Sukses

15 Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Cara cepat menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami tentunya perlu melihat kandungannya.

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat menghilangkan bekas jerawat bisa menggunakan bahan-bahan alami. Bekas jerawat yang tertinggal di wajah tentunya sangat mengganggu. Hal ini bisa membuat kamu tidak percaya diri dalam menjalani aktivitas.

Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan perawatan yang tepat untuk menghilangkan bekas jerawat ini. Penggunaan bahan-bahan alami tentunya bisa menjadi alternatif yang lebih murah dan mudah dilakukan, daripada perawatan dengan teknologi canggih yang mungkin terlalu mahal.

Cara cepat menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami tentunya perlu melihat kandungannya. Selain melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami, kamu juga perlu memperhatikan perawatan wajah sehari-hari, seperti cuci muka secara rutin hingga menggunakan tabir surya. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022) tentang cara cepat menghilangkan bekas jerawat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat

Masker Lidah Buaya

Cara cepat menghilangkan bekas jerawat yang pertama yaitu menggunakan lidah buaya. Hal ini lantaran lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang bersifat antibakteri. Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat aloesin yang berfungsi menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap.

Cara menggunakannya mudah saja, ambil lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian, kupas kulitnya dan ambil gel lidah buaya, haluskan terlebih dahulu. Lalu oleskan pada wajah, dan diamkan selama 10-15 menit. Terakhir, bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

Lemon

Lemon mengandung asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang sangat berguna sebagai cara cepat menghilangkan bekas jerawat. Bahkan, kandungan ini juga sangat baik untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit.

Cara menggunakannya yaitu, bersihkan lemon, lalu belah menjadi dua bagian. Setelah itu, peras di dalam wadah yang bersih. Kemudian, aplikasikan pada wajah yang terdapat jerawat secara perlahan. Tambahkan madu atau air hangat jika kamu merasa terlalu perih.

Baking Soda

Soda kue juga bisa digunakan sebagai cara cepat menghilangkan bekas jerawat secara alami. Hal ini karena baking soda terdiri dari kristal sodium bicarbone yang berfungsi mengelupas kulit mati saat digunakan sebagai scrub pembersih.

Cara mengunakannya mudah saja, campurkan 2 sdm soda kue dengan air bersih hingga menjadi pasta yang kental. Oleskan ke kulit wajah secara merata. Pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih terlebih dahulu. Setelah itu, diamkan hingga 15 menit dan bilas.

Madu dan Alpukat

Cara cepat menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah menggunakan madu dan alpukat. Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang dapat meredakan inflamasi sebagai penyebab jerawat. Sementara itu, madu kaya antioksidan yang baik untuk menghilangkan bakteri. Sehingga perpaduan dari kedua bahan alami ini tentu dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya secara permanen. Gunakan masker madu dicampurkan dengan buah alpukat yang dihaluskan dengan rutin untuk hasil maksimal.

Madu dan Yogurt

Masih menggunakan madu, namun kali ini kamu bisa mencampurkannya dengan yoghurt. Cara cepat menghilangkan bekas jerawat ini didapatkan dari kandungan asam laktat, bakteri baik, dan asam alfa hidroksi pada yogurt, yang akan dengan mudah mengatasi penyebab jerawat seperti menumpuknya sel kulit mati hingga bakteri yang menempel. Caranya menggunakannya mudah saja, campurkan 2 sdm yogurt dengan 1 sdm madu dan aduk hingga merata. Terapkan pada wajah dan tunggu hingga 20 menit lalu bilas hingga bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat

Kentang

Cara cepat menghilangkan bekas jerawat berikutnya adalah dengan kentang. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin dan mineral pada kentang yang mampu menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Cara menggunakannya mudah saja, ikuti langkah berikut, iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat. Biarkan selama 10 menit lalu cuci wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Timun

Salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai cara cepat menghilangkan bekas jerawat adalah mentimun. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang ada pada mentimun sangat bermanfaat bagi kulit. Mentimun juga baik untuk menghidrasi kulit. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan mentimun adalah sebagai berikut, iris tipis-tipis mentimun secukupnya. Taruh di atas kulit bekas jerawat, biarkan dulu selama 30 menit. Kemudian bilas wajah kamu dengan air dingin.

