Sukses

22 Wisata di Purbalingga, Wisata Seru Bareng Keluarga dan Orang-Orang Tercinta

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah mendengar sebutan Kota Perwira? Ya, Kota Perwira merupakan julukan untuk salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah, yaitu Purbalingga. Julukan ini ada bukan tanpa sebab. Ini karena sejumlah pahlawan nasional disebut berasal dari Purbalingga, salah satu yang paling dikenal adalah Jenderal Besar Soedirman.

Secara geografis Purbalingga berbatasan dengan Pemalang di sebelah utara, Kabupaten Banjarnegara di timur dan selatan serta Kabupaten Banyumas di sisi barat dan selatan. Selain dikenal dengan kota perwira, Purbalingga juga dikenal karena banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Nyatanya, tempat wisata di Purbalingga sangat beragam, mulai dari wisata alam hingga wisata buatan. Beberapa tempat wisata di Purbalingga yang mungkin sering Anda dengar, termasuk Owabong dan Goa Lawa. Kunjungan Anda terasa belum lengkap jika belum mengunjungi dua tempat wisata tersebut.

Tidak hanya itu, masih terdapat banyak tempat wisata di Purbalingga yang bisa Anda kunjungi dengan keluarga Anda. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang berbagai tempat wisata di Purbalingga yang bisa Anda kunjungi, pada Jum’at (21/10/22) :

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Wisata Alam di Purbalingga

1. Goa Lawa

Bagi Anda pecinta petualangan bawa tanah yang, maka Anda tidak boleh melewatkan tempat wisata di Purbalingga yang satu ini. Goa Lawa terbentuk dari pendinginan lava yang terjadi selama bertahun-tahun. Goa yang memiliki panjang sekitar 1.300 meter ini berada di Desa Siwarak, Kecamatan Siwarak, Purbalingga. Anda bisa menikmati suasana gua yang dihiasi oleh lampu-lampu cantik. Selain itu, beberapa spot foto juga disediakan untuk memenuhi kebutuhan konten foto media sosial Anda. Anda dapat sampai di sini dengan melakukan perjalanan hingga satu jam dari pusat Kota Purbalingga.

2. Curug Sumba

Salah satu hidden gem tempat wisata di Purbalingga yang tidak boleh Anda lewati adalah Curug Sumba. Curug sumba memiliki warna air yang biru kehijauan, bersih dan jernih. Pohon-pohon sekitar air terjun juga akan menambah kesejukan yang bisa menghilangkan penat Anda.

3. Curug Silintang

Curug yang memiliki tinggi 75 meter ini memiliki suasana yang asri dan tidak kalah menyejukkan dengan curug lain di Purbalingga. Purbalingga merupakan salah satu daerah yang kaya akan curug atau air terjun sehingga Anda tidak perlu khawatir kekurangan pilihan air terjun ketika berada di sini. Ketika Anda sampai di Curug Silintang setelah berjalan 1 km dari area penduduk, Anda akan disuguhi pemandangan pegunungan dan area persawahan yang sangat menakjubkan. Curug Silintang berada di Desa Tlahab. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di area penduduk sebelum nantinya berjalan selama 15 menit ke air terjun.

4. Curug Tempuran

Masih tentang curug atau air terjun, Curug Tempuran merupakan air terjun selanjutnya yang bisa coba Anda kunjungi. Selain menikmati jernihnya air terjun, Anda juga bisa sambil memancing di sini. Suasana asri nan hijau dari pepohonan dan bebatuan sekitar air terjun akan menambah kenyamanan tersendiri. Curug Tempuran berada di Pengalusan, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Anda bisa menikmati air terjun dengan membayar tiket masuk mulai dari Rp2.000.

3 dari 6 halaman

Wisata Alam di Purbalingga

5. Gunung Slamet

Untuk Anda, terutama para pecinta alam dan mendaki, tentu tempat yang satu ini tidak boleh tidak dikunjungi ketika berada di Purbalingga. Pendakian Gunung Slamet di Purbalingga biasanya diawali dengan berjalan kaki dari Gunung Malang, Desa Serang serta Grumbul Alur Bambangan Desa Kutabawa. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan roda empat lainnya untuk sampai ke titik awal tersebut. Anda tidak akan menyesal ketika sudah sampai di ujung pendakian Gunung Slamet. Pemandangan dan suasana luar biasa akan membayar lunas lelah Anda.

