Sukses

Cara Membuat Akun Google dari HP dan PC, Dilengkapi Cara Mengamankan Akun

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat akun google dari HP maupun PC, lengkap dengan cara mengaktifkan sistem keamanannya.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat akun Google sebenarnya sangat mudah. Anda bahkan bisa membuatnya melalui HP atau PC. Memiliki akun google sangat penting sekarang ini, terlebih lagi jika Anda adalah pengguna ponsel android.

Dengan memiliki satu akun google saja, Anda bisa bisa mengakses berbagai layanan yang disediakan google, mulai dari Gmail, Google drive, Google Doc, YouTube, Google Meet, Google Spreadsheet, bahkan Google Ads.

Dengan kata lain, mengetahui cara membuat akun Google akan membuat Anda memiliki satu akun yang bisa digunakan dalam berbagai kepentingan, mulai dari bekerja maupun belajar.

Penting untuk diperhatikan, bahwa sebelum mencoba beberapa cara membuat akun Google yang akan dibahas selanjutnya, pastikan Anda telah menyiapkan perangkat, baik itu HP, PC, atau tablet, yang terhubung dengan jaringan internet.

Jika semua itu telah siap, maka Anda juga sudah siap untuk mengikuti petunjuk cara membuat akun Google, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai, Jumat (21/10/2022), berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Akun Google dari PC

Cara membuat akun google melalui PC merupakan cara yang paling mudah. Yang dibutuhkan tentu saja adalah seperangkat komputer atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet. Lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka browser atau peramban di komputer atau laptop Anda, lalu kunjungi halaman akun Google https://www.google.com/account/about/

2. Kemudian klik "Buat Akun" atau "Creat Account" yang terletak di bagian kanan atas layar laptop/komputer Anda.

3. Kemudian akan muncul tampilan layar yang baru berupa formulir pendaftaran.

4. Isikan data yang sesuai dengan identitas Anda, mulai dari nama depan, nama belakan, nama pengguna atau username, dan password atau sandi. Kemudian klik "Berikutnya" atau "Next."

5. Setelah itu Anda diminta untuk memasukkan nomor handphone Anda untuk verifikasi. Namun langkah ini bersifat opsional, sehingga bisa dilewati atau dilakukan kemudian hari.

6. Akun Google telah selesai dibuat. Kemudian Anda bisa menggunakan akun Google tersebut untuk log in di berbagai layanan Google, seperti Google Play Store, Gmail, YouTube, dan sebagainya.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Akun Google dari HP

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, cara membuat akun Google juga bisa dilakukan melalui HP. Berikut adalah cara membuat akun Google di HP:

1. Buka Menu Pengaturan

2. Ketuk Menu Akun dan cadangan

3. Lalu pilih menu Kelola Akun.

4. Gulir ke bawah dan ketuk Tambah akun. Pilih Google dari daftar. Jika Anda mengaktifkan pengenalan pola/biometrik, Anda harus membuka kunci ponsel terlebih dahulu.

5. Pada layar masuk, ketuk Buat akun, lalu pilih Untuk Saya Sendiri.

6. Anda harus memasukkan informasi pribadi Anda seperti nama, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Ketuk Berikutnya.

7. Anda akan diminta untuk memilih alamat Gmail berdasarkan nama Anda. Anda dapat memilih salah satu saran atau membuat alamat unik. Pilih Berikutnya.

8. Untuk melindungi akun Anda, Anda harus menyiapkan kata sandi yang kuat dan menambahkan nomor telepon Anda ke akun Google Anda. Ini akan berguna untuk menyiapkan otentikasi dua faktor untuk akun Google Anda.

9. Pilih Ya, saya ikut.

10. Anda juga dapat memilih apakah ingin menambahkan nomor hanya untuk tujuan keamanan, atau menggunakannya di seluruh layanan Google.

