Sukses

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Aman & Mudah, Berikut Tahapannya

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan beberapa metode.

Liputan6.com, Jakarta Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan bisa dengan mudah Anda lakukan, tentu dengan beberapa metode, baik secara online maupun offline. Jika ingin melakukannya secara online, maka Anda wajib mengunjungi website resmi, atau dengan menggunakan aplikasi. Namun jika secara offline, Anda bisa ke kantor BPJS secara langsung. Akan tetapi, langkah ini bisa dijadikan sebagai alternatif terakhir, jika secara online Anda merasa kesulitan. 

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang paling utama adalah dengan melakukan registrasi. Proses ini bertujuan agar  pemohon bisa memiliki PIN untuk menikmati layanan BPJS online. Akan tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya dengan menyiapkan nomor KJP, NIK e-KTP, tanggal lahir, dan nama lengkap.

Bagi Anda yang memang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka saldo JHT mungkin merupakan angka yang ingin diketahui. Oleh karena itu, selain bisa menikmati layanan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, pemohon juga bisa sekaligus mencarikan saldo yang dimiliki. 

Berikut ini cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/10/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan akan dengan mudah Anda lakukan, dengan mengunjungi website resmi dengan beberapa tahapan sebagai berikut : 

- Langkah pertama yang bisa Anda lakukan, adalah mendaftar dengan proses pendaftaran di halaman website https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

- Ketika sudah memiliki akun dan berhasil masuk, maka cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan selanjutnya adalah kartu BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor KPJ.

- Berikutnya Anda bisa melakukan pengisian form secara lengkap dan klik Submit Data. Kemudian

- Pada tahap selanjutnya, sebagai pemohon akan menerima SMS atau Email yang berguna untuk melakukan kode aktivasi.

- Setelah selesai aktivasi akun dengan memasukan kode tersebut di halaman berikutnya, maka pilih Submit. Kemudian pemohon akan menerima email untuk konfirmasi aktivasi akun.

- Teruskan cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan login akun BPJS, dengan email dan PIN yang sudah didapatkan, dan pilih Cek Saldo JHT.

- Pada langkah terakhir, pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan Anda, lalu klik SUMBIT. Maka jumlah saldo Jaminan Hari Tua akan ditunjukan. 

3 dari 5 halaman

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

Adapun cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan yang mudah dan aman untuk dilakukan secara online. 

- Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi BPJSTKU atau kunjungi website resmi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. 

- Langkah berikutnya, buka aplikasi dan lakukan login pada akun BPJS Ketenagakerjaan. Namun bagi Anda yang belum memiliki akun, maka bisa melalui kolom Daftar Pengguna.

- Ketika berhasil masuk, pilih menu Klaim Saldo JHT, lalu isi kolom informasi.

- Di kolom KPJ, Anda bisa mengisi dengan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki, lalu di kolom Keperluan, dan pilih Pengajuan Klaim.

- Akan muncul pilihan Jenis Klaim, sehingga Anda bisa memilih salah satu di antaranya yaitu Mencapai Usia Pensiun, Mengundurkan Diri, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

- Tahap selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah, ketika semua data sudah diisi lengkap maka klik menu Kirim.

- Setelah dikirim, maka akan muncul daftar dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan. Anda bisa mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan secara online. Setelah selesai, tunggu email konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan.

- Tahap selanjutnya, akan ada email yang berisi informasi tanggal dan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang harus pemohon datangi untuk melanjutkan proses klaim saldo JHT.

- Pada waktu yang telah ditentukan, Anda bisa menyerahkan dokumen yang telah diminta sebelumnya. Kemudian, petugas akan menginformasikan waktu pencairan saldo JHT.

4 dari 5 halaman

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan di Kantor

Selain melalui website dan secara online, maka cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan juga bisa dilakukan langsung dengan mendatangi kantor cabang terdekat.

- Langkah yang bisa Anda lakukan ketika cek saldo melalui webstie dan gagal terus, maka salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah datang ke kantor BPJS. Jik

- Selanjutnya, saat berada di kantor BPJS, jangan lupa untuk membawa dokumen pendukung yang nantinya bisa diberikan kepada petugas.

- Anda bisa menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan, dan ptugas akan memberitahu jumlah saldo dan dapat mencetak slip saldo BPJS.

- Kekurangan dari cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan manual ini adalah lamanya antrian, serta membutuhka waktu dan tenaga yang lebih banyak, sehingga menjadi alternatif terakhir yang dipilih. 

5 dari 5 halaman

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lainnya

- Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan ATM

Adapun langkah pertama yang bisa Anda tempuh, ketika ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM. 

- Agar bisa menikmati cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan ATM, maka terlebih dahulu Anda harus menjadi bagian dari nasabah BNI.

- Pemohon bisa cek saldo BPJS dari ATM BNI, dikarenakan BNI dan pihak BPJS menjalin kerjasama untuk memberikan layanan cek saldo BPJS melalui ATM BNI.

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan di ATM BNI ini hanya khusus untuk mengecek saldo, namun tidak bisa melakukan pencairan saldo

- Cukup memilih pilihan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia, maka mesin ATM akan menunjukan jumlah saldo yang pemohon miliki. Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan ini merupakan cukup praktis bagi nasabah BNI, tetapi tidak untuk masyarakat umum yang bukan bagian dari nasabah BNI.

- Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan SMS

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan SMS akan mudah dilakukan, salah satunya sebagai berikut:

- Tahap pertama yang bisa Anda lakukan, adalah dengan membuka layanan SMS.

- Selanjutnya mengisi pesan teks: DAFTAR (spasi) SALDO#NomorKTP#NAMA#Tanggal lahir#NomorPeserta, dan kirim SMS ke 2757.

- Untuk cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan, bisa menggunakan format tanggal lahir berupa dd-mm-yy.

- Setelah itu, sebagai pemohon Anda akan menerima balasan SMS dari pihak BPJS yang berisi nomor ID pemohon.

- Apabila sudah mendapatkan nomor ID, bisa Anda lakukan dengan membalas SMS tersebut dengan format SALDO (spasi) NOMOR PESERTA, lalu kirim ke 2757. Kemudian pemohon akan langsung menerima balasan berisi saldo JHT.

Perlu diketahui bahwa layanan ini hanya berlaku untuk nomor operator tertentu seperti XL, Telkomsel, dan Indosat. Bagi layanan operator yang lain, cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan tidak bisa dengan nomor tujuan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.