Sukses

23 Cara Menaikan Berat Badan dalam Waktu Singkat yang Aman

Kumpulan cara menaikkan berat badan yang aman.

Liputan6.com, Jakarta - Cara menaikkan berat badan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Jangka waktu menaikkan berat badan adalah harus disesuaikan dengan target berat badan setiap individu. Pertambahan berat badan ideal yang dianjurkan dan tergolong aman untuk hitungan minggu, 0.25 kg sampai 0.5 kg.

Kemudian, pertambahan berat badan yang dianjurkan dan tergolong aman untuk hitungan bulan, 1 kg sampai 2 kg. Melansir dari Health Line dan Medical News Today, ada dua puluh tiga cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat yang bisa dicoba. Ini termasuk menambah jumlah makan, melakukan perubahan gaya hidup, dan olahraga.

Seseorang yang sedang berproses menaikkan berat badan dengan aman, harus menghitung kalori yang masuk dan keluar. Penambahan berat badan hanya bisa terjadi jika seseorang mendapat asupan kalori lebih banyak dibanding kalori yang dikeluarkan tubuhnya setiap hari. Agar lebih memahami, simak penjelasannya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam dua puluh tiga cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat dan aman, Senin (24/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menaikan Berat Badan dalam Waktu Singkat

Cara menaikkan berat badan bukan hanya mengonsumsi lebih banyak makanan dari biasanya. Health Line merekomendasikan cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat, sebagai berikut:

1. Makan Secara Konsisten 3 Kali Sehari

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah harus dimulai dengan menerapkan konsistensi makan 3 kali sehari. Konsistensi makan 3 kali sehari akan sangat membantu sistem pencernaan memaksimalkan penyerapan nutrisi. Tak hanya mengonsumsi makanan pokok, tetapi cobalah menambah camilan yang padat energi.

2. Mengonsumsi Camilan Padat Energi

Cobalah mengonsumsi camilan untuk bisa menambah berat badan. Cara menambah berat badan dalam waktu singkat dengan makan camilan padat energi adalah jenis bahan makanan tunggal dan bukan makanan cepat saji.

Camilan padat energi ini sangat berperan penting dalam proses menaikkan berat badan. Ini karena camilan padat energi pasti memiliki lebih banyak kalori yang menguntungkan.

Jenis camilan padat energi untuk cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat yang dimaksudkan adalah:

- Kacang-kacangan, seperti almond, kenari, kacang tanah, dan lain-lain

- Buah kering, seperti kismis, kurma, prem dan lain-lain

- Keju

- Minyak zaitun extra virgin

- Biji-bijian utuh seperti gandum dan beras merah

- Daging ayam

- Daging sapi

- Babi

- Kambing

- Kentang

- Ubi

- Selai kacang

- Santan

- dll.

3. Menghindari Rokok

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mulai hindari rokok, ini berlaku bagi perokok aktif dan perokok pasif. Asap rokok tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Seseorang yang bisa menghindari rokok, pasti akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Terhindar dari masalah kesehatan termasuk masalah pencernaan, paru-paru, dan lainnya, sehingga penambahan berat badan lebih mudah didapatkan.

4. Berolahraga Angkat Beban

Melakukan olahraga berbeda daripada biasanya. Cara menambah berat badan dalam waktu singkat, mulailah melakukan olahraga angkat beban. Mengapa ini akan berhasil?

Olahraga angkat beban akan membantu pembentukan massa otot lebih baik dan bukan lemak. Seseorang yang rutin olahraga angkat beban pun biasanya akan makan dengan porsi lebih banyak daripada biasanya.

Cobalah pergi ke pusat kebugaran atau gym, lalu melakukan olahraga angkat beban. Lakukan olahraga angkat beban paling tidak 2 sampai 3 kali setiap minggunya. Agar lebih maksimal lagi, lakukan dengan pelatih.

5. Memperhatikan Waktu Minum

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah sangat penting untuk memperhatikan waktu minum. Ini karena seseorang yang terlalu banyak minum sebelum makan, akan merasa lebih kenyang dan mereka akan cenderung mengurangi porsi makan.

