sayuran sangat rendah kandungankalori dan lemak, kemudian tinggi serat. Dijelaskan, tiga bahan penting ini kunci dari penurunan berat badan yang sukses. Mereka juga mengandung banyak vitamin dan mineral.

4. Lebih Aktif

Cara diet yang baik dan cepat adalah menjadi lebih aktif daripada biasanya. Menjadi aktif sama dengan memperbanyak aktivitas fisik termasuk olahraga. Cara diet yang baik ini menjadi kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Selain pasti akan lebih banyak memberikan manfaat kesehatan, olahraga dan aktivitas fisik sehari-hari dapat membantu membakar kelebihan kalori yang tidak dapat hilang dalam waktu singkat.

5. Banyak Minum Air Putih

Paling penting tetapi sering disepelakan dari cara diet yang baik adalah banyak minum air putih. Banyak orang mengacaukan rasa haus menjadi rasa lapar. Ini yang menjadikan seseorang bisa mengonsumsi kalori ekstra, padahal sebenarnya segelas air putih yang dibutuhkan.

6. Mengonsumsi Makanan Berserat Tinggi

Cara diet yang baik dan cepat adalah mengonsumsi makanan berserat tinggi. Mengapa ini akan berhasil? Makanan yang mengandung banyak serat dapat membantu seseorang tetap merasa kenyang lebih lama.

Perhatikan! Serat hanya ditemukan dalam makanan dari tumbuhan, seperti buah dan sayuran, gandum, roti gandum, nasi merah dan pasta, dan kacang-kacangan, kacang polong dan lentil.

3 dari 3 halaman

Cara Diet yang Baik dan Cepat Selanjutnya

7. Baca Label Makanan

Pastikan untuk selalu membaca label makanan. Mengapa ini termasuk cara diet yang baik? Dijelaskan, mengetahui cara membaca label makanan dapat membantu seseorang mampu memilih makanan yang lebih sehat.

Trik ini berperan sangat penting untuk memahami informasi kalori. Ini berkaitan dengan bagaimana makanan tertentu cocok dengan tunjangan kalori harian pada rencana penurunan berat badan seseorang.

8. Gunakan Piring Lebih Kecil

Cara diet yang baik dan cepat berikutnya mulailah menggunakan piring kecil untuk makan. Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu seseorang makan dengan porsi yang lebih sedikit.

Kemudian, pahami dibutuhkan sekitar 20 menit bagi perut untuk memberi tahu otak bahwa sudah kenyang, jadi makanlah dengan perlahan dan berhentilah makan sebelum merasa kenyang.

9. Jangan Menghindari Makanan

Sering dilakukan dan ternyata termasuk cara diet yang tidak benar, jangan menghindari makanan yang disukai. Mengapa ini harus dilakukan? Menghindari makanan hanya akan membuat seseorang lebih menginginkannya. Tidak ada alasan seseorang menghindari makanan kesukaan dengan batas kalori harian yang normal.

10. Hindari Menyimpan Junk Food

Cara diet yang baik dan cepat adalah menghindari menyimpan junk foof. Untuk menghindari godaan, jangan menyimpan junk food – seperti coklat, biskuit, keripik dan minuman manis bersoda – di rumah.

Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, disarankan menerapkan cara diet yang baik dengan memilih jenis camilan sehat. Seperti buah, kue beras tawar, kue gandum, popcorn tawar atau tanpa pemanis, dan jus buah.

11. Mengurangi Konsumsi Alkohol

Kemudian, mengurangi konsumsi alkohol sangat disarankan sebagai cara diet yang baik dan cepat. Selain bisa menghindarkan dari masalah kesehatan serius, ini membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Segelas anggur standar dapat mengandung kalori sebanyak sepotong cokelat. Seiring waktu, minum terlalu banyak dapat dengan mudah berkontribusi pada penambahan berat badan.

12. Selalu Merencanakan Makanan

Cara diet yang baik terakhir, pastikan selalu merencanakan makanan yang akan dikonsumsi. Cobalah untuk merencanakan sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan selama seminggu. Kemudian, pastikan tetap memperhatikan batas kalori yang seharusnya. Bisa pula membuat daftar belanja mingguan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.