Sukses

9 Cara Menggemukan Badan Pria dengan Cepat dan Alami, Perhatikan Asupan Makanan

Salah satu cara menggemukan badan pria yang harus dilakukan adalah meningkatkan jumlah asupan kalori ke dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pria yang memiliki perawakan kurus, cara menggemukan badan pria merupakan hal yang paling sering dicari agar memiliki badan yang ideal. Badan pria yang berisi dan tegap memang dipandang lebih gagah bagi kebanyakan orang. Kekurangan berat badan sama berbahayanya dengan kelebihan berat badan. Oleh sebab itu berbagai cara menggemukan badan pria dilakukan untuk mendapatkan badan ideal yang lebih sehat. 

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa menggemukan badan bukanlah hal yang sulit. Padahal pada sebagian orang  yang kekurangan berat badan, menaikan berat badan sama sulitnya dengan menurunkan berat bagi orang-orang yang obesitas. Mengingat pentingnya berat badan ideal beberapa produk untuk menaikan berat badan dibuat, seperti, suplemen penambah nafsu makan hingga minuman tinggi protein.

Banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Berikut cara menggemukan badan pria secara alami yang dapat dilakukan yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menggemukan Badan Pria: Perhatikan Asupan Makanan

1. Menambah Porsi atau Intensitas Makan 

Salah satu cara menggemukan badan pria yang harus dilakukan adalah meningkatkan  jumlah asupan kalori ke dalam tubuh. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menambah porsi makan per sesi, dengan minimal 3 kali sesi makan, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam.

Apabila sulit untuk makan dengan porsi besar dengan hanya 3 kali sesi makan yang dapat dilakukan adalah menambah jumlah sesi makan. Misal menjadi 5 atau 6 seseimakan, seperti sarapan, selingan antara sarapan dan makan siang, makan siang, selingan antara makan siang dan malam, dan terakhir makan malam.

2. Hindari Minum Air Terlalu Banyak Menjelang Jam Makan

Minum air dalam jumlah banyak akan mengisi sebagian perut dan membuat merasa lebih cepat kenyang. Air tidak memiliki kalori sama sekali, dengan minum air dalam jumlah banyak sebelum makan, jumlah kalori yang dapat masuk ketubuh juga berkurang. Untuk itu sebaiknya hindari minum air dalam jumlah yang banyak sebelum waktu makan.

3. Perhatikan Asupan Makanan

Menggemukan badan bukan berarti memakan jenis makanan apa saja. Jenis makanan yang masuk ke tubuh tetap harus diperhatikan agar berat badan dapat naik secara ideal. Kelebihan satu macam nutrisi juga dapat menimbulkan permasalah kesehatan.

Asupan makanan yang dipilih juga harus mendukung cara menggemukan badan pria. Seperti, karbohidrat kompleks, lemak, protein, vitamin, serta mineral. Karbohidrat kompleks dan lemak dapat menambah jaringan lemak serta mencukupi kebutuhan energi, protein dapat mendukung pembentukan massa otot yang juga membuat badan lebih berisi namun tetap tampak kencang. Vitamin dan mineral membantu kerja imun tubuh sehingga tidak mudah sakit dan mengganggu proses penggemukan badan.

3 dari 4 halaman

Cara Menggemukan Badan Pria: Protein dan Lemak

4. Pilih Jenis Lemak Baik

Dalam menggemukan badan, salah satu asupan yang sangat penting adalah lemak. Agar berat badan ideal, sebaiknya pilih jenis lemak baik atau lemak tak jenuh seperti Omega 3 dan Omega 6. Kedua lemak ini baik untuk tubuh karena tidak menyebabkan naiknya kolesterol dan penyumbatan di pembuluh darah yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

5. Tambah Asupan Protein

Menggemukan badan bukan berarti membuat badan jadi bergelambir penuh lemak. Tujuan menggemukan badan adalah menjadikan berat badannya ideal dari berat badan awal yang di bawah ideal. Untuk itu perlu asupan protein untuk membantu membentuk massa otot. Dengan massa otot yang besar tubuh akan tampak lebih besar namun tidak bergelambir.

6. Mengkonsumsi Susu

Susu merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung berbagai nutrisi lengkap yang diperlukan tubuh untuk mendukung kenaikan berat badan. Susu mengandung lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Dengan mengkonsumsi 1 sampai 2 gelas susu secara teratur setiap hari, berat badan akan bertambah secara perlahan. Mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur juga dapat membuat tidur lebih nyenyak dan nutrisi makanan bisa terserap dengan lebih baik.

4 dari 4 halaman

Cara Menggemukan Badan Pria: Pola Hidup Sehat

7. Olahraga

Cara menggemukan badan pria selanjutnya adalah berolahraga. Tidak hanya ketika ingin menurunkan berat badan, olahraga juga penting dalam proses penggemukan badan. Jenis olahraga yang dianjurkan untuk menaikkan berat badan adalah jenis olahraga angkat beban. Olahraga angkat beban dapat membentuk massa otot sehingga berat badan naik. Selain itu, setelah berolahraga nafsu makan akan meningkat.

8. Istirahat yang Cukup

Memiliki waktu istirahat ideal menjadi salah satu kunci pada cara menggemukan badan pria. Tidur menjadi salah satu kegiatan yang membantu proses penyerapan nutrisi dan perkembangan tubuh manusia. Idealnya seseorang tidur sekitar 8 jam per hari. Apabila jam tidur anda kurang dari 8 jam, metabolisme tubuh dapat terganggu dan proses penggemukan badan tidak dapat berjalan.

9. Hindari Rokok

Sama halnya orang-orang yang menderita obesitas, rokok juga dapat menghambat kenaikan berat badan. Kandungan tanin yang pekat pada rokok dapat menghambat penyerapan nutrisi makanan. Kebiasaan kurang sehat ini juga dapat meningkatkan berbagai penyakit kronis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.