Sukses

15 Wisata Jatim Paling Ikonik yang Wajib Dikunjungi, Jangan Sampai Terlewat

Rekomendasi tempat wisata Jatim paling ikonik yang wajib untuk dikunjungi saat berlibur ke Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Jatim merupakan salah satu destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Jatim adalah singkatan dari Jawa Timur, yang merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki tempat wisata yang lengkap. Kawasan ini menawarkan berbagai wisata alam mulai dari pegunungan, pantai, gua, hingga air terjun.

Wisatawan yang menyukai taman bermain juga bisa mengunjungi beberapa lokasi taman bermain yang tersebar di berbagai daerah di Jatim. Menyajikan berbagai destinasi wisata yang beragam, wisata Jatim menjadi salah satu tujuan wisata favorit banyak wisatawan.

Secara umum, hampir setiap kabupaten atau kota di Jawa Timur memiliki destinasi wisata yang luar biasa. Namun secara umum terdapat 15 tempat wisata Jatim yang telah menjadi ikon dari provinsi ini dan merupakan tempat wisata terbaik yang selalu menjadi buruan wisatawan saat liburan.

Untuk referensi anda yang akan berlibur ke kawasan Jawa Timur, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/10/2022) rekomendasi tempat wisata Jatim paling ikonik yang wajib untuk dikunjungi saat berlibur ke Jawa Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Jatim Paling Ikonik Yang Wajib Dikunjungi

1. Gunung Bromo

Wisata Jatim yang pertama adalah Gunung Bromo. Gunung yang terletak di Probolinggo ini menawarkan tiga pesona yang tidak bisa ditolak begitu saja. Yang pertama adalah lautan pasirnya yang luas. Berjalan dari tempat parkir menuju puncak gunung akan membuat Anda merasa seperti berada di tengah gurun pasir.

Gunung Bromo merupakan ikon Jawa Timur yang telah dikenal secara global. Setiap tahun, ribuan turis asing dari Eropa datang ke objek wisata Jawa Timur ini, terutama saat musim panas. Mereka ingin melihat keajaiban Gunung Bromo yang berada di ketinggian 2.329 mdpl dengan mata kepala sendiri.

Kedua, pemandangan jauh yang instagramable. Dari kawasan Penanjakan, anda bisa menyaksikan matahari terbit menembus kabut. Yang ketiga adalah sensasi menunggang kuda di dessert. Jika anda tidak memiliki tenaga untuk melakukan perjalanan, sewalah kuda untuk mencapai kaki bukit kemudian menaiki tangga menuju puncak.

 

2. Jatim Park

Di Jatim Park 1, anda bisa terus bermain sesuka hati dengan setiap wahana yang disediakan. Selanjutnya, di Jatim Park 2, anda bisa menikmati dua atraksi menarik. Pertama, ada Batu Secret Zoo yang berisi banyak satwa dari berbagai belahan dunia. Yang kedua adalah museum hewan yang mengoleksi hewan yang diawetkan untuk tujuan pendidikan.

Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 merupakan taman bermain yang terletak di Kota Batu. Taman bermain ini menawarkan puluhan wahana unik yang cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Dengan tiket masuk Rp100.000 saat akhir pekan dan Rp70.000 saat hari biasa, anda bisa merasakan sensasi liburan yang seru.

 

3. Kawah Ijen

Daya tarik yang ditawarkan destinasi wisata Jatim ini adalah aktivitas penambangan belerangnya yang unik. Ada puluhan orang yang menambang sejak dini hari untuk membawa balok-balok batu belerang menuruni gunung. Selain itu, Kawah Ijen juga memiliki api biru sebagai salah satu fenomena alam terbaik dunia.

Kawah Ijen berhasil menjadi ikon kedua Jawa Timur yang popularitasnya tidak kalah dengan Bali. Berada di sekitar kawasan Banyuwangi, kawah gunung yang terus menerus menghasilkan belerang ini menjadi tujuan para wisatawan yang ingin merasakan pendakian kecil sambil menyaksikan pemandangan alam yang menakjubkan.

Saat fajar menyingsing, area kawah ini memancarkan warna biru seperti api. Untuk menyaksikan fenomena ini, wisatawan harus berangkat pada pukul 01.00 atau 02.00 pagi agar sinar matahari tidak mengaburkan fenomena menakjubkan ini.

