Sukses

15 Tempat Wisata Tasikmalaya yang Paling Hits dan Wajib Dikunjungi

Tempat wisata tasikmalaya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata tasikmalaya bisa menjadi alternatif menarik saat kamu ke Jawa Barat. Tasikmalaya menawarkan destinasi wisata dengan alam yang menawan. Apalagi Tasikmalaya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuatnya memiliki jajaran pantai yang memesona.

Selain memiliki pantai yang menakjubkan, Tasikmalaya juga terdiri dari daerah perbukitan atau pegunungan. Tentunya daerah perbukitan ini memiliki tanah yang subur, dan bagi para wisatawan menjadi tempat yang sejuk untuk menikmati liburan.

Tempat wisata tasikmalaya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Bagi pencinta wisata alam, kamu bisa menikmati pegunungan, pantai, hingga bentang alam Tasikmalaya lainnya yang tak akan membuat kamu kecewa.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/10/2022) tentang tempat wisata Tasikmalaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Tasikmalaya

Gunung Galunggung

Gunung Galunggung adalah tempat wisata Tasikmalaya yang memiliki ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut. Ada beberapa objek wisata Tasikmalaya yang ada di gunung Galunggung seperti kawah Galunggung. Di sini kamu dapat mendaki untuk melihat keindahan danau dari atas puncak Galunggung. Selain kawah, kamu juga bisa menikmati air terjun Curug Agung.

Curug Agung Galunggung

Tempat wisata Tasikmalaya berikutnya yaitu Curug Agung Galunggung. Berada dalam kawasan Gunung Galunggung, Curug Agung Galunggung memiliki ketinggian setinggi 80 meter. Pada malam hari kamu bisa melihat air terjun yang dipasang lampu LED bewarna kuning, hijau, merah, dan biru. Membuat pemandangan curug ini begitu menakjubkan walau dipandang saat malam.

Pantai Cipatujah

Pantai dengan keindahan alam laut dan pasir putih dapat kamu temui di Pantai Cipatujah. Tempat wisata Tasikmalaya ini terletak di Kecamatan Cipatujah, sekitar 74 km dari Kota Tasikmalaya. Rekreasi bisa dimulai di muara sungai Cipatujah, menggunakan perahu, memancing, serta mencari souvenir.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Tasikmalaya

Tonjong Canyon

Tempat wisata Tasikmalaya satu ini bak Grand Canyon, berada di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Tonjong Canyon menjadi tempat incaran para wisatawan yang sedang berada di Tasikmalaya. Tonjong Canyon merupakan wisata air berupa aliaran sungai berwarna hijau yang mengular dan dikelilingi tebing batu yang eksotis. Di sini kamu bisa berenang merasakan kesegaran air sungai, atau duduk santai di bebatuan Tonjong Canyon.

Bukit Panyangrayan

Bukit Panyangrayan merupakan tempat wisata Tasikmalaya yang dikenal sebagai spot menarik untuk menikmati sunrise dari atas ketinggian. Lokasinya berada di Kampung Pramuka Sadaukir Kapunduhan Barumekar, Sukapura, Sukaraja, Tasikmalaya, dan buka 24 jam. Selain bisa memandang luasnya lautan awan dari atas ketinggian, Bukit Panyangrayan juga dilengkapi kafe kekinian untuk bersantai.

Pantai Sindangkerta

Air laut yang jernih, pasir putih, serta karang yang tidak tajam, memanjakan pengunjung yang datang untuk menikmati tempat wisata Tasikmalaya yang menawan ini, yaitu Pantai Sindangkerta. Di sini, ada fasilitas gratis lesehan yang nyaman dengan payung ratusan pohon besar di sekitarnya.

Hamparan tikar yang disediakan petugas, bisa menjadi alternatif sandaran tepat saat liburan keluarga. Keistimewaan lain dari Pantai Sindangkerta adalah taman laut yang disebut Taman Lengsar. Jika air laut surut, maka di taman seluas 20 hektar itu, akan dijumpai karang laut, ikan hias, dan suaka alam satwa penyu hijau.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Tasikmalaya

Situ Gede

Situ Gede merupakan danau seluas sekitar 47 hektar yang berada tak jauh dari kota Tasikmalaya. Keberadaan Situ Gede berfungsi sebagai sumber irigasi bagi lahan sawah di sekitarnya. Situ Gede juga menjadi salah satu tempat wisata Tasikmalaya menarik dikunjungi, karena lokasinya yang tak jauh dari pusat kota. Di sini kamu dapat berkeliling danau menggunakan perahu yang telah tersedia dan berfoto dengan latar belakang danau yang luas.

