Sukses

16 Tempat Wisata Salatiga Hits dan Terbaru, Alamnya Menakjubkan

Tempat wisata Salatiga ada beragam, mulai dari tempat wisata alam, wahana permainan, dan tempat foto dengan spot Instagramable.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Salatiga bisa menjadi pilihhttps://hot.liputan6.com/read/5013881/15-tempat-wisata-di-salatiga-terbaru-lengkap-dengan-harga-tiketan kamu saat libur di akhir pekan. Salatiga merupakan salah satu kota di Jawa Tengah. Wilayahnya yang berbatasan dengan Semarang dan Solo membuat akses menuju Salatiga cukup mudah, khususnya melalui jalur darat. 

Kota Salatiga memiliki luas 56,78 kilometer persegi. Meskipun kota ini terbilang kecil, namun Salatiga menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik dan unik. Dijamin tempat wisata Salatiga tak kalah menawan dari tempat wisata di wilayah lain.

Tempat wisata Salatiga ada beragam, mulai dari tempat wisata alam, wahana permainan, dan tempat foto dengan spot Instagramable. Semua tempat wisata Salatiga mempunyai daya tarik masing-masing.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Salatiga yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Salatiga yang Wajib Dikunjungi

1. Air Terjun Umbul Songo

Tempat wisata Salatiga yang wajib dikunjungi adalah air terjun umbul songo. Panorama yang disajikan di Air Terjun Umbul Songo ini bisa membuat pikiran menjadi tenang dan melepaskan kejenuhan. Jarak air terjun umbul songo dari kota Salatiga adalah sejauh 15 km. Tepatnya berada di Dukuh Kopeng, Kecamatan Getasan, Kota Semarang Jawa Tengah. 

2. Kandhang Galeri

Tempat wiisata Salatiga yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Kandhang Galeri. Wisata Kandhang Galeri ini menyajikan berbagai karya seni seperti sketsa, lukisan, patung, drawing, barang antik, dan lain sebagainya. Wisata ini bertempat di Jalan Suropati Gang I/565 B, Kecamatan Mangunsari, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

3. Agrowisata Salib Putih

Tempat wisata Salatiga selanjutnya adalah Agrowisata Salib Putih. Tempat ini merupakan tempat wisata alam yang memiliki banyak wahana bermain outbond yang menarik. Tempat ini terletak di sekitar pegunungan yang membuat pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, alias gratis.

4. D'Emmerick Adventure Park

Selanjutnya, tempat wisata Salatiga adalah D’Emmerick adventure park. Tempat ini terletak di Kumpulrejo Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Tempat wisata ini menawarkan aktivitas liburan dengan menguji ketangkasan di sebuah alam. 

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Salatiga yang Wajib Dikunjungi

5. Bundaran Jam Salatiga

Selanjutnya, tempat wisata Salatiga adalah Bundaran Jam Kota Salatiga. Tempat ini merupakan landmark kota Salatiga karena merupakan titik nol dari Kota Salatiga. Tepatnya berada di Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga Jawa Tengah. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya ketika ingin berkunjung ke tempat ini, karena ini bisa Anda datangi secara gratis.

6. Atlantic Dreamland

Tempat wisata Salatiga yang berikutnya adalah Atlantic Dreamland. Tempat ini merupakan tempat wisata yang memiliki wahana beragam. Seperti kolam renang, water toys, waterboom, water ball, jet coaster, dan lain sebagainya. Tempat wisata ini berada di Jalan Soekarno Hatta Isep-Isep, Cebongan, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga Jawa Tengah. 

7. Museum Kereta Api Ambarawa

Tak hanya wisata alam, tempat wisata Salatiga juga menyimpan sejarah panjang. Salah satunya adalah Museum Kereta Api Ambarawa, di sini pengunjung dapat menaiki kereta api uap yang berusia 100 tahun dan belajar banyak tentang sejarah kereta yang ada di Indonesia. 

8. Taman Arrowhead

Tempat wisata Salatiga berikutnya adalah Taman Arrowhead. Di sini pengunjung akan merasakan berbagai aktivitas outbound dengan dikelilingi alam yang menakjubkan, terdapat arena pacuan kuda di mana pengunjung juga bisa berkuda di objek wisata ini. Terletak di desa Tegalwaton, Tingkir, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000 per orang.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Salatiga yang Wajib Dikunjungi

9. Danau Pening

Tempat wisata Salatiga yang berikutnya adalah Danau Pening. Terkenal dengan legenda Baru Klintingnya, Danau Pening merupakan danau indah yang dikelilingi pegunungan. Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, seperti swan boat, becak mini, inflatable boat, ATV dan masih banyak lagi. 

10. Mata Air Senjaya

Keindahan tempat wisata Salatiga yang berikutnya adalah mata Air Sanjaya. Mata air ini terkenal dengan 7 sumber airnya yaitu Umbul Senjaya, Tuk Sewu, Sendang Lanang, Sendang Putri, Sendang Bandung, Sendang Teguh, and Sendang Slamet.

Sebagai salah satu tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Salatiga, area mata air Sanjaya telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas lengkap seperti taman bermain, arena outbond, toilet, mushola, akomodasi, dan area parkir yang luas. 

11. Bukit Cinta

Tempat wisata Salatiga selanjutnya adalah Bukit Cinta. Di sini pengunjung dapat menikmati keindahan rawa pening yang indah dan menenangkan. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto di spot foto menarik yang disediakan pengelola. Tempat wisata ini terletak di Kebondowo, Banyubiru, Ambarawa.

12. Benteng Hock

Tempat wisata Salatiga dengan tema sejarah berikutnya adalah Benteng Hock. Dibangun pada tahun 1834, bangunan benteng hock masih berdiri dengan gagah dan anggun hingga sekarang. Setelah banyak dilakukan renovasi, kini Benteng Hock telah memiliki fasilitas lengkap seperti gazebo, kafe dan spot foto yang bisa digunakan pengunjung. 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Salatiga yang Wajib Dikunjungi

13. Taman Pancasila

Tempat wisata Salatiga yang berikutnya adalah taman Pancasila. Tempat wisata ini memiliki patung garuda pancasila sebagai ikonnya. Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata dengan banyaknya pedagang yang memadati area dengan beragam makanan, souvenir atau wahana bermain seperti di pasar malam.

14. Klenteng Hok Tek Bio

Tempat wisata Salatiga yang menjadi saksi sejarah masuknya ajaran agama Budha di kota Salatiga adalah Kelenteng Hok Tek Bio yang terletak di Jl. Letjen Sukowati. Selain sejarahnya, Klenteng Hok Tiek Bio juga terkenal dengan bangunan tempat penyembahan dewa bumi yang berbentuk bulat dan terbuat dari bambu yang tergantung di langit-langit. Terdapat legenda juga jika berbohong di Klenteng Hok Tek Bio maka akan menerima akibat yang buruk.

15. Saloka Park

Tempat wisata Salatiga yang ramai dikunjungi keluarga maupun rombongan anak sekolah adalah Saloka Park. Menyediakan banyak wahana bermain mulai dari yang mudah hingga ekstrim, objek wisata ini cocok untuk semua usia.

16. Taman Kelinci

Tempat wisata Salatiga yang cocok untuk liburan keluarga adalah Taman Kelinci. Terletak di Jalan Raya Muncul Salatiga-Ambarawa ini menyajikan berbagai fasilitas seperti wahana outbound untuk anak-anaak, remaja dan dewasa. Pengunjung juga bisa mendapat pengalaman memberi makan dan merawat koleksi kelinci yang ada di Taman kelinci. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.