Sukses

13 Ciri-Ciri Orang Mau Meninggal dalam Waktu Dekat, Banyak Tidur dan Halusinasi

Ciri-ciri orang mau meninggal terlihat dari kondisi organ vital dan aktivitasnya yang menurun atau berkurang.

Liputan6.com, Jakarta - Ilmu kedokteran atau medis bisa membaca ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat. Meski soal kematian hanya Tuhan yang Maha Tahu. Tanda kematian ini umumnya terlihat dua sampai tiga bulan sebelum kematian benar-benar terjadi. Seperti apa ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat yang dimaksudkan? 

Melansir dari Medical News Today, Health Line, dan Verywell Health, pada Kamis (27/10/2022) ada tiga belas ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat yang perlu diperhatikan. Seseorang yang akan menghadapi sakaratul maut akan cenderung sedikit melakukan aktivitas dan mengalami halusinasi.

Ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat pun bisa diamati dari kondisi organ vitalnya. Seperti, mereka yang akan segera meninggal, lebih sedikit buang air besar dan buang air kecil karena metabolismenya sudah tidak normal. Suhu tubuh menurun hingga kehilangan nafsu makan.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tiga belas ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat, Kamis (27/10/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Mau Meninggal dalam Waktu Dekat

1. Lebih Banyak Tidur

Seseorang yang lebih banyak tidur atau lebih sering tidur, bisa menjadi pertanda kematian. ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat ini sering dianggap sepele. Medical News Today menjelaskan adanya ciri-ciri orang mau meninggal ini terjadi dua atau tiga bulan sebelum meninggal.

Mereka dengan ciri-ciri kematian demikian, akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk terjaga atau tidak tidur. Hal ini disebabkan oleh metabolisme tubuh yang menurun, sehingga tubuh akan sering merasa kelelahan dan membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak.

2. Jarang Buang Air

Jarang buang air kecil dan besar pertanda tubuh aktif melakukan proses metabolisme. Medical News Today menjelaskan ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat adalah mereka menjadi lebih jarang melakukan keduanya.

Kondisi seperti ini dipengaruhi, seseorang yang sekarat atau akan segera menjemput ajal akan makan dan minum lebih sedikit. Maka tidak heran bila keinginan untuk buang air kecil dan besar akan berkurang.

3. Mengalami Kebingungan

Mengalami kebingungan tanpa sebab yang jelas dan terjadi secara mendadak harus diwaspadai. Ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat sebagaimana dijelaskan Medical News Today ini dipengaruhi sistem kerja otak. Seseorang yang sedang sekarat, otaknya masih sangat aktif tetapi cenderung menjadi tidak berakal atau sulit memikirkan sesuatu dengan benar.

4. Halusinasi

Halusinasi bisa menjadi tanda kematian. Medical News Today menjelaskan ini mirip dengan kebingungan. Berbicara hal yang sulit dipahami atau ngelantur, mengatakan hal-hal aneh di luar nalar kebanyakan orang, serta membicarakan nama-nama orang yang tak dikenal.

Ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat mereka akan mengalami halusinasi. Seperti memiliki penglihatan yang tidak normal atau tidak seperti kenyataan sebenarnya.

5. Menghindari Sosialisasi

Pertanda kematian bagi mereka yang terbiasa dan suka bersosialisasi lebih mudah diamati daripada mereka yang memang tidak suka bersosialisasi. Medical News Today menjelaskan ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat adalah mereka menghindari sosialisasi.

Keinginan mengasingkan diri ini dilakukan karena tingkat energi orang yang sekarat berkurang. Mereka tidak ingin menghabiskan banyak waktu dengan orang lain seperti dulu dan akan lebih fokus pada dirinya sendiri.

6. Kehilangan Nafsu Makan

Ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat yang harus diperhatikan betul, mereka cenderung kehilangan nafsu makan. Orang yang ajalnya sudah dekat akan terlihat kurang aktif dan lemas. Medical News Today menjelaskan mereka yang mengalami tanda kematian ini, memiliki tubuh yang hanya membutuhkan lebih sedikit energi daripada sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Mau Meninggal dalam Waktu Dekat

7. Perubahan Organ Vital

Seseorang yang akan meninggal dunia pasti akan mengalami perubahan pada organ vitalnya. Ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat ini memang sulit diamati, tetapi bisa.

Health Line menjelaskan tanda kematian ini berhubungan dengan adanya penurunan tekanan darah. Saat tekanan darah rendah, ginjal akan berhenti bekerja.

Lalu, urin akan berwarna sawo matang, cokelat, atau merah kecokelatan. Terjadi perubahan pola pernapasan, detak jantung menjadi tidak teratur dan sulit dideteksi seperti pada orang normal.

8. Suhu Tubuh Menurun

Kondisi ini berhubungan dengan perubahan organ vital. Health Line menjelaskan ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat adalah suhu tubuhnya akan menurun. Ini dipengaruhi sirkulasi darah yang tidak lancar.

Termasuk sirkulasi darah di tangan dan kaki menjadi sangat berkurang. Kulit dan anggota badan mereka akan terasa dingin saat disentuh dan pucat. Lalu, kulit akan tampak berbintik-bintik warna biru-ungu.

9. Merasa Kesakitan

Ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat, mereka akan cenderung merasa kesakitan. Intensitas rasa sakit akan meningkat ketika seseorang semakin dekat dengan kematian.

Health Line menjelaskan tanda kematian ini seperti meringis, mengerang, dan mengerutkan dahi. Beberapa kondisi bisa diredakan dengan obat dan sebagian lagi ada yang harus disertai perawatan khusus.

10. Inkontinensia

Baik inkontinensia urin dan usus umum terjadi menjelang akhir kehidupan. Seperti apa ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu dekat yang dimaksudkan ini? Verywell Health menjelaskan, mereka cenderung tidak dapat mengontrol buang air kecil atau buang air besar.

Ini bisa menjadi akibat dari operasi atau penyakit, atau karena orang tersebut terlalu lemah untuk menggunakan kamar mandi. Lalu sampai pada suatu masa, ketika otot-otot rileks sepenuhnya, mereka dengan tanda kematian akan sering mengeluarkan isi perutnya.

11. Konstipasi

Seseorang yang akan menghadapi kematian akan cenderung mengalami konstipasi atau sulit buang air besar. Verywell Health menjelaskan ciri-ciri orang mau meninggal dalam waktu ini dipengaruhi aktivitas fisik yang sedikit, penurunan asupan serat dan cairan, serta ada perkembangan penyakit.

12. Mual atau Muntah

Mereka yang mendekati sakaratul maut akan lebih sering mengalami mual dan muntah. Verywell Health menjelaskan kondisi ini biasanya dipengaruhi penyakit, obat-obatan, dan perawatan lain dapat menyebabkan mual dengan atau tanpa muntah.

13. Ada Detak Kematian

Ada detak kematian pada seseorang yang sudah dekat dengan masa sakaratul mautnya. Verywell Health menjelaskan kondisi ini sebagai “pernapasan basah tahap akhir" yang dalam dunia medis berupa air liur dan lendir yang menumpuk di saluran napas.

Mereka yang sudah mendekati kematian akan ketika menjadi tidak berdaya untuk membersihkan sekresi tersebut. Penumpukan lendir dan cairan menyebabkan suara berderak saat orang tersebut bernapas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.