Sukses

10 Objek Wisata Malang Paling Hits dan Favorit untuk Berlibur

Batu Flower Garden merupakan objek wisata Malang yang menawarkan pemandangan hamparan bunga cantik.

Liputan6.com, Jakarta Malang menjadi salah satu kota wisata ternama yang berada di Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya warga Jawa Timur, objek wisata Malang juga menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan wisatawan mancanegara.

Letak geografisnya yang berada di dataran tinggi, membuat Malang memiliki hawa yang relatif sejuk. Hawa sejuk menjadi nilai tambah objek wisata Malang di mata wisatawan. Kota yang terkenal dengan bahasa walikan-nya menepati posisi kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya.

Pilihan objek wisata Malang terbilang lengkap, mulai dari objek wisata alam, kuliner, budaya, sampai pendidikan. Wisatawan tinggal menyesuaikan rencana wisata diperuntukan untuk keluarga atau teman-teman. Berikut objek wisata Malang yang menjadi tempat favorit untuk berlibur yang telah Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber, Rabu (26/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Objek Wisata Malang: Agrowisata

Salah satu objek wisata Malang yang menjadi primadona adalah objek wisata agro. Tanahnya yang subur dan iklim malang sangat mendukung pertumbuhan berbagai jenis tanaman sehingga dapat dimanfaatkan oleh pengelola objek wisata agro.

1. Batu Flower Garden

Batu Flower Garden merupakan objek wisata Malang yang menawarkan pemandangan hamparan bunga cantik. Lokasinya berada di area yang sama dengan air terjun Coban Rais. Posisi nya yang berada di kaki Gunung Panderman membuat tempat wisata ini memiliki kontur yang berbukit-bukit. Oleh pengelola Batu Flower Garden kondisi tanah yang berbukit-bukit ini dimanfaatkan untuk membuat spot foto rumah hobbit.

Selain spot foto, Batu Flower garden juga dilengkapi berbagai wahana, seperti sky bike, sky swing, dan hammock. Objek wisata ini beroperasi dari pukul 08.00 sampai 17.00. Harga tiket masuknya sebesar 25.000 rupiah, untuk wahana akan dikenakan tiket terpisah. 

2. Kebun Teh Wonosari

Kebun teh Wonosari merupakan kebun teh peninggalan Kolonial Belanda. Berlokasi di lereng Gunung Arjuno memiliki tanah dan iklim yang cocok untuk budidaya teh. Kebun teh yang awalnya hanya difungsikan sebagai tempat menanam teh kemudian diubah menjadi tempat wisata karena memiliki pemandangan yang menyejukkan mata. 

Hamparan pohon teh berwarna hijau di atas dataran tinggi menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Selain itu, wisatawan juga dapat mempelajari proses pembuatan teh dari mulai proses memetik pohon sampai siap disajikan di cangkir. 

Dibangun oleh Belanda pada tahun 1910, kini kebun teh Wonosari menjadi salah satu destinasi agrowisata yang sedang hits di kalangan warga kota Malang. Berada di lereng Gunung Arjuno, kebun teh ini awalnya hanya kebun teh biasa, tapi karena pemandangannya yang indah akhirnya banyak orang yang tertarik datang untuk menikmati pemandangan, dan berfoto di sekitar kebun teh.

Kalau kamu ke Malang, jangan lupa datang ke kebun teh Wonosari, ya! Gak cuma buat jalan-jalan dan berfoto, kamu juga bisa belajar cara memproduksi teh dari mulai memetik sampai mengolahnya menjadi teh kemasan. Kebun teh Wonosari dapat dikunjungi wisatawan pada pukul 07.00 sampai 17.00 dengan tiket masuk seharga 15.000 rupiah. 

3. Highland Pujon Strawberry

Wisata petik buah strawberry juga menjadi primadona objek wisata Malang. Highland Pujon Strawberry menawarkan wisata agro yang memungkinkan wisatawan mencoba memetik buah strawberry sendiri. Dengan membayar tiket masuk sebesar 55.000 rupiah wisatawan akan disuguhi welcome drink berupa jus strawberry segar dan dapat memetik buah strawberry sendiri. Jika ingin membawa pulang strawberry hasil petikan, wisatakan cukup membayar 15.000 untuk satu kilo strawberry. 

4. Kusuma Agrowisata

Selain Highland Pujon Strawberry, ada tempat lain yang menawarkan wisata petik buah yaitu Kusuma Agrowisata yang berlokasi di lereng Gunung Panderman. Tidak hanya strawberry, agrowisata pertama di Indonesia ini menyediakan berbagai jenis buah, seperti buah naga, apel, jambu, dan jeruk.

Selain wisata petik buah Kusuma Agrowisata juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan, seperti airsoft gun, waterpark, outbond, dan permainan lainnya. Tiket masuk Kusuma Agrowisata seharga 25.000 rupiah, jika ingin memetik buah pengunjung akan dikenakan biaya tambahan sebesar 25.000-115.000 tergantung jenis buah dan paket buah yang dipilih. 