3 dari 4 halaman

Cara Menaikan Berat Badan dalam Waktu Singkat

Apalagi yang bisa diterapkan sebagai cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat? Medical News Today merekomendasikan cara menaikkan berat badan dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori dan tinggi protein.

Cara menambah berat badan ini tergolong efektif menambah massa otot, cocok diterapkan para atlet juga. Ini rekomendasi makanan untuk menaikkan berat badan dalam waktu singkat yang dimaksudkan:

6. Suplemen Protein

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi suplemen protein. Atlet yang ingin menambah berat badan sering menggunakan suplemen protein untuk meningkatkan massa otot.

Mereka mengombinasikannya dengan latihan ketahanan. Suplemen protein tersedia untuk dibeli secara online. Mereka mungkin cara yang murah untuk mengkonsumsi lebih banyak kalori dan menambah berat badan.

7. Mengonsumsi Salmon

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi salmon. Enam ons salmon mengandung sekitar 240 kalori dan salmon juga kaya akan lemak sehat.

Inilah yang menjadikannya pilihan yang baik untuk cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat. Salmon juga mengandung banyak nutrisi, termasuk omega-3 dan protein.

8. Mengonsumsi Buah-buahan Kering

Cara menambah berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi buah-buahan kering. Buah kering kaya akan nutrisi dan kalori, dengan seperempat cangkir cranberry kering mengandung sekitar 130 kalori.

Tertarik mencoba cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat ini? Banyak orang lebih suka nanas kering, ceri, atau apel. Buah kering banyak tersedia secara online, atau seseorang dapat mengeringkan buah segar di rumah.

9. Mengonsumsi Alpukat

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi alpukat. Alpukat kaya akan kalori dan lemak, serta beberapa vitamin dan mineral.

10. Mengonsumsi Cokelat Hitam

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi cokelat hitam. Cokelat hitam disebut sebagai makanan tinggi lemak dan berkalori tinggi.

Makanan sebagai cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat ini pun mengandung antioksidan. Seseorang yang ingin menambah berat badan harus memilih cokelat yang memiliki kandungan kakao setidaknya 70 persen.

11. Mengonsumsi Sereal Bar

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi sereal bar. Batangan sereal dapat menawarkan kandungan vitamin dan mineral sereal dalam bentuk yang lebih nyaman.

Seseorang harus mencari batangan yang mengandung biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Hindari yang mengandung gula dalam jumlah berlebihan. Ini menjadikan cara menambah berat badan menjadi tidak aman.

12. Mengonsumsi Sereal Gandum Utuh

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi sereal gandum utuh. Banyak sereal yang diperkaya dengan vitamin dan mineral. Namun, beberapa mengandung banyak gula dan sedikit karbohidrat kompleks. Ini harus dihindari.

Sebaliknya, cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah pilih sereal yang mengandung biji-bijian dan kacang-kacangan. Ini mengandung kadar karbohidrat dan kalori yang sehat, serta nutrisi seperti serat dan antioksidan.

13. Mengonsumsi Telur

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi telur. Telur adalah sumber protein, lemak sehat, dan nutrisi lainnya yang baik. Sebagian besar nutrisi terkandung dalam kuning telur.

14. Mengonsumsi Lemak dan Minyak

Cara menambah berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi lemak dan minyak. Minyak seperti yang berasal dari buah zaitun dan alpukat, memiliki kandungan kalori dan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung. Satu sendok makan minyak zaitun akan mengandung sekitar 120 kalori.

15. Mengonsumsi Keju

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi keju. Keju adalah sumber lemak, protein, kalsium, dan kalori yang baik. Seseorang yang ingin menambah berat badan harus memilih keju penuh lemak.

4 dari 4 halaman

Cara Menaikan Berat Badan dalam Waktu Singkat

16. Mengonsumsi Yoghurt

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi yoghurt. Yoghurt penuh lemak juga dapat memberikan protein dan nutrisi.

