Sukses

6 Cara Mengisi Token Listrik Prabayar, Mudah dan Praktis Lewat E-commerce

Cara mengisi token listrik dengan mudah dan tanpa ribet.

Liputan6.com, Jakarta Tak dapat dipungkiri bahwa listrik adalah salah satu kebutuhan yang memang diperlukan manusia, dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kondisi ini, membuat manusia secara tidak langsung memiliki ketergantungan terhadap penggunaan listrik. Peran pemerintah pun sangat berguna untuk penyediaan listrik, serta berusaha memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. Bagi pelanggan listrik prabayar, cara mengisi token listrik menjadi rutinitas yang sangat penting. 

Saat ini PLN memiliki layanan unggulan listrik prabayar yang dinamakan Listrik Pintar, di mana layanan listrik prabayar ini, mulai dikenalkan pada 2006 dan sekarang sudah banyak orang yang menggunakannya. Karena beberapa keunggulan yang memungkinkan pelanggan untuk mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai kebutuhan, maka perlu juga untuk mengisi token sebelum penggunaan. Cara mengisi token listrik sekarang mudah, dengan beberapa aplikasi seperti Dana, Ovo, Gopay, serta Tokopedia. 

Cara mengisi token listrik juga sangat mirip dengan pengisian pulsa telepon seluler, sehingga pelanggan dengan mudah bisa mengisinya. Sekarang PLN juga menyediakan aplikasi PLN Mobile yang memudahkan pelanggan listrik, di mana melalui aplikasi ini, maka dapat mengintegrasi semua layanan PLN baik itu membeli token listrik, membayar tagihan, hingga mengadukan klaim dan menambah daya.

Berikut ini cara mengisi token listrik yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/10/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengisi Token Listrik

1. Cara Mengisi Token Listrik lewat E-commerce

Cara mengisi token listrik yang pertama, bisa melalui beberapa E-commerce, yang memang memiliki fitur penyedia token listrik

- Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah, pastikan kamu memiliki beberapa aplikasi seperti Gojek, Shopee, Tokopedia, OVO, dan DANA. 

- Setelah itu, pilih salah satu, lalu buka aplikasi E-commerce yang diinginkan.

- Langkah ketiga, cari menu Tagihan dan pilih PLN atau Listrik/PLN.

- Masukan berapapun pilihan nominal pembelian yang diinginkan, lalu Anda tinggal masukkan nomor ID Pelanggan atau meteran.

- Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah Klik Lanjutkan dan pilih metode pembayaran. Setelah itu, nomor token akan muncul dan Anda bisa mengisi token listrik dirumah. 

2. Cara Mengisi Token Listrik dengan Mobile Banking 

Cara mengisi token listrik selain dari E-commerce, Anda juga bisa menggunakan mobile banking seperti BCA, BRI, BNI. Langkahnya juga mudah dan aman untuk dilakukan. 

- Langkah pertama kunjungi ATM bank yang Anda inginkan, baik itu Mandiri, BCA, BNI maupun BRI terdekat.

- Pilih multi payment dan ketik 30300 di (Mandiri), Pilih voucher isi ulang (BCA), Pilih pembayaran dan pilih PLN (BNI)

- Setelah itu, masukan nomor ID pelanggan atau nomor meter, maka struk akan tercetak. Dalam struk itu, tersedia nomor token listrik yang bisa Anda gunakan. 

 

 

3 dari 5 halaman

Cara Mengisi Token Listrik

3. Cara Mengisi Token Listrik  dengan Aplikasi PLN Mobile

Cara mengisi token listrik bisa dengan mudah melalui aplikasi PLN Mobile, di mana aplikasi ini mengintegrasi semua layanan PLN. Anda juga bisa membeli token listrik, membayar tagihan, hingga mengadukan klaim dan menambah daya.

- Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah, buka aplikasi PLN Mobile di HP.u

- Setelah aplikasi terbuka, Anda bisa masuk Beranda, dan pilih menu Pembayaran.

- Langkah berikutnya, Anda bisa Klik "Informasi Tagihan dan Token Listrik"

- Setelah itu, Anda bisa memasukkan nomor ID Pelanggan atau nomor meteran.

- Pilih nominal pembelian pulsa yang diinginkan, lalu klik OK/YES untuk mengonfirmasi pembelian.

- Setelah semua langkah ini, akan muncul nomor token yang Anda inginkan, sehingga dengan mudah bisa masukan ke meteran listrik Anda. 

4. Cara Mengisi Token Listrik lewat Indomaret & Alfamart 

Cara mengisi token listrik juga bisa mengunjungi gerai Indomaret dan Alfamart terdekat.

- Langkahnya cukup mudah, Anda tinggal mendatangi kasir, kemudian sampaikan maksud Anda.

- Setelah itu, Anda diminta untuk membacakan nomor ID pelanggan yang sudah kamu siapkan dan sebutkan nominal pengisian pulsa.

- Setelah melakukan pembayaran, maka nomor token listrik akan Anda peroleh dan bisa dimasukan ke meteran listrik. 

4 dari 5 halaman

Cara Mengisi Token Listrik

5. Cara Mengisi Token Listrik dengan Aplikasi DANA

Cara mengisi token listrik Kamu juga bisa membeli token listrik di aplikasi dompet digital seperti DANA, yang memang diperlukan untuk transaksi nontunai dan nonkartu.

- Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka aplikasi DANA yang Anda miliki, namun jika belum maka unduh di Play Store atau App Store.

- Setelah itu, buka aplikasi dan pilih menu listrik yang telah tersedia.

- Langkah selanjutnya, akan muncul tipe layanan, Anda bisa pilih tipe layanan Prabayar.

- Masukkan Nomor Pelanggan atau nomor meteran, dan pilih nominal token.

- Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran, dan selesaikan transaksi.

- Jika berhasil, akan muncul 20 digit kode token listrik (stroom/token) yang bisa Anda gunakan nanti.

6. Cara Mengisi Token ke Meteran Listrik

- Cara mengisi token listrik langsung ke meteran listrik, bisa langsung ketikkan 20 angka token listrik lalu tekan tombol enter.

- Saat memasukan nomor token ke meteran, jika salah mengetikkan kode token, cukup hapus dengan menekan tombol backspace.

- Setelah memasukkan semua akan, maka Anda hanya perlu menekan enter, dan muncul tulisan Accept atau benar, maka jumlah nilai kwh dan daya yang Anda beli, bisa muncul pada layar MPB.

 

 

5 dari 5 halaman

Ketentuan Penggunaan Listrik Prabayar

Token atau pulsa listrik terdiri dari 20 digit angka yang bisa Anda masukan ke dalam kWh Meter khusus yang disebut Meter Prabayar (MPB). Selain itu, tersedia juga beberapa informasi yang bisa Anda peroleh saat menggunakan listrik pintar ini. 

Adanya informasi jumlah energi listrik (kWH) yang dimasukkan (diinput), yang mencakup:

- Jumlah energi listrik yang sedang terpakai saat ini (secara real time).

- Jumlah energi listrik yang masih tersisa.

- Jumlah energi listrik (kWH) yang sudah terpakai selama ini

Adanya persediaan kWh, maka Anda bisa menambahkan berapa saja dan kapan saja sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan. Jika energi listrik yang tersimpan di MPB sudah hampir habis, maka MPB akan memberikan sinyal awal agar segera dilakukan pengisian ulang. Pelanggan juga akan mengetahui secara persis dan real time penggunaan listrik di rumah setiap saat dan kapan saja, sehingga Anda yang memiliki kontrol dalam penggunaan listrik di rumah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.