Sukses

Cara Logout Akun Google di HP Android dan iPhone, Enggak Perlu Ribet

Cara logout akun Google di HP bisa dilakukan melalui aplikasi, setelan smartphone, hingga browser.

Liputan6.com, Jakarta Cara logout akun Google di HP berbeda dengan di laptop. Tidak seperti di laptop yang bisa logout langsung, di HP ada beberapa langkah yang perlu kamu ikuti. Hal ini karena akun Google di HP digunakan untuk beragam kebutuhan pada smartphone kamu.

Cara logout akun Google di laptop bisa kamu lakukan dengan mengeklik foto profil pada chrome atau Gmail, kemudian tinggal pilih sing out. Sementara pada smartphone, langkah-langkah logout agak rumit dibandingkan cara logout pada laptop.

Cara logout akun Google di HP bisa dilakukan melalui aplikasi, setelan smartphone, hingga browser. Kamu bisa memilih cara termudah yang paling mudah menurutmu. Kamu juga tinggal mengikuti langkah-langkahnya dengan mudah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/10/2022) tentang cara logout akun Google.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Logout Akun Google di HP

Cara Logout Akun Google di HP Melalui Setelan (Settings)

Cara logout akun Google di HP yang pertama yaitu melalui menu setelan atau settings. Menu setelan atau settings pada smartphone kamu tentunya juga bisa digunakan untuk menyetel akun Google. Berikut cara logout akun Google di HP melalui menu setelan atau settings:

1. Pertama, buka menu Setelan pada smartphone android.

2. Kemudian pilih Pengguna & Akun.

3. Maka akan muncul beberapa akun yang ada pada smartphone kamu. Pilihlah akun Google atau Gmail yang ingin kamu keluarkan.

4. Untuk logout silahkan kamu pilih Hapus Akun. (Hapus akun yang dimaksud bukan berarti kamu akan kehilangan akun, kamu hanya menghapusnya dari smartphone)

5. Selesai.

 

Cara Logout Akun Google di HP Melalui Aplikasi

Cara logout akun Google di HP berikutnya adalah melalui aplikasi. Cara satu-satunya adalah dengan menghapus akun. Menghapus akun Google yang dimaksud bukan berarti kamu akan kehilangan email kamu, kamu hanya menghapusnya dari smartphone kamu. Dengan cara ini, seluruh data di akun Google di smartphone kamu akan hilang, mulai dari kontak, pesan, dan lain-lain.

Berikut cara logout akun Google di HP melalui aplikasi Gmail:

1. Pertama, buka aplikasi Gmail pada smartphone android.

2. Kemudian, klik ikon garis tiga pada pojok kiri atas.

3. Lalu klik pada Foto Profil akun Google atau Gmail yang ingin kamu keluarkan sampai muncul tulisan Kelola Akun.

4. Berikutnya klik Kelola Akun.

5. Maka akan muncul akun Gmail yang ada pada smartphone kamu. Klik akun Gmail yang ingin kamu keluarkan.

6. Selanjutnya, untuk logout, kamu dapat klik Hapus Akun.

7. Selesai, maka akun Google kamu sudah berhasil logout dari smartphone android.

3 dari 5 halaman

Cara Logout Akun Google di HP

Cara Logout Akun Google di HP Melalui Browser

Cara logout akun Google juga bisa menggunakan browser. Untuk menjaga keamanan akun jika sewaktu-waktu HP kamu dipinjam, kamu pastinya jangan sampai lupa untuk logout. Berikut cara logout akun Google di HP melalui Browser:

1. Tap nama akun Google. Pada halaman utama Gmail, tap ikon opsi yang terletak di sudut kiri atas. Setelah itu tap nama akun Google kamu.

2. Pilih sign out. Dengan begitu kamu akan diarahkan ke halaman awal, yaitu posisi di mana kamu harus memasukkan sandi jika ingin masuk. Setelah sandi dimasukan otomatis akun Googgle kamu akan logout.

 

Cara Logout Akun Google di iPhone dan iPad (iOS)

Bagi kamu pengguna iPhone atau iPad terkadang membutuhkan aplikasi Google atau Gmail untuk bisa mengecek email. Selain itu, akun Google juga kadang digunakan untuk masuk ke aplikasi Google seperti Maps atau YouTube.

Cara logout akun Google di HP iPhone atau iPad adalah sebagai berikut:.

1. Buka aplikasi Gmail

2. Klik opsi menu di kiri atas

3. Klik akun kamu (berbentuk foto)

4. Klik “Kelola Akun” atau “Manage Account”

5. Setelah itu klik “Edit” lalu “Hapus.”

4 dari 5 halaman

Cara Logout Akun Google di Laptop atau PC

Berbeda dengan cara logout akun Google di HP, langkah-langkah logout di PC atau laptop cukup mudah, yaitu:

1. Klik foto profil. Pertama tap foto profil akun Google atau Gmail kamu. Letaknya ada di sudut kanan atas.

2. Kemudian, pilih sign out. Setelah itu akan muncul pop-up, pilih saja Sign Out. Dengan begitu kamu sudah logout dari akun Google atau Gmail.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Akun Google di HP

Jika kamu mau membuat akun Google di di HP, kamu bisa mengikuti cara berikut ini:

1. Cari menu setting atau pengaturan di HP dan acoount atau akun.

2. Pilih add acoount atau tambah akun serta cari ikon Google.

3. Akan muncul pilihan sign in dan create a new account dan pilih create a new account.

4. Isi nama depan dan nama belakang dan isi tanggal lahir dan jenis kelamin.

5. Pilih nama sebagai username kamu, jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka.

6. Selanjutnya adalah memilih password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa! Samakan isian kolom atas dengan bawah.

7. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi, jika kamu ingin mengisinya kemudian klik next, jika tidak kamu klik skip hingga akan muncul kotak Privacy and Terms. Dan kemudian Klik Agree.

8. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password. Kemudian muncul pilihan pembayaran. Kamu bisa melewatinya dengan pilih No Thanks.

9. Aplikasi akan memproses. Setelah itu kamu akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.