Sukses

15 Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan Tubuh, Atasi Flu Hingga Mencegah Kanker

manfaat tanaman jahe bagi kesehatan tubuh, mulai dari mengurangi gejala flu dan pilek hingga mencegah kanker

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tanaman jahe sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan memang tidak diragukan lagi. menjadi salah satu tanaman rempah yang terkenal, jahe memiliki sejumlah khasiat dan telah digunakan sebagai obat sejak jaman dulu oleh banyak orang.

Manfaat tanaman Jahe yang melimpah ini didapat dari kandungannya yang kaya akan nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh, Jahe digunakan untuk tujuan pengobatan yang berkaitan dengan penyembuhan peradangan, nyeri dan mual. Namun perlu diperhatikan penggunaannya, karena asupan jahe yang berlebihan dapat menyebabkan refluks asam, diare dan iritasi.

Manfaat tanaman jahe bagi kesehatan ini dapat diambil dengan mengolah tanaman jahe menjadi berbagai olahan siap konsumsi, seperti minuman dan makanan. Tanaman jahe juga kerap kali diolah menjadi ekstrak jahe yang dikemas dalam bentuk kapsul maupun tablet.

Menjadi salah satu tanaman herbal yang digemari banyak orang, berikut ini Liputan6.com rangkum dari laman Healthline.com pada Senin (24/10/2022). Tentang manfaat tanaman jahe bagi kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengurangi Pilek dan Flu

Manfaat jahe yang pertama adalah mengurangi pilek dan flu. Musim dingin adalah iklim terbaik untuk menyesap secangkir teh jahe panas dan ini secara otomatis akan menstabilkan kondisi tubuh anda dan membuat anda tetap hangat. Ini memungkinkan anda untuk berkeringat setelah anda mengkonsumsinya dan jahe akan memberikan dampak baik untuk tubuh anda. Jadi, jika anda menderita pilek dan flu yang parah, yang perlu anda lakukan hanyalah menyiapkan teh jahe dan anda akan merasa lebih baik dalam waktu singkat.

 

2. Mengobati Peradangan

Peradangan merupakan hasil dari proses di mana sel darah putih melindungi kita dari infeksi dan virus. Tapi terkadang ini bisa salah sasaran dan menyebabkan nyeri sendi yang parah dan sebagainya. Dalam proses ini, sistem kekebalan tubuh anda mulai menyebabkan kerusakan pada jaringannya sendiri sehingga mengakibatkan peradangan. Jahe terdiri dari komponen anti inflamasi dan antioksidan yang dapat menyembuhkan peradangan.

 

3. Mencegah Kanker

Manfaat tanaman jahe yang selanjutnya adalah untuk mencegah kanker. Menurut sebuah studi oleh British Journal of Nutrition, para peneliti menemukan bahwa jahe sangat efektif dalam memblokir sel kanker prostat dan pertumbuhannya. Selain itu karena sifat anti-inflamasinya, tanaman jahe juga mampu mengurangi risiko terkena kanker.

3 dari 6 halaman

Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

4. Mengobati Nyeri Otot

Jahe dikatakan dapat menyembuhkan nyeri otot dan anda hanya perlu mengkonsumsi 2 gram jahe baik dalam bentuk bubuk atau pasta, anda akan melihat perbedaannya dalam waktu 11 hari. Juga, disarankan agar anda melakukan beberapa latihan siku sederhana untuk mengalami kelegaan yang cepat. Ini mungkin tidak memiliki dampak yang cepat, namun ini adalah cara yang jauh lebih aman di mana anda dapat menghindari efek samping yang ditawarkan obat-obatan.

 

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Meningkatkan fungsi otak menjadi manfaat jahe yang berikutnya. Sifat anti-inflamasi yang tersedia dalam jahe juga dapat membuat anda tetap waspada dan membantu fungsi otak yang baik. Ini pada dasarnya meningkatkan kehadiran pikiran anda. Akar jahe dapat meningkatkan fungsi kognitif sesuai penelitian oleh Pengobatan Pelengkap dan Alternatif Berbasis Bukti.

 

6. Mengobati Gangguan Pencernaan Parah

Gangguan pencernaan parah juga disebut pencernaan kronis atau dispepsia yang melibatkan rasa sakit yang muncul kembali dan ketidaknyamanan parah di bagian atas perut anda. Jika perut anda tidak segera kosong, itu menyebabkan gangguan pencernaan dan jahe skenario ini dapat mengosongkan perut anda lebih cepat dan mencegah gangguan pencernaan. Sup jahe dapat melakukan trik dan dapat membantu anda mengosongkan perut dalam waktu 20 menit setelah dikonsumsi.

