Sukses

28 Wisata di Cianjur Terbaru & Populer, Cocok untuk Liburan Keluarga

Tempat wisata di Cianjur yang wajib dikunjungi dengan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Cianjur adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Bogor, Garut, Bandung dan Sukabumi. Memiliki lokasi yang tak jauh dari ibu kota, membuat daerah yang memiliki dominasi topografi pegunungan ini, menawarkan keindahan alam yang cocok untuk melepas penat. 

Wisata di Cianjur memiliki deretan air terjun yang dikelilingi oleh bukit dan sederet pohon yang masih sangat asri. Bagi para wisatawan yang berkunjung, bisa dengan mudah menemukan tempat wisata lain seperti deretan pantai, taman, gunung, kebun wisata dengan spot foto menarik. Srlai itu, Cianjur juga memiliki situs peninggalan sejarah, yang sampai sekarang masih dikelola dan dijadikan wahan berkunjung untuk khalayak umum. 

Banyak tempat wisata di Cianjur yang ramah anak, sehingga saat Anda memutuskan untuk liburan bersama keluarga, akan sangat cocok jika mendatangi berbagai tempat wisata di Cianjur. Selain memiliki panorama alam yang indah, hamparan pantai yang memukai dan taman wisata, adapun fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola wisata bisa menujung aktivitas liburan Anda. 

Berikut ini wisata di Cianjur yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/10/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata di Cianjur

1. Taman Bunga Nusantara

Wisata di Cianjur yang populer serta menjadi rekomendasi liburan keluarga yang seru dan menyenangkan adalah Taman Bunga Nusantara. Saat berkunjung di tempat ini, Anda kan melihat hamparan bunga dengan berbagai jenis, dan berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Lokasi tempat wisata ini, terletak di Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tempat ini memiliki patung - patung yang terbentuk dari sejumlah tanaman subur, yang secara terus menerus bertumbuh sehingga tempat ini sangat tematik. Saat berkunjung, jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan berlatar hamparan bunga yang indah dan memukau. 

2. Kebun Wisata Inkarla Cipanas

Selain memiliki tanaman bunga yang indah dan memesona, wisata di Cianjur yang cocok dikunjungi bersama keluarga adalah Kebun Wisata Inkarla Cipanas, yang terletak di Jalan Singabarong, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Saat berkunjung di tempat ini, Anda akan melihat pemandangan pegunungan sejauh mata memandang, sambil mencari kenyamanan di pondok penginapan. Fasilitas di tempat ini cukup memadai, sehingga bisa digunakan oleh pengunjung. Menariknya lagi, tempat wisata ini memiliki berbagai jenis tanaman dengan bunga-bunga yang bermekaran indah, sehingga pengunjung akan betah berlama - lama saat berkunjung. Alamnya yang segar khas hawa pegunungan, membuat kebun ini cocok untuk dijadikan tempat berekreasi dengan keluarga. 

3. Kebun Raya Cibodas

Salah satu tempat wisata di Cianjur yang populer dan cocok dikunjungi bersama keluarga adalah Kebun Raya Cibodas. Tempat wisata ini sudah lama terkenal, serta memiliki lokasi yang terletak di Sindang Laya, Cipanas, Cianjur. Adapun daya tarik tempat ini adalah pohon sakura yang telah ditanam di kebun ini sejak tahun 1971. Waktu yang cocok bagi Anda jika ingin berkunjung, sebaiknya di bulan Januari-Februari, serta Juli-Agustus. Mengapa demikian? Saat berada di sini, Anda akan melihat cantiknya bunga sakura yang bermekaran, serta indahnya pemandangan Gunung Gede-Pangrango dari kebun ini.

 

4. Alun-Alun Surya Kencana

Tempat wisata di Cianjur yang wajib untuk dikunjungi saat liburan bersama dengan keluarga adalah mengunjungi Alun-Alun Surya Kencana. Wisata Surya Kencana memiliki lokasi yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, di sebelah timur puncak gunung. Oleh karena itu, bagi pengunjung yang ke sini, Anda dapat menikmati indahnya pemandangan ala pegunungan di padang savana dan bunga edelweiss yang bermekaran. Tempat ini juga memiliki udara yang sejuk, sehingga menyegarkan badan dan pikiran. Alun-alun Suryakencana juga merupakan padang savana yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, serta memiliki hamparan luas di Gunung Gede.

