Sukses

5 Ciri-ciri Ikan yang Umum Dimiliki, Pahami Juga Klasifikasinya

pengertian Ikan, Ciri-ciri Ikan dan pembagian klasifikasinya.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat beberapa ciri-ciri ikan yang umum ditemui. Ikan merupakan salah satu hewan yang kerap kali kita jumpai di lingkungan sekitar. Baik ikan yang dipelihara maupun yang dikonsumsi memiliki sejumlah ciri-ciri ikan yang bisa dilihat secara langsung dan dipelajari.

Ikan merupakan anggota kelompok hewan yang memiliki struktur tulang belakang. Termasuk dalam kelompok hewan vertebrata, ikan memiliki ragam dan jumlah spesies terbanyak, yang tersebar di seluruh dunia. Setiap spesies ikan memiliki ciri masing-masing, namun dapat dipastikan bahwa mereka memiliki ciri-ciri ikan secara umum.

Ikan adalah organisme air berdarah dingin yang memiliki insang dan tidak memiliki anggota badan. Dalam hierarki taksonomi, ikan termasuk dalam kingdom Animalia, filum Chordata, dan kelas Pisces. Sebagian besar ikan hidup di air asin dan sebagian lainnya adalah ikan yang hidup di habitat air tawar, termasuk trout dan lele.

Untuk lebih mengenal tentang hewan ikan, berikut ini Liputan6,com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/10/2022). Tentang pengertian ikan, ciri-ciri Ikan dan pembagian klasifikasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ikan Adalah

Ikan Adalah 

Ikan adalah vertebrata air yang memiliki sirip, bernapas melalui insang, dan yang pelengkapnya tidak memiliki jari. Istilah 'ikan' digunakan untuk satu atau beberapa individu dari suatu spesies, sedangkan istilah 'ikan' secara kolektif digunakan untuk individu dari spesies yang berbeda.

Sirip dan insang adalah ciri khas ikan yang membedakannya dari semua kelas vertebrata lainnya. Kebanyakan ikan ektotermik, membuahi secara eksternal, dan bertelur. Kebanyakan dari mereka memiliki sisik, tubuh ramping, dan kerangka tulang atau tulang rawan. 

Faktanya, ada banyak spesies ikan dibandingkan dengan gabungan semua vertebrata lainnya. Dari hampir 50.000 spesies hewan bertulang belakang, sekitar 4.500 adalah mamalia, 9.700 adalah burung, 6.500 adalah reptil, 4.000 adalah amfibi, dan 25.000 adalah ikan. 

Meskipun angka-angka ini berubah ketika spesies baru ditemukan, ikan baru ditemukan lebih sering daripada vertebrata baru lainnya yang ditemukan. Ketika para ilmuwan membuat penemuan baru, diperkirakan jumlah spesies ikan akan melebihi jumlah vertebrata lain bahkan lebih.

Dengan begitu banyak hewan yang diidentifikasi sebagai ikan, tidak mengherankan jika mereka datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan dapat ditemukan di berbagai habitat. Ikan dapat hidup di kedalaman lautan, baik di air hangat dan dingin.

3 dari 4 halaman

Klasifikasi Ikan

Klasifikasi Ikan

Ikan termasuk dalam kingdom Animalia, filum Chordata, dan kelas Pisces. Ikan kemudian dapat diklasifikasikan lebih lanjut ke dalam 3 kategori berbeda. yaitu:

1. Kelas Super Agnatha

Kelas ini memiliki spesies paling primitif seperti lamprey dan hagfish. Ini adalah ikan tanpa rahang dan tidak memiliki bagian mulut yang dapat digerakkan, sehingga mereka menelan makanan dengan mengisap. Mereka memiliki notochord bukan kolom vertebral yang tepat. Mereka memiliki insang besar, tubuh berlendir tanpa sisik, dan hidup sebagai parasit atau pemulung. Mereka adalah fosil hidup dengan catatan fosil tertua mereka yang berasal dari sekitar 400 juta tahun yang lalu.

2. Kelas Chondrichthyes

Ini berisi spesies ikan hiu, pari, sepatu roda, dan chimaeras. Spesies ini memiliki kerangka yang terbuat dari tulang rawan, bukan tulang untuk fleksibilitas yang lebih besar. Kerangka mereka terdiri dari tengkorak, rahang, sirip berpasangan, dan lubang hidung. Di atas tulang rawan, ada mosaik butiran kalsium karbonat yang hanya ditemukan di Chondrichthyes. Ikan-ikan ini dibagi menjadi dua subclass:

-  Holocephali: Ikan yang termasuk dalam subkelas ini termasuk chimeras. Ciri khas mereka adalah tidak adanya sisik, hanya sepasang celah insang, dan rahang bawah sebagai satu-satunya rahang yang dapat digerakkan. Mereka adalah penghuni bawah dan pengumpan bawah.