6. Puncak Sendaren

Jika Anda ingin menikmati alam Purbalingga, Anda bisa berkunjung ke Puncakk Sendaren. Dari atas tempat ini Anda akan menyaksikan indahnya alam Purbalingga yang dikelilingi perbukitan hijau. Selain itu, Anda juga harus mengambil foto di jembatan atas awannya. Suasana sejuk di sini akan membuat semua rasa lelah Anda hilang dalam sekejap.

7. Pemandian Situ Tirta Marta

Jika Anda belum cukup puas bermain di berbagai air terjun, Anda dapat mengunjungi Pemandian Situ Tirta Marta. Aliran air yang mengalir di pemandian ini berasal dari mata air langsung yang sangat jernih hingga Anda bisa melihat dasarnya. Pemandian Situ Tirta Marta terletak di Karangcegak, Kutasari, Purbalingga.

8. Bukit Mertelu

Selain Puncak Sanderan, Anda juga dapat menikmati indahnya alam Purbalingga dari Bukit Mertelu. Udara sejuk dan angin yang bertiup lembut akan menyempurnakan momen Anda di Bukit mertelu ini. Bukit Mertelu berada di Sangkanayu, Kecamatan Mrebet, Purbalingga.

9. Bukit Cilik-Igir Wringin

Pemandangan indah dari atas bukit dan berbagai macam spot foto adalah apa yang ditawarkan oleh Bukit Cilik-Igir Wringin ini. Berada  di Desa Panusupan, Kecamatan Rembang suasana di bukit ini juga tidak kalah indah dengan wisata bukit lainnya di Purbalingga.

 

4 dari 6 halaman

Wisata Alam di Purbalingga

10. Desa Wisata Panusupan

Desa Wisata Panusupan berada di Kecamatan Rembang, Purbalingga. Anda harus sampai mengunjungi garu yang berada di atas ketinggian untuk melihat keindahan alam Purbalingga, termasuk air terjunnya. Di sini juga terdapat jembatan cinta dan pusat kerajinan tangan dari bambu. Anda bisa mengunjungi desa wisata di Purbalingga ini, mulai dari pukul tujuh pagi hingga enam sore.

11. Desa Wisata Lembah Asri Serang

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu yang menyenangkan dengan anak-anak, maka Desa Wisata Lembah Asri Serang merupakan salah satu pilihan yang tepat. Tempat wisata di Purbalingga ini, tepatnya berada di Kerajan, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Anak Anda dapat menghabiskan waktu di Dino Land untuk melihat beragam binatang purba serta bermain dengan kelinci dan kuda. Selain itu, Anda dapat menikmati indahnya pemandangan dari Gunung Slamet dengan mengendarai ATV bike, mencoba sepeda air sepeda gantung, flying fox dsb. Sudah terbayang keseruannya, bukan?

 

12. Agrowisata Serang

Agrowisata Serang berada di Desa Krajan, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Anda yang menggemari agrowisata dapat menikmati petik buah strawberry sendiri dan mengabadikan moment di berbagai spot foto menarik. Akan lebih baik jika Anda berkunjung ke sini ketika musim panen tiba.

13. Desa Wisata Gunung Wuled

Desa Wisata Gunung Wuled berada di Rembang, Purbalingga. Anda yang ingin sekali-kali menyatu dengan alam, harus mengunjungi desa wisata yang satu ini. Ini karena salah satunya di Taman Sudirman sebagai spot paling terkenal di Desa Wisata Gunung Wuled menyediakan aktivitas outbond dan camping. Anda juga dapat menikmati indahnya air terjun dan hutan pinus di sini.

5 dari 6 halaman

Wisata Buatan di Purbalingga

14. Jembatan Cinta

Jembatan Cinta merupakan tempat wisata yang masih berada di kawasan Desa Wisata Panusupan. Tempat wisata di Purbalingga yang satu ini merupakan tempat wisata yang populer di kalangan wisatawan, apalagi bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu bersama pasangan. Jembatan yang terbuat dari bambu ini dapat Anda nikmati bersama dengan pemandangan sekitar yang masih alami.

