Sukses

16 Wisata Kupang NTT Terpopuler, dari Gua hingga Pantai yang Memesona

Wisata Kupang terdiri dari jajaran pantai yang indah, pulau yang eksotis, pegunungan yang asri, hingga gua yang menawan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kupang menjadi salah satu destinasi liburan yang menyenangkan di wilayah timur Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari destinasi wisata alamnya yang begitu menakjubkan. Kupang menawarkan wisata alam dari pantai hingga gua yang cantik.

Wisata Kupang terdiri dari jajaran pantai yang indah, pulau yang eksotis, pegunungan yang asri, hingga gua yang menawan. Pemandangan di berbagai destinasi wisata ini tentunya akan memanjakan mata setiap wisatawan. 

Wisata Kupang ini tentunya dapat memberikan kesejukan dan ketenangan bagi kamu yang berlibur. Alam yang indah membuat kamu tidak berhenti berdecak kagum terhadap destinasi wisata Kupang ini. Apalagi, destinasi wisata Kupang ini juga tidak begitu sulit dijangkau dari pusat kota.  

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022) tentang wisata Kupang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Kupang

Pantai Lasiana

Wisata Kupang yang pertama yaitu Pantai Lasiana. Pantai Lasiana merupakan pantai paling terkenal di Kota Kupang. Jaraknya yang tak jauh dari pusat kota membuat pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Pantai ini menyajikan pemandangan memanjakan mata berupa jajaran pohon lontar dan kelapa. Di pantai ini kamu juga akan menjumpai Lopo-lopo, bangunan khas Timor.

Pulau Kera

Pulau Kera merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah barat Kota Kupang. Tak seperti namanya, pantai ini tidak dihuni oleh kawanan kera. Nama kera berasal dari Kata “Kerang” yang karena pengaruh penyebutan penghuni Pulau Suku Bajo, pantai ini jadi disebut Pantai Kera. Wisata Kupang ini masuk dalam kawasan Taman Wisata Taman Laut Teluk Kupang. Pulau Kera memiliki jajaran pantai pasir putih yang bersih berkilau dengan berbagai jenis ikan karang, terumbu karang, dan pemandangan laut yang sangat indah.

Pantai Batu Nona

Pantai Batu Nona adalah satu di antara beberapa deretan pantai di Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih nan halus dan batu karang yang memesona. Wisata Kupang ini memiliki ombak yang tenang dan tak terlalu ramai karena lokasinya yang berada di teluk.

Gua Monyet

Gua Monyet berlokasi di Kelurahan Tenau, Kecamatan Alak, Kota Kupang. Gua ini merupakan taman rekreasi yang ramai dikunjungi wisatawan. Sesuai namanya, di wisata Kupang ini hidup sekawanan monyet yang menggemaskan.

3 dari 5 halaman

Wisata Kupang

Pantai Manikin

Pantai Manikin berada tak jauh dari Pantai Lasiana, menjadikannya destinasi wisata Kupang favorit para wisatawan. Salah satu daya tarik pantai ini adalah hamparan batu koral di sepanjang garis pantai yang nampak saat air surut. Pantai ini menjadi lokasi terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Pulau Semau

Pulau Semau merupakan pulau yang terletak di perairan sebelah barat Pulau Timor. Pulau ini terkenal karena jajaran pantainya yang memanjakan mata. Pantai-pantai di pulau Semau begitu tenang dan sejuk. Pantai yang cukup terkenal di pulau ini adalah Pantai Otan, Pantai Oinian, Pantai Onanbalu, dan Pantai Uitiuhtuan.

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang menjadi tempat favorit wisatawan untuk memburu matahari terbenam. Pantai ini juga memesona dengan hamparan pasir putih dan batu karang di sepanjang pantai. Ombak di wisata Kupang ini juga cenderung tenang sehingga aman untuk bermain.

Gua Kristal

Gua kristal berjarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat Kota Kupang. Gua ini terkenal dengan mata air berwarna kebiruan yang tersembunyi di dalam gua. Untuk menuju gua ini, pengunjung harus menyusuri jalan setapak sekitar 300 meter dan menuruni lereng gua sepanjang 20 meter hingga tiba di kolam.

Air di dalam gua ini berwarna biru indah dengan sorotan cahaya matahari. Selain itu, air di dalam gua ini sedikit asin karena ada tiga lorong gua yang tersambung langsung ke laut. Wisata Kupang ini disebut gua kristal karena dulunya gua ini berlapiskan batu kristal yang bening.

4 dari 5 halaman

Wisata Kupang

Pantai Tablolong

Pantai Tablolong berada di Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Pantai ini indah dengan hamparan pasir putih. Sepanjang garis pantai Tablolong merupakan jalur migrasi ikan yang cukup ramai dari perairan Laut Timor menuju Laut Sawu. Pantai ini juga merupakan penghasil rumput laut terbesar di NTT. Di wisata Kupang ini kamu juga bisa menemukan Pohon Centigi yang tumbuh liar di sekitaran bebatuan karang.

Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu terletak di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Aksesnya yang cukup mudah dan tidak begitu jauh dari kota, menjadikan lokasi wisata air terjun ini mudah ditemukan. Wisata Kupang ini dikelilingi rimbunnya pepohonan dnegan debit air yang cukup deras saat musim penghujan.

Pantai Koepan

Pantai Koepan berada di Teluk Kupang yang menyimpan sejarah. Daya tarik dari pantai ini berupa tiang-tiang Pelabuhan Lama Kupang yang dibangun bangsa Portugis saat masa penjajahan. Dari pantai ini kamu bisa melihat Pulau Semanu dari jauh sambil menikmati matahari terbenam.

Bukit Cinta

Wisata Kupang berikutnya yaitu Bukit Cinta, yang lokasinya tidak jauh dari Bandara El Tari Kupang. Di sini kamu akan disuguhi dengan hamparan rumut hijau yang luas dengan beberapa pohon di sekitarnya. Kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Kupang dari Bukit Cinta.

5 dari 5 halaman

Wisata Kupang

Pantai Neam

Pantai Neam merupakan pantai yang cukup tersembunyi di Kupang. Pantai ini begitu memesona dengan pasir putih dan ombak yang tenang. Di pantai ini kamu bisa menemukan tebing yang bisa kamu manfaatkan untuk menikmati keindahan pantai.

Air Terjun Tesbatan

Air Terjun Tesbatan berlokasi di Amarasi, Kupang. Wilayah Amarasi dikenal sebagai sumber air di Kupang. Air Terjun Tesbatan memiliki ketingian sekitar 7 meter dengan air berwarna biru dan hijau yang segar dan sejuk. Kamu wajib mengunjungi wisata Kupang yang indah ini.

Pantai Kelapa Tinggi

Wisata Kupang selanjutnya yaitu Pantai Kelapa Tinggi. Pantai Kelapa Tinggi masih terbilang sepi dibanding pantai-pantai lainnya. Sesuai namanya, pantai ini dihiasi pepohonan kelapa yang menjulang tinggi. Terdapat pula jajaran pohon bakau yang tumbuh kokoh di sepanjang garis pesisir pantai.

Gunung Fatuleu

Wisata Kupang yang tidak kalah menarik adalah Gunung Fatuleu. Gunung Fatuleu merupakan bukit batu yang tingginya mencapai 1111 mdpl. Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah jika mendaki puncak gunung batu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.