11. Untuk melakukan ini, ketuk Opsi lainnya dan pilih opsi yang diperlukan.

12. Di halaman berikutnya, baca syarat dan ketentuan layanan dan tekan Saya setuju untuk menyelesaikan proses penyiapan.

4 dari 5 halaman

Aktifkan Sistem Keamanan

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah Anda menyelesaikan cara membuat akun Google. Beberapa hal ini perlu dilakukan agar akun milik Anda lebih aman. Untuk menjaga keamanan informasi Anda, Anda dapat mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA) untuk akun Google Anda.

Saat Anda masuk ke akun Gmail dari perangkat baru, Google akan mengirimkan peringatan keamanan masuk jika mendeteksi kemungkinan aktivitas berbahaya di akun Anda. Ini dirancang untuk menjaga Anda tetap aman dari serangan malware akses tidak sah, dan aktivitas mencurigakan lainnya.

Setelah mengaktifkan 2FA, Anda harus memasukkan kode tambahan setiap kali Anda masuk ke akun Anda dari komputer atau perangkat baru, atau setelah beberapa saat tidak aktif. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang tercantum di bawah ini:

1. Di perangkat Anda, buka Pengaturan > Akun dan cadangan > Kelola Akun.

2. Pilih akun Anda yang baru dibuat dari daftar dan ketuk akun Google.

3. Di tab Beranda, Anda akan diminta untuk mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah. Ketuk Hitung Saya atau "Count Me in."

4. Selanjutnya, buka akun Google Anda di browser ponsel Anda. Klik Mulai.

5. Untuk memastikan Anda menerima kode verifikasi dua langkah, Anda perlu menambahkan nomor telepon ke akun Google Anda. Ketuk Lanjutkan dan tambahkan nomor telepon. Pilih apakah Anda ingin menerima kode 2FA melalui SMS atau telepon.

6. Atau, Anda dapat mengetuk opsi Gunakan Cadangan Lain untuk menerima satu set kode satu kali untuk mengakses akun Google Anda.

7. Masukkan Kata Sandi Satu Kali yang Anda kirim dan ketuk Berikutnya untuk mengaktifkan dan mengaktifkan 2FA.

Anda juga dapat mengakses akun Anda dengan perintah Google di perangkat yang ditautkan. Anda bahkan dapat menggunakan opsi lain yang tersedia seperti layanan autentikator dan kunci keamanan.

5 dari 5 halaman

Tinjau Pengaturan Keamanan dan Izin Aplikasi

Setelah membuat Akun Google, Anda harus secara berkala memeriksa tab Keamanan untuk aktivitas mencurigakan dan memantau akses aplikasi. Berikut adalah beberapa tips:

1. Anda bisa mendapatkan gambaran umum tentang pengaturan keamanan perangkat Anda dengan membuka bagian rekomendasi keamanan dan mengetuk Lindungi akun Anda. Tambahkan email pemulihan di sini.

2. Untuk meninjau aktivitas keamanan Anda, buka Keamanan > Aktivitas keamanan terbaru > Tinjau aktivitas keamanan.

3. Untuk mengelola perangkat tertaut, buka Keamanan > Perangkat Anda > Kelola perangkat.

4. Anda mungkin juga ingin mengelola aplikasi yang telah Anda tautkan ke akun Google Anda. Untuk melakukan ini, buka beranda akun Google> Keamanan> Aplikasi pihak ketiga dengan akses akun. Ini akan membuka daftar aplikasi yang memiliki akses ke akun Anda. Jika Anda mengeklik salah satu aplikasi ini dan menggulir ke bawah, Anda akan melihat izin apa pun yang saat ini tersedia untuk aplikasi tersebut. Anda dapat mencabut izin tersebut dengan mengeklik aplikasi dan memilih Cabut Akses.

Demikian adalah sejumlah cara membuat akun Google lengkap dengan cara mengaktifkan sistem keamanan akun, yang akan membuat Anda lebih aman dalam memanfaatkan sejumlah fasilitas yang disediakan Google.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.