Sukses

9 Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Secara Alami di Rumah, Lebih Ampuh

Cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami bisa dijadikan alternatif aman selain mengonsumsi obat.

Liputan6.com, Jakarta Cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami bisa dipraktikkan di rumah. Batuk berdahak biasanya terjadi karena tubuh memang sedang tidak fit. Hal ini tentunya sangat rentan dialami saat musim hujan, karena banyak orang yang mengalami flu dan pilek.

Batuk berdahak tidak hanya terjadi saat kamu mengalami flu dan batuk. Kondisi ini juga dapat muncul disebabkan karena sejumlah kondisi terkait sistem. Batuk berdahak terjadi ketika cairan di saluran napas memicu refleks batuk.

Cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami dilakukan dengan banyak minum air putih hingga minum teh jahe. Batuk berdahak menandakan ada cairan di saluran pernapasan, jadi kondisi ini bisa disembuhkan dengan mengatasi penyebabnya. Batuk berdahak biasanya disebabkan oleh flu, bronkitis, pneumonia, atau asma. 

Cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami bisa dijadikan alternatif aman selain mengonsumsi obat yang dijual bebas di apotek ataupun dengan resep dokter. Namun, jika batuk berdahak yang kamu alami tidak kunjun membaik dengan perawatan rumahan tersebut, segera periksakan tubuh kamu ke dokter.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/10/2022) tentang cara menyembuhkan batuk berdahak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak

Banyak Minum Air Putih

Cara menyembuhkan batuk berdahak yang pertama yaitu dengan banyak minum air putih. Untuk membantu mengencerkan dahak, kamu dapat mengonsumsi banyak cairan yang mungkin bermanfaat untuk mengatasi gejala, di antaranya adalah air putih hangat, teh hangat, sup, jus buah, dan lainnya. Tetap terhidrasi sangat penting ketika melawan infeksi. Ini juga menjaga tenggorokan dari kekeringan dan menjadi iritasi atau meradang. Kamu perlu untuk minum setidaknya 10 gelas air per hari.

Madu

Menggunakan madu adalah salah satu cara menyembuhkan batuk berdahak paling efektif. Selain mengonsumsi banyak air putih, kamu bisa konsumsi madu. Madu adalah bahan alami yang sering dijadikan sebagai obat batuk berdahak.

Manfaat tersebut dimiliki madu, karena penelitian membuktikan bahwa produk lebah tersebut memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Uji klinis kecil juga menemukan bahwa makan 1,5 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur dapat membantu mengurangi batuk dan mendorong tidur nyenyak pada anak-anak.

Buah-buahan dengan Vitamin C

Cara menyembuhkan batuk berdahak juga bisa dilakukan dengan mencukupi kebutuhan vitamin C. Dosis besar vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi virus lebih cepat. Cobalah makan jeruk atau buah-buahan lainnya dua kali sehari sampai gejala membaik.

3 dari 4 halaman

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak

Mandi Air Hangat

Cara menyembuhkan batuk berdahak berikutnya adalah dengan mandi air hangat. Mandilah dengan air hangat agar kamar mandi dipenuhi uap. Berendam atau sekadar diam beberapa menit di dalam ruangan penuh uap bermanfaat bagi tubuh kamu yang tengah mengalami batuk berdahak dan gangguan pernapasan.

Mandi uap dapat membantu melembapkan saluran udara bagian atas. Ini juga dapat membantu memecah lendir di dada. Cobalah untuk tetap mandi atau di kamar mandi beruap setidaknya selama lima menit. Jangan lupa untuk minum segelas air setelahnya untuk "mendinginkan” tubuh dan mencegah dehidrasi.

Teh Jahe

Teh jahe merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai cara menyembuhkan batuk berdahak. Jahe dikemas dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Beberapa cangkir teh jahe per hari dapat membantu meredakan peradangan di tenggorokan sekaligus membuat tetap terhidrasi.

Tinggikan Kepala Ketika Tidur

Batuk berdahak juga dapat diatasi dengan langkah-langkah yang cukup sederhana, seperti memperhatikan kebiasaan saat tidur. Jika lendir di tenggorokan begitu banyak sampai menyebabkan gangguan tidur, cobalah untuk meninggikan kepala saat rebahan dengan menggunakan beberapa bantal. Cara menyembuhkan batuk berdahak ini dapat membantu mengeluarkan dahak dan mencegah munculnya refleks batuk, sehingga tidur malam kamu tidak akan terganggu.

4 dari 4 halaman

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak

Hirup Uap Air Panas

Selain mandi air hangat, kamu juga dapat menghirup uap dari mangkuk yang telah dipenuhi air panas. Cara menyembuhkan batuk berdahak ini dilakukan dengan memposisikan wajah di atasnya dan tutupi kepala dengan handuk. Hirup uap panas yang muncul selama beberapa menit. Jika uap terasa terlalu panas pada wajah, segera hentikan.

Berkumur dengan Air Garam

Cara menyembuhkan batuk berdahak selanjutnya yaitu berkumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu menghilangkan dahak yang menggantung di belakang tenggorokan. Larutan garam juga dapat membunuh kuman dan meredakan sakit tenggorokan.

Humidifier

Cara menghilangkan batuk berdahak berikutnya yaitu dengan menggunakan humidifier. Humidifier akan membantu memproduksi udara yang lembap. Ini sangat membantu di malam hari, ketika tenggorokan mengering secara alami. Tenggorokan kering lebih rentan terhadap iritasi dan peradangan. Dengan humidifier dahak di saluran pernapasan menjadi lebih tipis dan lebih mudah keluar dari paru-paru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.