Sukses

4 Kronologi Clerence Istri Rio Alief Idap Kanker hingga Meninggal Dunia

Kanker yang diidap Clerence Chyntia sempat menjalar ke organ tubuh lain.

Liputan6.com, Jakarta Duka masih menyelimuti Rio Alief additional drummer NOAH yang baru saja kehilangan istrinya. Clerence Chyntia Istri Rio Alief mengembuskan napas terakhirnya pada Selasa (18/10/2022) kemarin. Sebagaimana yang diketahui, Clerence Chyntia sudah lama berjuang melawan kanker.

Meski isak tangis tak tertahankan, Rio Alief berusaha tegar menerima wanita pujaan hatinya yang kini telah meninggal dunia. Selepas prosesi pemakaman almarhumah, Rio Alief juga sempat menceritakan kronologi perjuangan Clerence Chyntia melawan angiosarcoma atau kanker pembuluh darah

Rio Alief bahkan menyebut kanker yang diderita almarhumah istrinya itu termasuk dalam penyakit langka. Pertumbuhan kanker bahkan lebih cepat daripada kanker pada umumnya. Saking cepatnya, Rio menyebut kondisi kesehatan Clerence Chyntia kerap mengalami penurunan. 

“Karena (Kanker) cukup langka dan agresif," kata Rio saat ditemui di TPU Jombang, Tangerang Selatan, pada Selasa (18/10/2022).

Rio Alief menceritakan kronologi Clerence Chyntia melawan kanker di tengah kesedihan kesedihan, berikut Liputan6.com merangkumnya melansir dari berbagai sumber, Rabu (19/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kanker Mengganas Sejak Bulan Februari

Dalam kesempatan yang sama, Rio Alief mengatakan selama sedikitnya delapan bulan terakhir, sang istri memang tengah berjuang melawan sakit kanker yang dideritanya. Terhitung di bulan Februari 2022 kemarin, Rio juga didampingi kakak Clerence, Windy harus meluangkan waktu penuh merawat Clerence.

"Mungkin sebagian besar di sini saksi kurang lebih 8 bulan,”  kata Rio Alief di pemakaman TPU Jombang, Tangerang Selatan, Selasa (18/10/2022).

Sejak saat itulah almarhumah Clerence Chyntia harus menjalani kemoterapi. Bahkan ia sempat menjalani operasi. 

3 dari 5 halaman

2. Sempat Kanker Stadium 4

Perjuangan Clerence Chyntia melawan kanker bahkan sempat sampai pada puncaknya. Kanker pembuluh darah yang merupakan jenis kanker langka ini terbentuk di lapisan pembuluh darah. Umumnya juga melapisi dinding pembuluh darah atau limfatik.

Saking cepatnya berkembang, dalam waktu 2 bulan, kanker yang diderita Istri Rio Alief ini naik hingga stadium 4.

"Total 6 bulan (Clerence jalani perawatan), dari awal, dari awal 6 bulan. Ya itu, 6 bulan merupakan waktu yang sangat singkat untuk cancer. Kalau teman-teman tahu, ada yang bertahun-tahun, ini 6 bulan " ujar Rio.

4 dari 5 halaman

3. Kanker Menjalar ke Usus dan Ginjal

Pertengahan bulan April 2022 kemarin, Clerence Chyntia bahkan sempat mengunggah potret kebersamaannya dengan Rio Alief saat berada di rumah sakit. Ia harus menjalani rutinitas kemoterapi melawan kanker yang ia derita. Rio Alief juga menuturkan, kanker sudah menyebar ke beberapa organ tubuh Clerence seperti usus hingga ginjal.

Usai pemakaman, Rio Alief bahkan mengulang perjuangannya kembali saat kondisi Clerence Chyntia semakin memburuk. Perjuangan itu tak hanya dirasakan Clerence Chyntia, namun juga Rio Alief juga kakak Clerence, Windy yang harus pulang dari Prancis.

“Ekstranya lagi 6 bulan kami berjuang untuk Clerence fisik, finansial, mental, semuanya campur jadi satu. Tujuannya satu, kesembuhan Clerence," katanya.

5 dari 5 halaman

4. Ungkap Hari Sebelum Meninggal

Dalam kesempatan yang sama, Rio Alief ikut menceritakan harapan sang mendiang istri. Clerence Chyntia sempat berkeinginan Rio Alief melakukan ibadah umrah. 

“Dia ingin saya umrah. Jadi, Mudah-mudahan, doakan, secepatnya ya ada kesempatan umrah, biar bisa mendoakan juga," kata Rio.

Beberapa saat sebelum manggung di Amsterdam, Rio Alief mengungkapkan kenangan pelukan dengan Clerence Chyntia. Saat itu ia menyempatkan diri untuk menemaninya melakukan operasi.

“Sebelum beberapa hari lalu sempat ada operasi, saya enggak sebutkanlah operasi apa. Yang jelas sempat operasi lagi di tengah kemo, saya sempat menemani operasi," imbuh Rio Alief. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.