Sukses

Manfaat Hewan bagi Manusia, Sumber Nutrisi hingga Cegah Stress

Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat hewan bagi manusia, mulai dari sebagai makanan hingga manfaat dalam hal ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat hewan bagi manusia bisa dilihat dari hubungan di antara keduanya. Disadari atau tidak, manusia tidak bisa hidup tanpa makhluk hidup lain, baik itu hewan maupun tumbuhan. Manusia sejak zaman purba telah memiliki ketergantungan pada kedua makhluk tersebut.

Di zaman prasejarah, ketika manusia bertahan hidup dengan cara berburu dan meramu, manfaat hewan bagi manusia yang utama adalah sebagai sumber makanan. Sebagai sumber makanan, daging hewan dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi.

Bahkan sampai sekarang, manusia membudidayakan beberapa jenis hewan seperti ayam, sapi, dan domba, di peternakan juga sebagai sumber makanan. Di samping itu, manfaat hewan bagi manusia juga dapat membantu dalam mengerjakan sejumlah pekerjaan manusia.

Selain sebagai sumber makanan dan tenaga kerja, manfaat hewan bagi manusia adalah sebagai peliharaan. Bagi pemiliknya, hewan peliharaan memiliki arti tersendiri, bahkan sering dianggap sebagai bagian dari keluarga. Dalam beberapa kebudayaan, hewan peliharaan juga dianggap sebagai simbol kesuksesan.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat hewan bagi manusia, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Hewan bagi Manusia sebagai Makanan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, manfaat hewan bagi manusia adalah sebagai sumber makanan. Manfaat hewan bagi manusia sebagai sumber makanan telah dikenal sejak zaman prasejarah ketika manusia hidup dengan cara berburu.

Di zaman prasejarah, manusia bisa saja memakan setiap hewan yang bisa mereka buru. Namun sekarang tidak setiap jenis hewan dimanfaatkan sebagai sumber makanan. Hanya hewan yang dibudidayakan dalam peternakan saja yang dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi.

Adapun hewan yang dimanfaatkan sebagai sumber makanan antara lain adalah ayam, sapi, domba, kambing, dan babi. Dalam beberapa kebudayaan, hwan-hewan di luar hewan ternak kadang juga dimanfaatkan sebagai makanan.

Sebagai contoh, daging sapi memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Selain kaya akan protein, daging sapi mengandung mineral seperti niacin, iron, zinc, serta vitamin B6 dan B12. Tidak hanya daging, sapi juga dapat dimanfaatkan susunya, yang kemudian bisa diproduksi lagi menjadi keju dan yoghurt.

3 dari 7 halaman

Manfaat Hewan bagi Manusia sebagai Tenaga Kerja

Selain dimanfaatkan sebagai makanan, manfaat hewan bagi manusia adalah sebagai tenaga kerja. Hewan-hewan seperti sapi dan kerbau sering dimanfaatkan tenaganya untuk mengolah lahan pertanian. Meski sekarang perkembangan teknologi telah memungkinkan manusia untuk mengolah sawah dengan mesin traktor, namun pemanfaatan sapi dan kerbau untuk mengolah sawah masih dilakukan sampai saat ini. Di samping itu, hewan juga dimanfaatkan tenaganya untuk menggerakkan mesin sederhana, seperti mesin penggiling dan sebagainya.

4 dari 7 halaman

Manfaat Hewan bagi Manusia sebagai Kendaraan

Selain dimanfaatkan sebagai makanan dan tenaga kerja, manfaat hewan bagi manusia adalah sebagai kendaraan. Meski sekarang pemanfaatan hewan sebagai kendaraan bukan hal yang lazim sekarang ini karena adanya kendaraan bertenaga mesin, namun pemanfaatan hewan sebagai kendaraan masih dilakukan di beberapa tempat.

Adapun hewan yang masih dimanfaatkan sebagai kendaraan antara lain adalah kuda. Bahkan sampai saat ini kuda masih dimanfaatkan untuk menarik delman atau dokar di beberapa tempat wisata di Indonesia. Di negara maju seperti Inggris saja, kuda masih menjadi tunggangan para polisi.

5 dari 7 halaman

Manfaat Hewan bagi Manusia sebagai Bahan Pakaian dan Peralatan

Selain dimanfaatkan dagingnya, beberapa bagian tubuh hewan seperti tulang, kulit, cula, dan gading juga sering dimanfaatkan. Beberapa jenis kulit hewan seperti kulit sapi dan domba sampai sekarang masih dimanfaatkan sebagai bahan pakaian seperti sepatu, ikat pinggang, jaket, tas, dan sebagainya.

Sementara bagian tubuh hewan lain seperti gading gajah, sering dimanfaatkan untuk membuat ukiran. Bahkan tuts piano yang berwarna putih, dulunya dibuat dari gading gajah, sedangkan tuts yang berwarna hitam dibuat dari kayu eboni. Namun sekarang penggunaan gading gajah telah dilarang untuk menghindari kepunahan mamalia besar ini.

6 dari 7 halaman

Manfaat Hewan bagi Manusia sebagai Peliharaan

Anjing dan kucing menjadi hewan yang umum untuk dipilih sebagai hewan peliharaan. Sebagai peliharaan, manfaat hewan bagi manusia adalah dapat meredakan stres dan menjaga kesehatan mental.

Dilansir dari HelpGuide, hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing, dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi, meredakan kesepian, mendorong olahraga dan kesenangan, dan bahkan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Merawat hewan dapat membantu anak-anak tumbuh lebih aman dan aktif. Hewan peliharaan juga memberikan persahabatan yang berharga untuk orang dewasa yang lebih tua.

Dalam beberapa kebudayaan, seperti kebudayaan Jawa, memelihara burung menjadi hobi yang umum. Hobi merupakan salah satu pelengkap dalam hidup, karena setiap orang pasti mempunya titik jenuh dalam hidupnya dan hobi adalah salah satu pelampiasan untuk kembali menemukan energi dan semangat baru.

7 dari 7 halaman

Manfaat Hewan bagi Manusia dalam Ekonomi

Semua manfaat hewan bagi manusia yang telah disebutkan sebelumnya, pada akhirnya dapat memberikan manfaat pada manusia secara ekonomi. Kebutuhan manusia akan nutrisi, kendaraan, pakaian, bahkan peliharaan, akan mendorong munculnya kegiatan ekonomi.

Manfaat hewan bagi manusia dari segi ekonomi dapat dilihat dari kegiatan produksi hingga jual beli produk-produk yang berkaitan dengan hewan, seperti daging, susu, keju, pakaian, makanan hewan, bahkan munculnya profesi dokter hewan.

Demikian penjelasan mengenai manfaat hewan bagi manusia dari berbagai aspek, mulai dari makanan, tenaga kerja, kendaraan, bahkan ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.