3 dari 6 halaman

Wisata Jatim Paling Ikonik Yang Wajib Dikunjungi

4. Pantai Klayar

Wisata Jatim yang selanjutnya adalah Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar menawarkan cipratan air ke udara yang menyenangkan. Saat ombak menghantam karang, tetesan air akan memercik ke udara, sehingga siapa pun yang berdiri di dekat lokasi bisa basah kuyup tanpa harus terjun ke laut.

Wisatawan yang datang ke Pantai Klayar bisa menikmati pemandangan perbukitan karang yang terukir secara alami oleh air dan ombak besar yang sekaligus menciptakan atraksi. Apalagi kawasan sekitarnya masih alami karena pantai ini dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Pantai Klayar ini terletak di Samudera Hindia, sehingga ombaknya sangat ganas dan tidak cocok untuk berenang atau aktivitas laut lainnya.

 

5. Pantai Sukamade

Berbeda dengan pantai lain yang asyik dinikmati di pagi atau sore hari, pantai ini lebih asyik dinikmati saat malam hari. Wisatawan yang datang ke objek wisata Jawa Timur ini akan diajak untuk menemukan penyu yang hendak bertelur di pasir.

Hal yang paling menarik dari kunjungan ke Sukamade adalah perjalanannya yang menantang. Sebelum menuju area mess, wisatawan harus melewati jalan yang penuh bebatuan terjal melewati tengah hutan selama 3-4 jam. Setelah sampai di mess, wisatawan akan istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan malam.

Saat memandu para wisatawan, ranger akan melarang siapapun untuk membawa lampu atau senter. Penjelajahan ini membutuhkan suasana yang remang-remang karena penyu mudah stress dan takut cahaya. Mereka akan berhenti bertelur dan kembali ke laut jika ada suara bising atau cahaya terang.

 

6. Pantai Plengkung

Wisata Jatim yang berikutnya adalah Pantai Plengkung. Selain ombaknya yang besar, Pantai Plengkung juga memiliki pemandangan yang indah. Wisatawan bisa bersantai di tepi pantai atau menginap di beberapa penginapan yang dibangun di sekitar tempat wisata Jawa Timur ini.

Pantai Plengkung atau sering disebut dengan G-Land merupakan pantai yang sangat unik di Banyuwangi. Setiap harinya, puluhan turis datang ke tempat ini untuk berselancar di ombaknya. Ombak di objek wisata Jawa Timur ini dikenal sebagai salah satu ombak terbaik di dunia, sehingga keberadaannya selalu menarik perhatian para peselancar mancanegara.

Pantai Plengkung adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi saat musim panas karena jalannya tidak akan lembut dan ombaknya tidak akan terlalu berbahaya untuk belajar berselancar. Cukup sulit untuk menikmati keindahan pantai ini saat musim hujan.

4 dari 6 halaman

Wisata Jatim Paling Ikonik Yang Wajib Dikunjungi

7. Taman Nasional Baluran

Taman nasional ini terletak di dua wilayah, yaitu Situbondo dan Banyuwangi. Dengan luas 25.000 hektar, taman ini terbagi menjadi beberapa area berbeda. Pertama, ada kawasan pegunungan dengan Gunung Baruan sebagai puncak tertingginya. Lalu, ada hutan musim, hutan bakau di dekat pantai dan sabana.

Daya tarik paling menarik di taman nasional ini adalah sabananya yang luas. Saat musim hujan, kawasan ini akan benar-benar hijau dan dipenuhi banyak satwa liar. Wisatawan yang datang ke destinasi wisata Jawa Timur ini bisa melihat kerbau liar, banteng, coyote, kijang, kijang, dan macan tutul.

Untuk menikmati aneka satwa dan pemandangan alam, wisatawan dapat mengunjungi beberapa pos pengamatan di Batangan, antara lain Bekol yang banyak terdapat burung merak, ayam hutan, dan rusa, Bama yang terletak di dekat pantai, Manting, serta Kalitopo.