4 dari 6 halaman

Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

7. Mengurangi Kadar Kolesterol

Manfaat tanaman jahe yang selanjutnya adalah mengurangi kadar kolesterol. Jahe merupakan salah satu tanaman herbal dapat mengurangi kolesterol yang sering dikaitkan dengan risiko tinggi penyakit jantung. Namun, jika anda ingin menurunkan kolesterol maka anda perlu mempertimbangkan untuk menambahkan 3 gram bubuk jahe ke dalam makanan anda.

 

8. Membunuh Bakteri Jahat

Jahe memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan virus jahat yang banyak terdapat pada struktur sel. Lalu seberapa baik jahe bisa membunuh bakteri jahat hanya dengan mengonsumsinya? Yang perlu anda lakukan adalah menambahkan jahe ke dalam makanan sehari-hari anda dan anda akan melihat perubahannya. Selain itu, jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah maupun dimasak. Sedikit teh jahe bisa membantu.

 

9. Mengurangi Kram Menstruasi

Manfaat jahe juga sering dijadikan obat untuk meredakan kram saat menstruasi. Rasa sakit yang dialami seorang wanita selama siklus menstruasinya kadang tidak tertahankan bagi sebagian orang, tetapi jahe dapat mengatasi rasa sakit itu. Penelitian menemukan bahwa 1 gram jahe sehari dapat meringankan siklus menstruasi jika dikonsumsi terus menerus selama 3 hari.

5 dari 6 halaman

Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

10. Mencegah Mual

Jika anda mengalami sensasi muntah maka anda perlu jahe sebagai obat rumah alami untuk mencegahnya. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengunyah jahe mentah atau menyesap secangkir teh jahe panas dan ini akan menyembuhkan anda dari mual dan mengurangi risiko terkena kanker. Jika anda menderita mual karena mabuk perjalanan, maka jahe juga dapat digunakan untuk meredakan mual yang dirasakan. Bagian terbaik tentang jahe adalah yang terbaik untuk digunakan bahkan ketika anda hamil dan mencegah mual dengan cukup baik.

 

11. Melindungi Hati

Manfaat tanaman jahe yang jarang diketahui oleh orang adalah kemampuannya untuk melindungi organ hati. Jahe melindungi anda dari bahan kimia berbahaya yang dapat melukai hati anda. Jahe juga mengurangi risiko hati anda dari penuaan. Ada logam berat dan obat-obatan yang mengendap di hati anda dan jahe dikatakan dapat menghilangkannya. Yang paling penting itu melindungi hati anda dari kerusakan dan ketakutan.

 

12. Mengobati Osteoarthritis

Osteoarthritis umumnya ditemukan di antara kebanyakan orang tua dimana orang menderita nyeri sendi yang parah dan kekakuan pada sendi. Sebuah penelitian pada 247 orang sebagai sampel dan memberi mereka ekstrak jahe, menemukan bahwa pemberian jahe ini telah menghasilkan pengurangan nyeri sendi. Juga, sedikit jahe, kayu manis dan minyak wijen dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dihadapi oleh osteoarthritis.

6 dari 6 halaman

Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

13. Melindungi Dari Penyakit Alzheimer

Manfaat jahe berikutnya adalah melindungi diri dari penyakit Alzheimer. Jahe dikatakan sebagai agen pencegahan penyakit Alzheimer dan peradangan kronis termasuk anti-penuaan. Ada beberapa penelitian yang telah melakukan penelitian tentang penyakit Alzheimer pada tikus percobaan dan menemukan bahwa jahe adalah pencegahan yang baik untuk orang yang beresiko menderita penyakit Alzheimer.

 

14. Baik untuk Jantung

Jahe baik untuk jantung anda karena mengurangi kolesterol dan menurunkan risiko anda memiliki segala jenis pembekuan darah. Yang paling penting, Jahe juga mengatur kadar gula darah. Jahe di masa depan bisa menjadi obat integral untuk mengobati penyakit jantung. Jadi, sedikit jahe yang ditambahkan ke dalam makanan sehari-hari anda dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

 

15. Melindungi DNA

Manfaat tanaman jahe yang terakhir dan masih jarang diketahui oleh orang adalah kemampuannya melindungi DNA. Jahe melindungi DNA dari kerusakan yang dapat menyebabkan kelainan bentuk pada bayi baru lahir. Selain itu, beberapa peneliti melakukan penelitian terhadap 100 pria subur dimana mereka diberi 500mg bubuk jahe selama 3 bulan terus menerus dan ini telah menghasilkan peningkatan kualitas sperma. Dengan demikian, jahe dikatakan dapat melindungi DNA anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.