3 dari 4 halaman

Objek Wisata Malang: Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu kota tanpa mencicipi makanan khasnya. Selain tempat wisatanya yang beragam kuliner Malang juga merupakan daya tarik bagi Wisatawan.  

1. Pos Ketan Legenda

Salah satu kuliner yang kerap diincar wisatawan yang mengunjungi Malang adalah Pos Ketan Legenda. Kedai kudapan berbahan ketan ini sudah berdiri sejak tahun 1967. Selain karena rasanya yang enak, letaknya yang strategis di dekat alun-alun Batu membuat kedai ini selalu ramai pengunjung. 

Kedai Pos Ketan Legenda buka dari pukul 10.00 sampai 02.00. Jam bukan yang sampai dini hari membuat kedai ini menjadi tempat nongkrong favorit bagi muda-mudi Kota Malang dan sekitarnya. 

2. Bakso President

Jika mengunjungi Malang, Bakso President menjadi destinasi wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Lokasinya berada di dekat rel kereta menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ketika sedang ada kereta yang melintas pengunjung warung bakso ini dapat merasakan getaran yang diakibatkan oleh kereta.

Rasa dari Bakso President sendiri memang terbilang enak. Selain itu varian yang ditawarkan juga beragam. Untuk dapat mencicipi Bakso President satu mangkuknya dijual dengan harga 15.000 sampai 25.000.

3. Pecel Kawi

Pecel merupakan jenis hidangan yang sangat akrab dengan warga Jawa Timur sebagai menu sarapan. Di Malang salah satu penjaja pecel yang terkenal adalah Pecel Kawi yang sudah menjajakan pecel sejaK tahun 1975. Daya tarik dari warung ini adalah pilihan lauknya yang beragam, mulai dari tempe, ayam, jeroan, hingga empal yang gurih. Menjadi penyeimbang bumbu pecel yang cenderung manis. Satu porsi pecel dijual dengan harga 20.000 rupiah.

4. Rawon Nguling

Hidangan rawon juga merupakan hidangan yang akrab di lidah orang Jawa Timur. Rawon Nguling adalah rumah makan  makan yang menyajikan menu rawon sebagai menu utamanya. Hal yang membedakan Rawon Nguling dengan rawon di tempat lain adalah potongan dagingnya yang besar dan empuk. Satu porsi Rawon Nguling di jual dengan harga 40.000 rupiah. Selain rawon rumah makan ini juga menawarkan menu tempe penyet, perkedel, tempe goreng, dan telur asin sebagai pendamping makan rawon. 

4 dari 4 halaman

Objek Wisata Malang: Theme Park

Batu Malang dikenal dengan surganya theme park atau taman hiburan. Tempat tempat ini juga menjadi primadona objek wisata Malang yang sering dikunjungi.

1. Jatim Park 1, 2, 3

Jatim Park merupakan taman bermain yang sangat tersohor di Jawa Timur. Jatim Park 1 adalah taman bermain yang pertama kali dibangun oleh Jatim Park Group. Jatim Park mengusung konsep taman bermain yang dipadukan dengan taman edukasi.  Wahana yang disediakan berupa wahana bermain dan edukasi, seperti Happy Boat, Convoy Car, Pendulum, Flying Tornado, Science Center, Taman Sejarah, Museum Tubuh The Bagong Adventure, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk Jatim Park 1 adalah 100.000-160.000 rupiah.

Kesuksesan Jatim Park 1 mendorong pengelola Jatim Park membuat Jatim Park 2. Konsep yang diusung Jatim Park 2 berbeda dengan Jatim Park 1. Jatim Park 2 lebih berfokus pada edukasi tentang beraneka satwa dari berbagai daerah di Indonesia dahkan dari mancanegara. Koleksi Jatim Park 2 ada yang berupa satwa yang masih hidup dan ada pula yang sudah diawetkan. Harga tiket masuk Jatim Park 2 adala 140.000-160.000 rupiah.

Pengelola Jatim Park kemudian membangun Jatim Park 3. Konsep yang diusung Jatim Park 3 sebetulnya sama dengan Jatim Park 1, hanya saja Jatim Park 3 menghadirkan suasana seperti negara lain bahkan zaman lain.  Jatim Park 3 terbagi beberapa bagian, seperti Dino Park, The Legend Star, Funtech Plaza, Museum Musik Dunia, Millennial Glow Garden, dan Predator Fun Park. Harga tiket Jatim Park 3 adalah 80.000-150.000 rupiah.

2. Batu Night Spectacular

Berbeda dengan theme park yang lain Batu Night Spectacular atau BNS mengusung tema pasar malam. Seperti temanya, taman bermain satu ini mulai beroperasi saat sore hari. Wahana yang disediakan juga seperti wahana yang ada di pasar malam seperti spot foto dengan background lampu, bianglala, dan komidi putar. Harga tiket masuk BNS adala 40.000-50.000 rupiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.