Sukses

Jelaskan Letak Geografis Indonesia! Ketahui Pengaruh dan Keuntungannya

Letak geografis Indonesia serta keuntungan yang diperoleh, membantu terjadinya aktivitas perdagangan.

Liputan6.com, Jakarta Jelaskan letak geografis Indonesia! Geografis merupakan salah satu istilah yang berkaitan erat dengan letak, dan memiliki hubungan erat dengan geografi. Secara umum, ilmu geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi. Namun jika ditinjau dari segi terminologi pengertian geografi secara umum adalah ilmu yang dipakai untuk mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan permukaan bumi.

Jelaskan letak geografis Indonesia tentu memiliki kaitan erat dengan astronomi dan geologi, di mana ilmu ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Jika dikaji lagi, letak geografis Indonesia sangat strategis, dikarenakan wilayahnya yang diapit oleh dua benua dan dua samudra.

Jelaskan letak geografis Indonesia! Jika ditinjau lagi, maka letak geografis Indonesia yang strategis, tentu memberi dampak positif beserta dampak negatif sekaligus. Salah satu keuntungan yang bisa diperoleh adalah memungkinkan pengeksploitasian, terhadap sumber-sumber mineral seperti minyak bumi, batu bara, besi juga nikel. Namun dalam bidang sosial, Indonesia dengan mudah melakukan kerjasama dengan negara lain, serta ikut dalam percaturan politik dunia.

Berikut ini letak geografis Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Letak Geografis Indonesia

Letak geografis merupakan letak suatu daerah yang bisa dilihat dari posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Adapun letak geografi, bisa ditentukan juga melalui segi astronomis, geologis, fisiografis hingga sosial budaya. Berdasarkan letaknya, kepulauan Indonesia berada di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. 

Letak geografis juga bisa ditentukan oleh letak astronomis dan letak geologis, di mana Indonesia terletak di antara 2 samudera besar dunia, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Secara geografis, letak Indonesia sangat strategis dan luas sehingga dijadikan sebagai jalur perdagangan dan transportasi dunia internasional. Tentu hal ini memberi dampak yang positif, serta menguntungkan bagi wilayah Indonesia.

Akan tetapi, jika ditinjau dari sisi lain, maka letak Indonesia juga bisa merugikan baik pada bidang ekonomi, misalnya karena seringnya terjadi penyelundupan keluar masuknya barang dari dan keluar Indonesia, serta permasalahan sosial dan budaya. Namun pada kenyataannya, letak geografis Indonesia juga menekankan pada fenomena alam berupa keadaan alam yang melingkupi wilayah tersebut, baik itu benua, samudera, danau hingga laut.

3 dari 5 halaman

Batasan Letak Geografis Indonesia

Adapun batasa wilayah Indonesia yang terletak pada posisi yang strategis dan menguntungkan karena beberapa alasan yang dilansir dari laman Kementrian Luar Negeri, yang menyatakan bahwa: 

- Letak Indonesia ada di antara Benua Asia dan Benua Australia.

- Letak Indonesia juga berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Batasan letak geografis Indonesia jika ditinjau secara umum, diapit oleh dua benua dan dua samudera, dengan penjelasan sebagai berikut:

- Bagian barat laut: Mencakup wilayah Indonesia di batasi dengan Benua Asia

- Bagian tenggara: Mencakup batasan wilayah Indonesia dengan Benua Australia

- Bagian barat: Indonesia sebelah berat berbatasan dengan Samudera Hindia

- Bagian timur: Mencakup wilayah laut Indonesia berbatasan dengan Samudera Pasifik

Letak geografis Indonesia sebagai berikut:

- Secara astronomi terletak antara 60 LU – 11 0 LS dan 95 0BT – 1410 BT, yang merupakan pertemuan dua rangkaian pegunungan sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Terletak antara samudra pasifik dan samudra hindia, juga terletak diantara benua Asia dan benua Australia

 

4 dari 5 halaman

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Indonesia adalah suatu negara yang berbentuk kepulauan, serta memiliki ribuan pulau dan posisi wilayah yang amat strategis. Hal ini disebabkan negara Indonesia berada pada posisi geografis yang menguntungkan yang berbeda dengan posisi negara lainnya, baik itu secara aspek ekonomi, komunikasi sosial budaya, transportasi,ataupun pariwisata.

Adapun pengaruh letak geografis tersebut antara lain:

- Iklim di Indonesia adalah iklim tropis dengan 2 musim, yaitu musim penghujandan musim kemarau.

- Adapun letak Indonesia yang berada pada posisi silang, memicu munculnya aktivitas perdagangan di mana letak ini merupakan jalur lalu lintas internasional dan menjadi tempat persinggahan kapal laut. 

- Letak kepulauan Indonesia yang berdekatan dengan Benua Asia, menyebabkan sosial budaya masyarakat Indonesia beragam, sehingga banyak menerima pengaruh dari benua tersebut.

- Pengaruh selanjutnya dalam bidang transportasi dan komunikasi, semakin mengglobal menjadikan sosial budaya masyarakat Benua Eropa dan Benua Amerika juga mempengaruhi keragaman sosial budaya di Indonesia.

5 dari 5 halaman

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Melansir dari laman resmi Kementrian Luar Negeri, masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk, dimana Indonesia memiliki berbagai macam bahasa, agama, mata pencaharian, suku bangsa juga budaya. Letak wilayah Indonesia ternyata banyak berpengaruh pada kehidupan masyarakat, yang bisa dilihat. Hal ini juga terbukti dengan adanya migrasi yang dilakukan orang-orang yang bersasal dari Benua Asia padajaman prasejarah dimana pada waktu itu bangsa Austronesia dari Burma(Myanmar), Muangthai dan Malaka mendiami kepulauan Indonesia.

Adapun keuntungan dari letak geografis di Indonesia adalah: 

- Letaknya yang startegis, menjadikan Indonesia sebagai persimpangan lalu lintas dunia, baik lalu lintas udara maupun laut.

- Indonesia sebagai titik persilangan kegiatan perekonomian dunia, antara perdagangan negara-negara industri dan negara-negara yang sedang berkembang. 

- Mendapatkan pengaruh berbagai kebudayaan dan peradaban dunia, serta secara alami dipengaruhi oleh angin musim, sehingga Indonesia menjadi negara agraris terkemuka.

- Indonesia terletak di daerah tropis yang panasnya merata sepanjang tahun dan mempunyai dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau.

-  Letaknya yang strategis, membuat berbagai sumber mineral akan sangat menunjang perdagangan dan menambah sumber devisa Negara.

- Memungkinkan pengeksploitasian terhadap sumber-sumber mineral seperti minyak bumi, batu bara, besi nikel dan lain-lain.

- Dalam bidang sosial, Indonesia dengan mudah berhubungan dengan bangsa-bangsa lain dan dapat ikut serta dalam percaturan politik dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.