5. Istana Cipanas

Wisata di Cianjur yang wajib dikunjungi saat liburan bersama keluarga adalah Istana Cipanas, di mana pengunjung akan melihat indahnya Istana Kepresidenan Cipanas. Istana ini terletak di di Desa Cipanas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, sekitar 20 Km dari kota Kabupaten Cianjur atau 103 Km dari Jakarta. Dulunya Istana ini didirikan pada tahun 1740 oleh seorang tuan tanah Belanda yang bernama Van Heots, di mana tempat wisata ini dikeliilingi oleh hutan atau kebun yang dipenuhi oleh tanaman yang beraneka ragam. Tempat ini memiliki hamparan taman yang hijau dan sejuk, serta menjadi tempat peristirahatan dan persinggahan favorit sejak jaman Hindia Belanda.

6. Situs Gunung Padang

Wisata di Cinajur yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Situs Gunung Padang yang sarat akan edukasi sejarah. Bagi pengunjung yang ingin menikmati panorama alam di sini, tempat ini terletak di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Situs ini merupakan salah satu peninggalan prasejarah zaman megalitikum atau zaman batu besar di Jawa. Situs sejarah Gunung Padang ini berbentuk punden berundak dan menyerupai piramida, sehingga tempat ini memang dipercaya sebagai tempat pemujaan pada jaman dahulu. Situs ini 

7. Situs Gunung Kasur

Destinasi wisata di Cianjur selanjutnya yang sarat akan edukasi sejarah adalah Gunung Kasur. Gunung Kasur memiliki lokasi di Desa Gadog dan Cibodas, Kecamatan Pacet. Saat berada di tempat ini, pengunjung akan melihat lempengan batu yang menyerupai kasur yang lengkap dengan bantal dan gulingnya. Lempengan batu ini juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan yang cantik, pepohonan yang asri, dan udara pegunungan yang segar. 

3 dari 5 halaman

Wisata di Cianjur

8. Little Venice Kota Bunga

Wisata di Cianjur yang sangat populer dan merupakan wisata baru di Cianjur adalah Little Venice Kota Bunga. Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan ala Venesia, Italia maka Little Venice Kota Bunga adalah tempat yang tepat. Memiliki lokasi yang tepat berada di Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, membuat pengunjung dengan mudah untuk menjangkau kota Venesia versi mini ini. Pengunjung akan melihat nuansa kota kecil yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan khas Eropa, lengkap dengan aliran sungai, jembatan, dan gondola. Anda tidak perlu liburan dengan biaya yang mahal hingga ke luar negeri, namun mengunjungi kota Cianjur sudah bisa merasakan sensasi liburan di Italia. 

9. Wana Wisata Pokland

Wisata di Cianjur yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Wana Wisata Pokland. Bagi Anda yang ingin sekali menikmati suasana alam yang indah, maka mampirlah ke Wana Wisata Pokland. Saat berada di tempat ini, Anda bisa menikmati hutan pinus yang menawan, juga tersedia berbagai spot foto yang cantik dan menarik yang bisa Anda coba. Wana Wisata Pokland terletak di Desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

10. Kebun Teh Sukanagara

Wisata di Cianjur yang wajib untuk dikunjungi adalah Kebun Teh Sukanagara, sehingga sangat cocok bagi para pecinta teh. Kebun Teh Pasir Nangka ini berolokasi di Sukanagara, Kabupaten Cianjur. Selain Anda bisa menikmati pemandangan alam dan perkebunan teh yang asri, pengunjung juga akan melihat dan mengikuti proses pembuatan teh secara langsung. Baik itu memetik daun teh, hingga diseduh menjadi minuman yang hangat dan segar. Anda juga dapat menikmati hamparan tanaman teh yang indah sejauh mata memandang. 

11. Kebun Teh Cempaka

Wisata di Cianjur yang wajib dikunjungi adalah Kebun Teh Cempaka, yang berlokasi di desa Cempaka, kecamatan Cempaka, kabupaten Cianjur. Tempat ini juga memiliki ketinggian tempat 900 – 1200 mdpl dengan suhu rata-rata 24-27 0C. Luas lahan total areal sebesar 765,69 ha yang terbagi dalam 3 afdeling, afdeling Campaka (228,15 ha), afdeling Ciwates (245,02 ha), dan afdeling Cijangkar (292,52 ha). Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan berharga dengan keluarga, juga menikmati indahnya perkebunan teh yang asri ditemani dengan sejuknya hawa pegunungan.

12. Waduk Cirata

Selain perkebunan, wisata di Cianjur juga memiliki Waduk Cirata yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Cianjur. Waduk ini juga berlokasi di 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Purwakarta. Saat berada di sini, Anda bisa menikmati pemandangan waduk sambil melakukan piknik kecil - kecilan bersama keluarga. Bagi pengunjung, Anda akan melihat pembangkit listrik tenaga air yang terbesar di Indonesia, yang memiliki delapan buah turbin dan gedung sentral atau yang dikenal dengan Power House 4 lantai yang berada di terowongan bawah tanah.

13. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Wisata di Cianjur yang wajib dikunjungi bersama dengan keluarga adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Memiliki nuansa ala pegunungan, membuat tempat ini layak dikunjungi wisatawan. Taman Nasional ini memiliki hamparan lahan seluas 21.975 hektar yang merupakan hutan hujan tropis pegunungan. Tempat ini memiliki beragam flora dan fauna seperti “si pemburu serangga” atau kantong semar, “si pohon raksasa” Rasamala, dan beragam anggrek hutan yang cantik. Di taman nasional ini Anda juga bisa menemukan beberapa jenis tumbuhan yang belum dikenal namanya secara ilmiah, seperti jamur yang bercahaya.

4 dari 5 halaman

Wisata di Cianjur

14. Curug Ciismun

Selain melihat berbagai hamparan taman dan waduk, wisata di Cianjur yang layak untuk dikunjungi adalah Curug Ciismun yang dekat dengan Kebun Raya Cibodas. Wisata yang merupakan air terjun ini, memang terletak di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, tepatnya di Desa Cimacan, Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Curug Ciismun ini juga memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan lebar kurang lebih 5 meter, sehingga panorama alam yang tersaji memanjakan mata para pengunjung. 

15. Curug Cibeureum

Wisata di Cianjur yang sangat populer dan wajib dikunjungi saat liburan dengan keluarga adalah, Curug Cibereum yang merupakan air terjun dengan lokasi tepat di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Curug ini sangat indah dan menawan, dengan memiliki tinggi sekitar 50 meter. Nama Curug Cibeureum berarti air terjun sungai merah, di mana air yang ada di curug ini memiliki warna merah karena lumut merah yang terdapat di tebing. Bagi Anda yang berkunjung, tidak hanya menikmati pemandangan alam, namun air yang mengalir juga bisa Anda nikmati.  

16. Curug Dadali

Selain Curug Cibeureum, Air terjun lain yang bisa anda kunjungi di Cianjur adalah Curug Dadali. Meskipun tak banyak wisatawan yang berkunjung, namun tempat wisata ini memiliki sumber mata air yang berasal dari aliran sungai Cibala yang merupakan anak sungai Cibuni. Air terjun ini berlokasi di Kecamatan Kadupandak, Cianjur Selatan. Akan tetapi, curug ini lumayan memiliki akses yang masih cukup sulit untuk dijangkau oleh pengunjung. 

17. Curug Cikondang

Wisata di Cianjur yang cukup populer untuk disambangi wisatawan adalah Curug Cikondang. Kalau anda ingin menikmati pemandangan air terjun yang memukau, maka mampirlah ke Curug Cikondang. Tempat wisata di Cianjur ini terletak di Desa Sukadana, Kabupaten Cianjur. Curug Cikondang ini juga sangat mirip dengan air terjun Niagara di Amerika Utara. Sehingga bagi pengunjung, tak perlu liburan mahal hingga ke luar negeri, karena pesona wisata di tanah air tak kalah menarik dan indah. Air terjun ini memiliki lebar 30 meter dan tinggi mencapai 50 meter, sehingga semakin cantik dan unik karena adanya beberapa air terjun kecil lainnya yang terdapat di bawah Curug Cikondang.

18. Curug Citambur

Wisata di Cianjur yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Curug Citambur yang terletak di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Saat berada di sini, pengunjung bisa melihat curug ini yang terbagi menjadi 3 tingkat, di mana tingkat pertama memiliki ketinggian 12 meter, tingkat kedua memiliki ketinggian 116 meter, dan yang terakhir memiliki ketinggian 2 meter. Anda juga bisa berswafoto dengan latar air terjun yang mempercantik feeds instagram. 

19 Danau Leuwi Soro

Wisata di Cianjur yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Danau Leuwi Soro. Saat berada di sini, pengunjung akan melihat pemandangan danau dengan airnya yang berwarna kehijauan, serta pepohonan yang cukup lebat di sekitarnya. Memang akses yang ditempuh oleh pengunjung wisata cukup jauh, kurang lebih sekitar 60 Km dari kota Cianjur. Namun saat sampai di sini, Anda akan betah untuk berlama -  lama menikmati suasana alam yang indah serta memesona. Akan sangat cocok lagi, jika Anda bisa memanfaatkan waktu liburan bersama dengan keluarga. 

20. Telaga Biru Cipanas

Tempat wisata di Cianjur berikutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Telaga Biru Cipanas. Telaga ini memiliki lokasi yang berada persis di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tepatnya di Sindangjaya, Cipanas, Cianjur. Bila anda ingin mampir ke kawasan Gunung Gede Pangrango, maka wisata ini juga bisa Anda kunjungi sekalian. Para pengunjung juga akan disuguhi pemandangan telaga yang indah, sehingga pikiran penat menjadi segar kembali. 