15. Jembatan Pelangi

Jembatan Pelangi berada di Desa Bantar Barang, Rembang, Purbalingga. Seperti namanya, jembatan ini memiliki warna yang beragam seperti pelangi. Anda dapat mengambil foto-foto cantik di sekitar area jembatan ini.

16. Kampung Warna Bobotsari

Masih dengan nuansa warna-warni, obyek wisata di Purbalingga selanjutnya adalah Kampung Warna Bobotsari yang berada di Desa Bobotsari, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga.  Sesampainya di sini, Anda akan melihat rumah-rumah warga yang diwarnai dengan cantik seperti pelangi. Anda dapat memenuhi kebutuhan unggahan media sosial anda dengan berfoto di berbagai lukisan dan gambar di sini. Harga tiket masuk yang perlu Anda bayarkan hanya sekitar Rp3.000.

17. Taman Bunga Kutabawa

Taman Bunga Kutabawa berada di Kutabawa, Karangreja, Purbalingga. Taman bunga yang satu ini bagaikan surga, terutama para pecinta bunga. Di sini Anda dapat melihat banyak jenis bunga yang menyenangkan mata. Beberapa bunga yang ada, termasuk lavender dan petunia. Anda dapat menyusuri area taman dengan berjalan kaki. Suasana sejuk di taman bunga ini akan membuat Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama lagi. Anda dapat menikmati semua keindahan taman mulai dari pukul delapan pagi hingga pukul lima sore.

6 dari 6 halaman

Wisata Buatan di Purbalingga

18.  Kampung Kurcaci

Kampung Kurcaci merupakan tempat wisata instagramable yang berada di kawasan Desa Wisata Serang, Karangreja. Berada di tengah hutan, Anda dapat menikmati suasana rumah dwarfs seperti di film hobbit, lord of the rings bahkan mungkin snow white. Anda dapat mengabadikan banyak foto di rumah-rumah kurcaci, rumah pohon serta mencoba beberapa wahana, seperti flying fox atau high rope.

19. Sanggaluri Park Purbalingga

Tempat wisata di Purbalingga yang selanjutnya adalah Sanggaluri Park Purbalingga. Berada di Kutasari, Purbalingga, Anda dapat memesan outbond kids mulai dari Rp85.000 untuk anak-anak Anda. Hal ini dijamin akan membuat anak-anak senang. Selain itu, Anda juga dapat mencoba kereta mini untuk berkeliling. Tidak cukup dengan outbond, Anda dapat mengajak anak Anda untuk bermain sambil belajar di Kepo Land dan Taman Kelinci.

20. Wisata Edukasi Purbasari Pancuran Mas

Purbasari Pancuran Mas sepertinya menjadi salah satu destinasi wisata edukasi favorit di Purbalingga. Bagaimana tidak, anak-anak yang berkunjung dapat menghabiskan waktu mereka untuk menikmati berbagai hal, seperti planet aquarium, istana burung, diorama satwa dan konservasi rusa. Wisata edukasi yang satu ini berada di Purbayasa, Padamara, Purbalingga.

21. Owabong Water Park Purbalingga

Wisata keluarga yang wajib dikunjungi di Purbalingga selanjutnya adalah Owabong Water Park atau yang juga dikenal dengan Owabong. Wisata air yang satu ini berada di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga. Terdapat banyak sekali wahana yang bisa Anda coba di sini, seperti waterboom, kolam renang, flying fox, gocart, teater 4D, jet coster dsb. Fasilitas yang disediakan di sini juga sudah lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menghabiskan waktu Anda di sini mulai dari pukul enam pagi hingga enam sore.

22. Alun-Alun Purbalingga

Tidak berbeda dari kebanyakan alun-alun kota, Alun-Alun Purbalingga juga menjadi tempat yang banyak dikunjungi, baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Anda dapat mencari berbagai tempat untuk makan sambil berbincang dengan orang-orang terkasih. Anda juga bisa membeli oleh-oleh di sekitar Alun-Alun Purbalingga ini. 

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.