Es Batu

Es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah. Lancarnya peredaran darah dapat membantu menghilangkan jerawat membandel. Es batu juga mampu membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, bungkus es dengan kain bersih, tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit. Cara cepat menghilangkan bekas jerawat ini juga akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat.

Masker Tomat

Cara cepat menghilangkan bekas jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan tomat sebagai masker wajah. Tomat yang kaya akan vitamin C , vitamin A, dan karoten yang merupakan antioksidan, akan membantu kulit wajah untuk cepat menghilangkan bekas jerawat yang seringkali sulit untuk dihilangkan.

Kandungan-kandungan dalam tomat mampu menyembuhkan kerusakan kulit akibat jerawat. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan, iris tomat dibagi menjadi 3-4 bagian, tempelkan pada kulit atau bisa dihaluskan menjadi masker. Diamkan 20-30 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih atau lebih baik menggunakan air es supaya lebih segar. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Bawang Putih

Bawang putih juga dapat digunakan sebagai cara cepat menghilangkan bekas jerawat. Kandungan pada bawang putih, yaitu senyawa thiacremonon sulfur mengandung anti bakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat. Caranya, siapkan 1 siung bawang putih dan haluskan terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada bagian kulit wajah yang terdapat jerawat dan diamkan hingga 10 menit. Lalu bilas hingga bersih.

4 dari 4 halaman

Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat

Bubuk Cokelat

Cokelat kaya akan polifenol dan mineral esensial yang membuatnya sangat cocok untuk perawatan masalah kulit. Cokelat menunjukkan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi jerawat dan meningkatkan perbaikan jaringan kulit. Campur 1 sendok makan coklat bubuk, sejumput kayu manis, dan 1 sendok makan madu. Oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 20-30 menit dan kemudian bersihkan.

Jahe

Cara cepat menghilangkan bekas jerawat secara alami berikutnya yaitu menggunakan jahe. Jahe membantu menjaga kulit tetap bersih, halus dan bebas dari noda. Jahe memiliki sifat antiseptik dan agen pembersih yang kuat. Jahe membantu membunuh dan membersihkan bakteri penyebab jerawat. Bubuk jahe bisa dijadikan campuran masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat.

Jojoba Oil

Jojoba oil adalah zat lilin alami yang diekstrak dari biji semak jojoba. Zat lilin dalam minyak jojoba dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak. Minyak ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk lesi jerawat. Minyak ini juga dapat membantu mengurangi peradangan kulit. Minyak jojoba bisa dicampur pada masker atau dioleskan langsung pada titik jerawat.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung beberapa asam organik yang telah terbukti membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, asam laktat telah terbukti mencegah munculnya bekas jerawat. Terlebih lagi, cuka sari apel dapat membantu mengeringkan minyak berlebih yang menyebabkan jerawat.

Cuka sari apel harus diencerkan terlebih dulu sebelum digunakan. Campur satu sendok makan cuka sari apel dengan 3 sendok makan air (gunakan lebih banyak air untuk kulit sensitif). Oleskan campuran tersebut dengan lembut ke kulit menggunakan bola kapas. Biarkan selama 5-20 detik, bilas dengan air dan keringkan.

Kunyit

Kunyit merupakan antioksidan yang baik untuk pertumbuhan sel kulit baru. Kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mencegah peradangan jerawat. Kunyit akan membantu mempercepat penyembuhan jerawat sambil menyamarkan bekas jerawat yang ada. Kunyit juga membantu mencegah hiperpigmentasi kulit yang menyebabkan bekas hitam pada kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.