Karaha Bodas

Karaha Bodas adalah destinasi wisata kawah putih yang ikonik di kalangan wisatawan. Lokasinya di Kadipaten yaitu Tasikmalaya bagian utara. Lembah pegunungan Karaha Bodas memiliki kawah belerang air panas yang sebenarnya masih kawasan gunung aktif. Pengunjung bisa menikmati lanskap kawah putih di tempat wisata Tasikmalaya ini sambil berkemah atau agrowisata di area hutan pinusnya.

Pantai Karang Tawulan

Berjarak 100 km dari kota Tasikmalaya, pantai ini terletak di kecamatan Cikalong. Sebuah pantai berkarang dan landai, memiliki panorama laut yang memesona. Agak ke timur, terdapat pulau kecil Nusa Manuk. Pada waktu-waktu tertentu, Nusa Manuk dihuni oleh berbagai macam jenis burung.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Tasikmalaya

Curug Dengdeng

Curug Dengdeng terkenal dengan tampilannya yang unik. Tempat wisata Tasikmalaya ini berbentuk bedengan atau undakan yang terdiri dari tiga tingkatan. Tingkatan pertama mempunyai ketinggian kurang lebih 13 meter. Tingkatan kedua tingginya 11 meter dan tingkatan ketiga setinggi 9 meter. Curug yang terletak di Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya menawarkan pemandangan yang asri dan tenang. Paduan aliran air nan jernih berpadu dengan hamparan sawah dan pohon kelapa menjadi pesona tersendiri bagi Curug Dengdeng.

Pantai Pamayangsari

Pantai Pamayangsari merupakan tempat wisata Tasikmalaya yang sangat populer. Sejak tahun 1973, Pantai Pamayangsari selalu ramai dan sering dirujuk wisatawan lokal maupun dari luar Tasik karena mempunyai ritual unik. Ritual syukuran laut atau sebutan lainnya pesta pantai dan pesta nelayan menjadi daya tarik wisatawan. Selain itu, bentuk pantainya unik serta suasana sekitar sangat tenang.

Pongpet Cilangla

Pongpet Cilangla adalah tempat wisata Tasikmalaya yang mirip dengan Tonjong Canyon. Pongpet Cilangla menawarkan pemandangan alam yang indah dengan dihiasi hamparan batu alam yang diapit tebing tinggi. Lokasinya berada di aliran Sungai Cilangla. Tepatnya berada di Dusun Cikijing, Desa Kujang, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Jika debit air sedang normal, pengunjung bisa berenang.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Tasikmalaya

Danau Lemona Salopa

Tempat wisata Tasikmalaya yang selanjutnya adalah Danau Lemona Salopa. Danau ini merupakan restoran bernuansa pedesaan zaman dulu yang mempunyai banyak gubukan rumah panggung di atas air. Selain puas menyantap aneka menu masakan khas Sunda Danau Lemona, pengunjung bisa sekaligus bermain wahana air perahu dayung, jembatan gantung, dan masih banyak lagi.

Curug Ciparay

Curug Ciparay atau disebut juga dengan Curug Kembar memiliki 2 air terjun yang berdampingan. Lokasinya ada di kaki Gunung Galunggung, tepatnya di Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. Volume air terjun Curug Ciparay cukup deras dan suasana masih sangat asri juga menyejukkan, sehingga sangat cocok untuk melepas penat.

Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik adalah tempat wisata Tasikmalaya yang berlokasi di Jalan Mohamad Hatta, Sukamanah, Kec. Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat.Taman wisata ini mempunyai miniatur taman dari berbagai belahan dunia seperti Jepang, Korea, Belanda dan banyak lagi. Selain taman bermain, Karang Resik dilengkapi wahana kolam renang, sepeda gantung, perahu, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.