Hindari yogurt beraroma dan yang memiliki kandungan lemak lebih rendah, karena sering kali mengandung gula tambahan. Cobalah menambah yogurt dengan buah atau kacang.

17. Mengonsumsi Pasta

Cara menambah berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi pasta. Pasta dapat memberikan jalur padat kalori dan kaya karbohidrat untuk mendapatkan berat badan yang sehat. Hindari pasta yang diputihkan, dan pilih yang dibuat dengan biji-bijian.

18. Mengonsumsi Susu

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi susu. Susu bisa diandalkan karena menawarkan campuran lemak, karbohidrat, dan protein. Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat dengan susu, menjadi sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, termasuk kalsium.

Kandungan protein susu menjadikannya pilihan yang baik bagi orang yang mencoba membangun otot. Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat ini dibuktikan dalam satu studi. Bahwa setelah latihan ketahanan, minum susu skim membantu membangun otot lebih efektif daripada produk berbasis kedelai.

Sebuah studi serupa tentang cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat, yang melibatkan wanita dalam pelatihan ketahanan menunjukkan hasil yang lebih baik pada mereka yang minum susu setelah berolahraga. Bagi siapa saja yang ingin menambah berat badan, susu dapat ditambahkan ke dalam makanan sepanjang hari.

19. Mengonsumsi Protein Shake

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi protein shake. Protein shake dapat membantu seseorang untuk menambah berat badan dengan mudah dan efisien.

Shake adalah cara menambah berat badan dengan cepat, aman, dan paling efektif membantu pembentukan otot jika diminum sesaat setelah berolahraga. Catat, shake premade sering kali mengandung tambahan gula dan aditif lain yang harus dihindari.

Periksa label dengan hati-hati sebelum mengonsumsinya.

20. Mengonsumsi Nasi

Cara menambah berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi nasi. Secangkir atau semangkuk nasi mengandung sekitar 200 kalori, dan ini sumber karbohidrat yang baik, yang berkontribusi pada penambahan berat badan. Banyak orang merasa mudah memasukkan nasi ke dalam makanan yang mengandung protein dan sayuran.

21. Mengonsumsi Daging Merah

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi daging merah. Mengkonsumsi daging merah telah terbukti membantu membangun otot dan menambah berat badan dengan efektif.

Steak mengandung leusin dan creatine, nutrisi yang memainkan peran penting dalam meningkatkan massa otot. Steak dan daging merah lainnya mengandung protein dan lemak, ini efektif sebagai cara menambah berat badan dengan cepat.

Agar cara menambah berat badan dengan cepat lebih aman dilakukan, disarankan untuk membatasi asupannya, potongan daging merah yang lebih ramping atau kecil membuatnya lebih sehat untuk jantung daripada potongan yang lebih berlemak.

Satu studi tentang cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat ini, menemukan menambahkan daging merah tanpa lemak ke dalam makanan 100 wanita berusia 60-90 tahun membantu mereka menambah berat badan dan meningkatkan kekuatan sebesar 18 persen saat menjalani pelatihan ketahanan.

22. Mengonsumsi Kacang dan Mentega Kacang

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi kacang dan mentega kacang. Mengkonsumsi kacang secara teratur dapat membantu seseorang untuk menambah berat badan dengan aman.

Kacang adalah camilan yang enak dan dapat ditambahkan ke banyak makanan, termasuk salad. Kacang panggang mentah atau kering memiliki manfaat kesehatan paling banyak, termasuk sebagai cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat.

Selai kacang yang dibuat tanpa tambahan gula atau minyak terhidrogenasi juga dapat membantu cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat. Kemudian, satu-satunya bahan dalam mentega ini adalah kacang itu sendiri.

23. Mengonsumsi Roti Gandum Utuh

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah mengonsumsi roti gandum utuh. Roti ini mengandung karbohidrat kompleks, yang dapat meningkatkan berat badan. Beberapa juga mengandung biji, yang memberikan manfaat tambahan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.