 

8. Candi Penataran

Wisata Jawa Timur yang berikutnya adalah Candi Penataran. Yang menarik dari Candi Penataran ini adalah relief yang ada. Ada beberapa cerita yang terukir pada relief tentang Anoman Obong, kehidupan pada zaman kerajaan, dan beberapa relief orang asing. Diyakini bahwa di masa lalu, kerajaan-kerajaan di Nusantara telah menjalin kerja sama dengan negara-negara asing.

Kompleks candi yang dibangun oleh tiga dinasti kerajaan ini merupakan yang terbesar di Jawa Timur. Wisatawan dapat menyaksikan altar utama, bangunan candi naga serta candi angka tahun dan petirtaan yang terletak di belakang.

Untuk masuk ke destinasi wisata Jawa Timur ini, wisatawan tidak dipungut biaya masuk. Wisatawan cukup memberikan donasi seikhlasnya dan mengisi buku tamu. Setiap empat bulan sekali, pertunjukan seni kerap disuguhkan pada malam bulan purnama di tengah pura ini dengan mengundang seniman asing dan lokal dari berbagai penjuru tanah air.

 

9. Situs Kuno Trowulan

Situs ini terletak di pusat kota dan kompleks kunonya tersebar di beberapa tempat. Untuk dapat mengunjungi setiap tempat menarik, anda disarankan untuk datang dengan membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Selain Candi Panataran, situs purbakala paling mempesona di Jawa Timur terletak di Trowulan-Mojokerto.

Dahulu daerah ini merupakan wilayah pemerintahan Majapahit hingga kerajaan runtuh. Banyak situs warisan budaya yang ada di tempat ini, termasuk candi, kolam pemandian (kolam segaran), dan gapura yang diyakini menunjukkan rumah Gadjah Mada.

Selain memiliki berbagai situs budaya, Pemerintah Kota Mojokerto juga menjadikan desa di dekat candi sebagai lokasi wisata. Sebuah ruangan yang mirip dengan bangunan kuno dibangun di bagian depan rumah penduduk setempat yang dapat digunakan sebagai toko atau tempat bersantai bagi wisatawan jika lelah menjelajahi Trowulan.

5 dari 6 halaman

Wisata Jatim Paling Ikonik Yang Wajib Dikunjungi

10. Air Terjun Madakaripura

Wisata Jatim yang selanjutnya adalah Air Terjun Madakaripura. Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu objek wisata terbaik yang dimiliki oleh Probolinggo selain Gunung Bromo. Air terjun yang tinggi dan megah ini menawarkan keindahan perbukitan hijau yang ditumbuhi lumut, udara lembab yang mengalir di air terjun, dan ruang antar tebing yang cocok untuk berfoto.

Selain pemandangan dan bentang alamnya, hal yang paling menarik dari air terjun ini adalah legendanya. Di masa lalu, diyakini bahwa air terjun ini digunakan oleh Patih Gajah Mada yang sakti untuk bersemedi dan menerima Moksha. Namun, dia hilang di tempat ini dan tidak pernah ditemukan sejak itu. Berdasarkan kisah ini, sebuah patung besar Gadjah Mada dibangun di depan gerbang air terjun ini.

 

11. Air Terjun Coban Rondo

Air terjun yang berikutnya terkenal dengan pemandangannya yang menawan. Kawasan ini dipenuhi dengan hutan lebat karena terletak di kaki gunung. Hewan liar seperti kera, terkadang turun di pagi atau sore hari mencari makan atau menunggu turis yang sering memberi mereka makan.

Air Terjun Coban Rondo merupakan destinasi utama di Batu selain berbagai taman bermainnya. Terletak di lereng gunung, air terjun ini menawarkan tiga pesona bagi para pengunjungnya. Pertama, tentu saja cipratan airnya dari atas bukit memberikan efek embun yang segar meski suhu tengah hari terik.

Terakhir adalah kawasan mancakrida. Dimana para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dapat mengikuti kegiatan outdoor yang seru. Tersedia flying fox, panjat pohon, dan permainan lain yang membutuhkan kelincahan. Dan juga, labirin yang cocok untuk kegiatan hunting foto tersedia tidak jauh dari lokasi utama.

