Sukses

8 Cara Alami Menghilangkan Komedo dengan Cepat, Wajah Makin Bersih

Cara alami menghilangkan komedo banyak dicari karena diklaim lebih aman buat wajah.

Liputan6.com, Jakarta Cara alami menghilangkan komedo bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar rumah. Komedo merupakan salah satu gangguan yang bisa merusak penampilan. Penyebab komedo adalah minyak yang dihasilkan kelenjar minyak di bawah kulit bercampur dengan debu, kotoran dan sel kulit mati.

Meski merupakan hal yang alami terjadi pada kulit keberadaan komedo dapat mengganggu penampilan. Saat ini sudah banyak jenis perawatan di klinik kecantikan yang menawarkan hasil kulit bersih tanpa komedo. Namun, perawatan jenis ini jika dilakukan terlalu sering malah dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Oleh sebab itu cara alami menghilangkan komedo banyak dicari.

Terdapat dua jenis komedo, komedo hitam atau blackhead dan komedo putih atau whitehead. Komedo putih adalah komedo yang seluruh bagian permukaannya tertutup lapisan kulit. Sedangkan, komedo hitam bagian permukaannya terbuka dan terpapar udara sehingga warnanya berubah menjadi kehitaman karena proses oksidasi. Berikut cara alami menghilangkan komedo yang sudah Liputan6.com Rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Alami Menghilangkan Komedo: Perawatan

1. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Penyebab komedo adalah kotoran yang bercampur dengan sebum. Membersihkan wajah secara rutin dapat menjadi cara alami menghilangkan komedo yang efektif. Terutama jika anda kepar menggunakan make up. Pastikan sisa-sisa kosmetik benar-benar terangkat dengan melakukan double cleansing, dan pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Menguap Wajah dengan Air Hangat

Udara hangat yang didapat dari uap air dapat membuka pori-pori dan membantu melepaskan kotoran dengan lebih mudah. Uap Air hangat juga dapat meluruhkan sebum yang terjebak di dalam pori-pori. Setelah menguap wajah dengan air hangat anda dapat mengaplikasi masker ke wajah. Kondisi kulit setelah proses penguapan sangat baik untuk menyerap nutrisi dari masker.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Mengandung Gula dan Berlemak

Asupan yang masuk kedalam tubuh dapat memberi pengaruh pada jumlah produksi sebum. Semakin sering konsumsi makanan mengandung gula dan berlemak semakin banyak kelenjar minyak memproduksi sebum. Kandungan glukosa yang tinggi terbukti dapat menyebabkan munculnya komedo dan jerawat. Mengontrol asupan yang masuk ke tubuh menjadi cara alami menghilangkan komedo yang efektif.

4. Olahraga Rutin

Olahraga menjadi salah satu cara alami menghilangkan komedo yang patut dicoba. Mengeluarkan keringat saat berolahraga dapat membantu kulit mengeluarkan kotoran yang terjebak di pori-pori. Jangan lupa bersihkan tubuh dengan baik setelah selesai berolahraga, jangan sampai keringat yang keluar kembali menyumbat pori-pori. 

Selain membantu mengeluarkan kotoran, berolahraga juga dapat mengeluarkan hormon endorfin yang dapat memberikan energi positif dan menghindarkan diri dari stres. Stres juga merupakan penyebab komedo dan jerawat.

3 dari 3 halaman

Cara Alami Menghilangkan Komedo: Memberi Nutrisi pada Kulit

5. Masker Madu dan Kayu Manis 

Campuran madu dan kayu manis dapat membantu mengurangi komedo di wajah. Madu dan kayu manis sama-sama memiliki efek antibakteri dan antioksidan yang bisa membantu meredakan komedo dan jerawat.

Caranya, campurkan 2 sendok makan madu asli dengan 1 sendok teh kayu manis bubuk hingga membentuk pasta. Oleskan masker pada wajah dan biarkan selama 10–15 menit. Setelahnya, bilas masker sampai bersih.

6. Mentimun

Vitamin A dan potasium yang ada dalam mentimun adalah nutrisi utama yang membantu membersihkan semua pori-pori yang tersumbat dan penuh kotoran. Untuk mendapatkan manfaat mentimun sebagai cara alami menghilangkan komedo dapat dengan mengaplikasikan parutan timun langsung ke wajah atau dengan rutin mengkonsumsi timun sebagai pengobatan dari dalam.

7. Teh Hijau

Teh hijau sudah terbukti memiliki manfaat yang baik bagi kulit, terutama kulit wajah. Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat mampu menurunkan produksi minyak di kulit. Mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat meningkatkan kondisi kesehatan kulit.

Sisa seduhan teh juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Oleskan sisa seduhan teh hijau dan biarkan mengering. Ketika akan membilas masker teh hijau ini gosok-gosok buliran daun teh hijau dengan lembut. Proses ini dapat menjadi eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati.

8. Masker Oatmeal dan Yogurt

Oatmeal mengandung seng yang dikatakan bisa mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Oat juga bisa membantu menyerap minyak berlebih dari kulit yang bisa memicu jerawat. Kandungan saponin pada oat dapat menjadi bahan pembersih alami untuk meluruhkan kotoran san sebum yang terjebak di pori-pori.

Asam laktat pada yogurt berguna sebagai bahan eksfoliasi alami yang relatif aman bagi kulit wajah. Kandungan ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati di wajah. Campurkan 2 sendok makan oatmeal dan 2 sendok makan yogurt. Aduk hingga merata, dan aplikasikan ke wajah.

Masker oatmeal dan yogurt juga dapat digunakan sebagai eksfoliator. Cara alami menghilangkan komedo dengan teknik ini yakni ketika masker mengering basahi wajah kemudian gosok-gosok masker yang masih ada di wajah dengan lembut kemudian bilas hingga bersih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.