 

5 dari 5 halaman

Wisata di Cianjur

21. Tirta Jangari

Saat Anda ingin menikmati ikan air tawar yang segar dan lezat, maka Anda wajib untuk mengunjungi tempat ini. Tirta Jangari sendiri adalah keramba terapung, yang dijadikan tempat pemeliharaan ikan air tawar. Terletak di Waduk Jangari, Cianjur, Jawa Barat, membuat tempat ini mudah untuk diakses oleh pengunjung. Terdapat ikan yang dipelihara di waduk ini memiliki kelebihan tersendiri, selain ikannya cepat besar, dagingnya juga tidak berbau lumpur. Ada juga beberapa jenis ikan yang banyak dibudidaya, salah satunya adalah ikan mas.

22. Pantai Jayanti

Selain air terjun yang indah, wisata di Cianjur ini juga memiliki beragam pantai yang menarik, salah satu adalah Pantai Jayanti. Selain memiliki pemandangan pegunungan yang indah, panorama pantai dan laut bisa pengunjung nikmati saat berada di sini. Hamparan pasir sejauh mata memandang juga ombaknya yang besar, membuat suasana semakin syahdu, sehingga membuat pengunjung betah untuk bersantai. Pantai ini juga merupakan pelabuhan tradisional yang menjadi tempat di mana para nelayan lokal untuk berlabuh. 

23. Pantai Batu Kukumbung

Wisata di Cianjur yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Pantai Batu Kukumbung, yang dapat Anda temui ketika mampir di Pantai Jayanti. Pantai ini sebenarnya memiliki lokasi yang tidak jauh dari Pantai Jayanti, sehingga pengunjung bisa menyambangi tempat ini dalam satu waktu. Selain sebagai tempat wisata alam, pantai batu kukumbung juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk wisata religi dan budaya, karena terdapat sebuah makam yang diyakini sebagai makam Prabu Kian Santang. 

24. Pantai Apra

Wisata di Cianjur yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Pantai Apra, yang sangat populer juga memesona. Pantai ini memiliki lokasi di dekat muara sungai Cisadea, tepatnya di Kecamatan Sindangbrang, Cianjur Selatan. Lebih tepatnya berada sekitar 300 meter dari Alun-alun Sindangbarang. Pantai ini cukup populer di kalangan wisatawan dan ramai dikunjungi khususnya saat masa liburan panjang.

25. Pantai Lugina

Wisata di Cianjur selanjutnya yang wajib dikunjungi saat liburan bersama keluarga adalah Pantai Lugina. Selain Pantai Apra, Pantai Lugina juga cukup populer di Cianjur, dan berlokasi tepat di desa Wanasari, Agrabinta, Cianjur. Saat berada di pantai ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan tenggelamnya matahari yang indah dan menawan. Pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan saat mulai libur panjang.

26. Taman Wisata Mandalawangi

Tempat wisata di Cianjur selain pantai yang memesona dan menawan, ada juga Taman Wisata Mandalawangi yang berlokasi tepat di kawasan Wisata Cibodas, Gunung Gede Pangrango. Di sini anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam dan segarnya hawa pegunungan. Taman yang merupakan bumi perkemahan ini, bisa dimanfaatkan pengunjung untuk menghabiskan malam dan berkemah di sini. Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan Danau Mandalawangi dan Sungai Cikund. 

27. Gunung Gede

Gunung Gede adalah wisata di Cianjur dengan ketinggian 3000 mdpl, serta memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan. Sampai saat ini, gunung yang berada di Cianjur ini, menjadi favorit para pendaki untuk ditaklukkan. Perjalanan untuk mendaki yang ditempuh lumayan menguras tenaga, namun ketika sampai di puncak, pemandangan indah yang lengkap dengan hamparan hijau dari ketinggian mampu membuat Anda terpukau. Tempat ini sangat cocok untuk berburu sunrise dan mengabadikan momen indah untuk mempercantik feeds instagram.

28. CMR GH Cianjur

Wisata di Cianjur selanjutnya yang wajib dikunjungi saat liburan adalah CMR GH Cianjur. Tempat ini merupakan salah satu hamparan sawah, di mana pengunjung bisa hunting foto yang unik dengan berbagai spot yang indah dan menarik, seperti spot love, bangku kursi, hingga sayap kupu-kupu di atas bukit. Meskipun akses jalan yang dimiliki cukup sulit, tetap pesonanya memang tak bisa untuk diabaikan begitu saja. CMR GH Cianjur ini berada di Kp. Cibenteng, Desa Mekarjaya. Tepatnya masuk di Kecamatan Cikalong Kulon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.