Sukses

Berapa Volume Udara Residu yang Terdapat dalam Paru-Paru? Simak Cara Menghitung

Berapa volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru bisa diketahui dengan menjumlahkan volume cadangan ekspirasi dan volume residu.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami berapa volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru penting sebagai pengetahuan cara kerja organ vital manusia ini. Volume udara residu adalah jenis volume udara yang masih tersisa dalam paru-paru meskipun udara sudah dihembuskan dengan maksimal.

Ada cara menghitung jumlah volume udara residu untuk bisa mendapatkan nilai volume udara residu. Cara menghitung berapa volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru adalah menjumlahkan antara volume cadangan ekspirasi dengan volume residu.

Jika nilai volume udara residu sudah ditemukan, kemudian perhatikan nilainya apakah normal atau tidak. Liputan6.com lansir dari berbagai literatur kesehatan, jumlah volume udara residu yang normal pada orang dewasa berkisar antara 1.800 – 2.200 mililiter.

Pemeriksaan untuk bisa mengetahui berapa volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru, umumnya dilakukan selama 40-45 menit. Pasien akan diminta mengembuskan napas sekeras atau sekuat mungkin sebanyak 3 kali. Agar lebih memahami, simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang berapa volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru dan cara menghitungnya, Rabu (19/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berapa Volume Udara Residu yang Terdapat dalam Paru-Paru?

Udara residu adalah jenis udara yang tersisa di paru-paru dan tidak bisa dihembuskan. Udara residu akan tetap berada di dalam organ vital paru-paru meskipun sudah dihembuskan dengan sekuat tenaga. Berapa volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru?

Jawaban dari berapa volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru bisa diketahui dengan menghitungnya. Cara menghitung untuk mengetahui berapa volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru adalah volume cadangan ekspirasi + volume residu.

1. Volume Cadangan Ekspirasi

Volume cadangan ekspirasi adalah jenis volume udara yang tersisa dan dihembuskan di akhir proses pernapasan manusia. Rata-rata orang dewasa memiliki volume cadangan ekspirasi sebanyak 1.000 mililiter.

2. Volume Residu

Volume residu adalah jenis volume udara yang masih tetap berada di paru-paru setelah udara ekspirasi dihembuskan. Rata-rata orang dewasa memiliki volume residu sekitar 1.200 mililiter.

Nah, untuk mengetahui berapa volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru, maka jumlahkan volume cadangan ekspirasi dan volume residu sebagaimana dijelaskan sebelumnya.

Jika sudah dijumlahkan, maka berapa volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru akan diketahui. Lalu amati, nilai normal volume residu orang dewasa adalah 1.800 – 2.200 mililiter.

Pemeriksaan untuk bisa mengetahui berapa volume udara residu yang terdapat dalam paru-paru, umumnya dilakukan selama 40-45 menit. Proses pemeriksaan dilakukan dengan mengukur berat badan, tinggi badan, usia, jenis kelamin, serta riwayat penyakit pasien.

Kemudian dokter yang melakukan pemeriksaan akan meminta pasien mengambil napas dalam-dalam dan menahan napas selama beberapa detik. Pasien akan diminta mengembuskan napas sekeras atau sekuat mungkin. Tes ini umumnya dilakukan sebanyak 3 kali.

3 dari 3 halaman

Ada Berapa Jenis Volume Udara Paru-Paru?

Volume udara paru-paru tidak hanya berupa volume residu dan volume cadangan ekspirasi. Ada total enam jenis volume udara paru-paru yang perlu diketahui.

Dalam buku berjudul Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/Mts oleh Siti Zubaidah, jenis volume udara paru-paru ini berupa volume tidal, volume cadangan ekspirasi, volume cadangan inspirasi, volume residu, kapasitas vital paru-paru, dan kapasitas total paru-paru.

Ini penjelasan tentang enam jenis volume udara paru-paru yang dimaksudkan:

1. Volume Tidal

Volume tidal adalah jenis volume udara yang aktif keluar masuk organ paru-paru ketika tubuh manusia melakukan proses inspirasi atau ekspirasi biasa. Pada orang dewasa jumlah volume tidal paru-paru sekitar 500 mililiter.

2. Volume Cadangan Ekspirasi

Volume cadangan ekspirasi adalah jenis volume udara yang bisa dikeluarkan secara maksimal dari paru-paru setelah melakukan proses ekspirasi biasa.

Sebutan lain dari jenis volume udara cadangan ekspirasi adalah udara suplementer. Jumlah volume dari cadangan ekspirasi rata-rata orang dewasa sekitar 1.500 mililiter.

3. Volume Cadangan Inspirasi

Volume cadangan inspirasi adalah jenis volume udara yang kebalikan dari volume cadangan ekspirasi. Ini volume udara yang masih bisa dimasukkan ke dalam paru-paru setelah melakukan proses inspirasi secara normal.

Sebutan lain dari jenis volume udara inspirasi adalah volume udara komplementer. Jumlah jenis volume cadangan inspirasi sama dengan jumlah volume cadangan ekspirasi, pada orang dewasa rata-rata sekitar 1.500 mililiter.

4. Volume Residu

Volume udara residu adalah jenis volume udara yang masih tersisa di dalam organ paru-paru meskipun udara sudah dihembuskan dengan maksimal. Jumlah volume udara residu sebagaimana dijelaskan sebelumnya, pada rata-rata orang dewasa memiliki kapasitas sekitar 1.000 mililiter.

5. Kapasitas Vital Paru-Paru

Kapasitas volume vital paru-paru adalah jenis volume udara paru-paru yang berasal dari jumlah volume tidal, volume cadangan ekspirasi, dan volume cadangan inspirasi. Jumlah volume udara vital paru-paru pada rata-rata orang dewasa sekitar 3.500 mililiter.

6. Kapasitas Total Paru-Paru

Kapasitas total paru-paru adalah jenis volume total paru-paru berupa udara yang tersimpan secara maksimal dalam organ paru-paru. Jumlah volume kapasitas total paru-paru bisa didapat dengan menjumlah volume kapasitas vital paru-paru dan volume residu. Pada rata-rata orang dewasa jumlah kapasitas total paru-paru sekitar 4.500 mililiter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.