 

12. Gua Gong

Gua Gong adalah gua terindah di Asia Tenggara yang menawarkan keindahan stalaktit dan stalagmit serta ukiran alam di dalamnya. Wisatawan yang ingin menikmati objek wisata Jawa Timur ini harus membayar retribusi sebesar Rp5.000. Selain itu, pengunjung bisa menyewa senter seharga Rp5.000 karena bagian dalam goa sangat gelap.

Dengan memasuki gua, wisatawan dapat menyaksikan beberapa stalaktit dan stalagmit yang sangat besar. Batuan yang terbentuk selama jutaan tahun ini diberi nama dengan nama Jawa seperti Selor Giri, Selo Pakuan Buwono dan Selo Bantara Angin agar lebih menarik dan mengandung makna magis.

Sesuai dengan namanya, beberapa bagian batu gua akan mengeluarkan suara yang keras jika dipukul. Suara gong yang keras akan menggema sehingga terdengar seperti pertunjukan gamelan. Tak heran jika kawasan goa yang luas ini pernah dijadikan tempat konser musik empat negara.

6 dari 6 halaman

Wisata Jatim Paling Ikonik Yang Wajib Dikunjungi

13. Wisata Bahari Lamongan

Wisata Jawa Timur yang selanjutnya adalah Wisata Bahari Lamongan. Karena letaknya yang dekat dengan pantai, sebagian besar wahana di tempat wisata Jawa Timur ini berhubungan dengan air. Wisatawan bisa bermain di kolam dengan berbagai perosotan, naik kano di pantai, dan masuk ke rumah hantu yang menakutkan untuk menguji nyali.

Selanjutnya, kawasan ini juga memiliki museum kupu-kupu yang menyimpan berbagai koleksi serangga dari berbagai daerah di Indonesia. Lamongan terletak di daerah pesisir, sehingga udara di daerah ini cukup panas. Namun, ribuan orang datang ke tempat ini setiap hari untuk menikmati keseruan Wisata Bahari Lamongan atau WBL.

Tiket masuk WBL seharga Rp100.000 pada akhir pekan dan Rp70.000 pada hari kerja. Dengan ticker ini, wisatawan dapat menikmati setiap wahana yang tersedia mulai pukul 08.30 hingga fasilitas tutup pukul 16.30. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh lezat saat berkunjung ke WBL, seperti Wingko Babat.

 

14. Gili Labak

Gili Labak dapat diakses melalui perahu motor dengan biaya sewa Rp350.000 per 15 orang. Setelah mengunjungi kawasan Kalianget, wisatawan dapat menyaksikan laut biru dan jernih serta pulau kecil yang terdiri dari pasir putih lembut.

Setelah mengelilingi kawasan pulau induk, kini kita akan melanjutkan ke kawasan Madura yang ternyata menawarkan destinasi menarik. Di daerah Sumenep terdapat sebuah pulau bernama Gili Labak yang keindahannya menyamai Gili Trawangan yang ada di wilayah Lombok Nusa Tenggara Timur.

Di objek wisata Jawa Timur ini, wisatawan dapat melakukan aktivitas menarik seperti berenang di air yang tenang, berjalan-jalan di sekitar pulau yang tidak begitu besar, dan snorkeling untuk menikmati keindahan terumbu karang. Gili Labak adalah alternatif wisata pulau yang menarik dan tenang di Jawa Timur, bahkan di Indonesia.

 

15. Museum Angkut

Wisata Jatim yang terakhir adalah Museum Angkut. Museum Angkut ini masih berada dalam kawasan Kota Batu sebagai pusat pariwisata Jawa Timur. Tempat wisata Jawa Timur ini menawarkan berbagai koleksi kendaraan untuk transportasi dari zaman dahulu hingga zaman modern.

Terdapat koleksi sepeda, sepeda motor, mobil, dan miniatur pesawat yang dipamerkan untuk menarik banyak wisatawan. Selain menawarkan berbagai koleksi kendaraan, museum yang dibangun di atas lahan seluas hektar ini juga memiliki bagian bertema. Bagian tertentu dari museum ini dirancang agar mirip dengan kawasan Hollywood dan Eropa Kuno.

Dengan koleksi kendaraan lebih dari 300 buah dan arsitektur yang memukau, museum angkut ini cocok dijadikan sebagai spot fotografi. Setiap harinya, ratusan orang berburu foto spot-spot menarik atau selfie bersama teman-teman dan keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.