- Elasmobranchii: Ikan-ikan di subkelas ini memiliki rahang atas yang terlepas dari tengkoraknya. Mereka memiliki tubuh pipih dorsoventral, sisik plakoid, dan lima pasang atau lebih celah insang. Ikan pari dan sepatu roda berenang dengan bantuan sirip dada yang membesar dan hiu kebanyakan menggerakkan gerakan mereka dengan ekornya.

3. Kelas Osteichthyes

Klasifikasi ikan di kelas Osteichthyes Ini berisi dua subkelas utama, yaitu Sarcopterygii, atau ikan bersirip lobus, dan Actinopterygii, atau ikan bersirip pari. Coelacanth dan lungfish adalah dua jenis Sarcopterygii. Actinopterygii termasuk infraclass Teleostei, kelas vertebrata dengan jumlah spesies hidup terbanyak.

4 dari 4 halaman

Ciri-ciri Ikan Secara Umum

Ciri-ciri Ikan Secara Umum

Terlepas dari ribuan spesies berbeda dengan kemampuan adaptasi yang berbeda, semua ikan memiliki sejumlah ciri umum yang membantu mereka berkembang di wilayah perairan. Berikut adalah daftar ciri-ciri umum ikan:.

1. Semua Ikan Berdarah Dingin

Semua ikan berdarah dingin, yang juga disebut ektotermik. Ini berarti bahwa ikan tidak dapat mengatur suhu tubuhnya, hanya mengandalkan lingkungan luar untuk pengaturan suhu. Suhu tubuh ikan berubah seiring dengan perubahan suhu lingkungan.

Banyak spesies ikan sangat sensitif terhadap perubahan suhu ini dan hanya dapat hidup pada suhu air tertentu. Spesies lain mampu bertahan hidup dalam rentang suhu yang lebih luas. Suhu tubuh ikan berfluktuasi sesuai dengan suhu air di sekitarnya. Akibatnya, air yang lebih dingin menurunkan suhu tubuh ikan, yang dapat membuatnya lesu atau tidak aktif selama musim dingin.

2. Habitat Hidup di Air

Karakteristik bersama lainnya di antara semua ikan adalah mereka hidup di air. Ini mungkin tampak terlalu jelas untuk dinyatakan, tetapi ada beberapa ikan yang dapat menghabiskan banyak waktu di luar air. 

Sesuatu yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa sementara semua ikan hidup di air, tidak semua yang hidup di air adalah ikan. Paus dan lumba-lumba, misalnya, adalah mamalia. Kura-kura juga hidup di air, tapi mereka reptil, bukan ikan.

3. Insang Bernafas

Salah satu kriteria dasar suatu hewan untuk diklasifikasikan sebagai ikan adalah adanya insang sepanjang siklus hidupnya. Insang adalah kebutuhan untuk kehidupan bawah laut, insang memungkinkan ikan untuk menyerap oksigen dari air dan melepaskan karbon dioksida, yang memungkinkan mereka untuk "bernapas" di bawah air.

Semua ikan memiliki insang, tetapi beberapa spesies ikan yang hidup di lingkungan yang sangat kekurangan oksigen juga mengembangkan paru-paru. Seperti halnya yang hidup di air, semua ikan memiliki insang tetapi tidak semua yang memiliki insang adalah ikan. Ikan memiliki insang sepanjang umurnya sementara spesies lain yang memiliki insang sering kehilangan insang di beberapa titik. 

4. Berenang dengan Menggunakan Kantung Renang

Semua ikan memiliki kantung renang, yang merupakan organ khusus yang diisi dengan udara yang membantu memastikan ikan mempertahankan daya apung yang stabil di dalam air, tidak tenggelam atau mengambang terlalu banyak.

Adanya kantung renang memungkinkan ikan untuk tidur tanpa tenggelam ke dasar habitatnya. Pada beberapa spesies ikan, udara ditelan dan dikirim ke kantung renang. Adaptasi ini juga membantu ikan untuk bertahan hidup di perairan yang tidak memiliki kadar oksigen yang memadai.

5. Sirip Untuk Bergerak

Sirip adalah karakteristik ikan yang hampir universal. Ada banyak jenis sirip, tetapi yang paling umum adalah sirip ekor, sepasang sirip samping yang serasi, sirip punggung, dan sirip dubur. Tujuan umum dari sirip adalah untuk memberikan gerakan, kemampuan maneuver, dan stabilitas. 

Sirip perut dan sirip dada memungkinkan ikan untuk bermanuver dan menjaga stabilitasnya sementara sirip punggung dan perut mengurangi gerakan menggulung saat ikan berenang dan membantu ikan selama belokan. Sirip ekor mendorong ikan ke depan saat berenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.