Sukses

8 Manfaat Lari Sore Bagi Kesehatan Tubuh, Lebih Baik dalam Membantu Membangun Otot

Meskipun banyak orang yang melakukan lari di pagi hari, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi yang lain melakukan lari di sore hari karena manfaatnya yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah terlintas di pikiran Anda untuk mencoba lari sore? Ya, benar olahraga lari di sore hari bukan di pagi hari yang biasa dilakukan oleh banyak orang.

Dilansir dari Medium, lari merupakan salah satu latihan paling baik yang bisa dilakukan tubuh. Oleh karena itu, seringkali beberapa orang mengupayakan yang terbaik pada lari agar menghasilkan hasil yang diinginkan. Mereka juga sering menyesuaikan waktu olahraga dengan siklus atau ritme sirkadian mereka. Sehingga, tidak mengherankan jika terdapat beberapa orang yang memilih olahraga pada sore hari dengan, misalnya lari sore.

Manfaat lari sore tidak kalah dengan lari pagi. Hal ini karena melakukan olahraga di sore hari juga memberikan dampak positif pada tubuh.

Dilansir dari Healhtline, dalam sebuah Journal of Strength & Conditioning Research pada tahun 2012 menyebutkan bahwa keteraturan latihan yang dilakukan pada pagi atau sore hari berdampak lebih besar terhadap kinerja. Bahkan sebuah studi pada tahun 2009 menyebutkan jika melakukan latihan untuk kinerja, latihan pada pukul enam pagi tidak menghasilkan kinerja setinggi latihan pada jam enam sore.

Oleh karena itu, ilmu pengetahuan menyebutkan bahwa sore hari merupakan waktu terbaik untuk berlari dan berolahraga lainnya. Beberapa manfaat lari sore juga berdampak baik bagi kesehatan. Berikut Liputan6.com rangkum dari Medium dan berbagai sumber tentang manfaat lari sore, pada Senin (17/10/22) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Lari Sore Hari

1. Mampu Berolahraga Lebih Lama

Manfaat lari sore yang pertama adalah membantu Anda dapat berolahraga lebih lama. Selama sore hari, misalnya dari jam empat sore merupakan kondisi di mana tubuh Anda mencapai suhu inti, kapasitas pernapasan, kewaspadaan dan penyimpanan energi semuanya dalam keadaan optimal. Hal ini yang akan membantu Anda berlari lebih baik dan lebih lama daripada di sore hari karena lebih banyak bahan bakar dan kapasitas paru-paru. Suhu tubuh yang tinggi juga akan melebarkan pembuluh darah yang akan memastikan pasokan nutrisi dan oksigen ke otot lebih baik. Lari sore juga dapat membantu membangun daya tahan tubuh.

2. Meningkatkan Kewaspadaan

Pasokan nutrisi dan oksigen yang lebih baik pada sore hari karena suhu tubuh tinggi optimal yang dicapai dari olahraga, misalnya berlari juga akan meningkatkan kecepatan impuls dari saraf, yang mana akan meningkatkan kewaspadaan. Nantinya, ini juga akan meningkatkan pemecahan glikogen dan glukosa untuk melepaskan energi lebih banyak.

3. Membangun Otot Lebih Baik Daripada Lari Pagi

Manfaat lari sore yang kedua adalah membantu Anda membangun otot yang lebih baik daripada berlari di pagi hari jika Anda menargetkan ketahanan. Hal ini karena ketika sore hari kadar hormon testosteron dan kortisol maksimal dalam sintesis protein untuk pertumbuhan otot sebagai respon terhadap pelatihan resesi. Oleh karena itu, Anda akan bisa membangun otot lebih baik dengan berlari di luar ruangan pada sore hari.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lari Sore Hari

4. Mengurangi Risiko Cedera

Meningkatnya suhu tubuh inti dan penyimpanan energi juga memastikan kekuatan dan fleksibilitas otot Anda berada di titik optimal saat sore. Selain itu, epinefrin dan noreprinefrin yang memuncak pada siang hari membantu mempersiapkan jantung Anda lebih baik sehingga hormon-hormon ini dapat menurunkan rasa sakit dan meningkatkan suasana hati. Itulah mengapa manfaat lari sore hari terkait dengan mengurangi risiko cedera.

5. Melepaskan Stres

Jika Anda penat mengalami berbagai hal seharian dan banyak hal yang membuat Anda stres, maka Anda dapat mencoba lari sore selepas pulang bekerja, tentunya setelah istirahat yang cukup untuk memperbaiki suasana hati dan melepaskan stres tersebut. Hormon endorfin yang dihasilkan akan bekerja untuk ini. Meskipun lari pagi disebut lebih efektif untuk menghilangkan depresi, tidak ada salahnya Anda mencoba lari sore sebagai pelepas penat setelah bekerja dan menerima beberapa manfaat lari sore lainnya.

6. Membantu Memperbaiki Jam Tubuh yang Rusak

Ritme sirkadian Anda dapat terganggu ketika mungkin Anda bekerja shift malam atau bepergian ke tempat yang memiliki perbedaan zona waktu. Hal ini dapat menyebabkan gangguan tidur dan bahkan berisiko terkena beberapa penyakit, seperti diabetes, obesitas dan penyakit jantung. Oleh karena itu, manfaat lari sore yang selanjutnya adalah mengembalikan ritme sirkadian Anda.Berlari di sore hari memungkinkan seseorang, terutama yang memiliki shift kerja malam serta orang tua mendapatkan kembali ritme sirkadian mereka.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lari Sore Hari

7. Menyehatkan Jantung

Melakukan olahraga kardio, termasuk lari di sore hari akan membantu jatung bekerja lebih keras sehingga dapat membuatnya lebih kuat. Akan tetapi, porsi latihan yang berlebihan juga mungkin membuat jantung justru bekerja melebihi batas, yang justru berbahaya bagi jantung.

8. Bebas Risiko

Manfaat lari sore selanjutnya adalah bebas risiko. Artinya, kontra dari lari sore tidak ada hubungannya dengan tubuh. Pastikan Anda cukup terhidrasi dan melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan lari sore.

Nah, demikian beberapa manfaat lari sore bagi kesehatan, terutama untuk membangun otot Anda. Akan tetapi, setiap orang berbeda. Jika Anda salah satu orang yang lebih nyaman melakukan lari di pagi hari, mungkin lari pagi yang terbaik bagi Anda, bukan malam atau sore. Tubuh Anda juga pasti telah menyesuaikannya. Manfaat dari lari pagi dan sore juga berbeda. Jika lari di sore hari lebih membantu dalam membangun otot, maka lari pagi lebih baik dalam mengatasi depresi dan penurunan berat badan. Yang terpenting adalah Anda tidak memiliki waktu acak dalam sehari untuk berlari.  

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini