Sukses

5 Ciri-Ciri Teks Eksposisi Berita, Contoh, dan Cara Menulisnya

Ciri-ciri teks eksposisi berita memuat sesuatu yang sifatnya aktual atau terkini.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami ciri-ciri teks eksposisi berita akan memudahkan dalam proses menuliskannya. Teks eksposisi berita adalah satu diantara banyak jenis teks eksposisi. Jenis teks eksposisi berita ini berupa karangan yang berisi informasi dan pengetahuan dengan sifat aktual.

Dalam buku berjudul Tiga Jurus Mudah Menulis (2021) oleh Andy, Dyah, dan Siska, dijelaskan teks eksposisi berita merupakan jenis paragraf yang memberikan informasi mengenai suatu kejadian. Ini sama dengan jenis karangan yang memuat tentang peristiwa tertentu.

Ada lima ciri-ciri teks eksposisi berita yang perlu dipahami. Teks eksposisi berita berupa karangan yang memuat informasi berupa kejadian, peristiwa, dan pengetahuan. Ditulis dengan logis, bahasa baku, tidak memengaruhi pembaca, dan dilengkapi unsur 5W + 1 H.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang ciri-ciri teks eksposisi berita, contoh, dan cara menulisnya, Kamis (27/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Teks Eksposisi Berita dan Penjelasannya

Teks eksposisi adalah karangan yang berisi informasi dan pengetahuan. Ada tujuh jenis teks eksposisi yang perlu diketahui. Mulai dari teks eksposisi proses, teks eksposisi definisi, teks eksposisi ilustrasi, teks eksposisi berita, teks eksposisi pertentangan, teks eksposisi perbandingan, dan teks eksposisi klasifikasi.

Pada ulasan kali ini, akan membahas ciri-ciri teks eksposisi berita. Teks eksposisi berita menjadi karangan yang memuat informasi dan pengetahuan dengan sifat aktual. Ditulis berdasarkan fakta dan tidak memuat opini penulis atau pengarang sama sekali.

Ciri-ciri teks eksposisi berita mirip dengan jenis teks eksposisi lainnya. Secara umum, ciri-ciri teks eksposisi berita dijelaskan dalam jurnal berjudul Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Mengidentifikasi Teks Eksposisi melalui Metode Pembelajaran Numbered Heads Together bagi Siswa Kelas VIII B SMP Murni 1 Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 oleh Widadi Tentrem Sucipto, berupa:

1. Ciri-ciri teks eksposisi berita, harus memuat sebuah informasi, pengertian, serta pengetahuan yang sifatnya aktual atau terkini.

2. Ciri-ciri teks eksposisi berita, harus bisa menjawab pertanyaan apa, mengapa, di mana, siapa, kapan, dan bagaimana, ini unsur 5W dan 1 H.

3. Ciri-ciri teks eksposisi berita, harus bisa disampaikan secara lugas dan menggunakan bahasa baku.

4. Ciri-ciri teks eksposisi berita, harus ditulis dengan susunan logis.

Berita ditulis dengan piramida terbalik (bagian utama terpenting, bagian kedua tidak begitu penting, dan bagian akhir tidak penting).

5. Ciri-ciri teks eksposisi berita, harus ditulis dengan netral agar tidak memihak atau memancing emosi serta memengaruhi pembaca.

3 dari 4 halaman

Tujuan dan Cara Menulis Teks Eksposisi Berita

Tujuan dari penulisan teks eksposisi berita adalah menambah wawasan pembaca dan tidak memengaruhi pembaca. Itu artinya teks eksposisi berita bukan karangan yang ditujukan untuk menggiring opini pembaca.

Dalam buku berjudul Tiga Jurus Mudah Menulis (2021) oleh Andy, Dyah, dan Siska, dijelaskan teks eksposisi berita merupakan jenis paragraf yang memberikan informasi mengenai suatu kejadian. Ini jenis karangan yang memuat tentang peristiwa tertentu.

Pada proses penulisan teks eksposisi berita, tidak jauh berbeda dengan penulisan teks eksposisi jenis lainnya. Teks eksposisi berita harus ditulis dengan rangkaian kata yang mudah dipahami oleh pembaca. Itu artinya tidak bermakna ganda dan tegas.

Struktur penulisan teks eksposisi berita sama dengan teks eksposisi jenis lainnya. Bagian pertama berisi teori dan argumen, bagian kedua berisi bukti, dan bagian terakhir berisi penegasan ulang. Teks eksposisi berita ditulis dengan fakta, data, dan angka.

Dalam buku berjudul Keterampilan Menulis oleh H. Dalman, cara menulis teks eksposisi memerlukan fakta yang diperkuat angka, statistik, peta dan grafis, tetapi tidak bersifat memengaruhi pembaca.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Eksposisi Berita

1. Contoh Teks Eksposisi Berita Tentang Perang Ukraina vs Rusia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan bahwa dia yakin Ukraina dapat memenangkan perangnya dengan Rusia.

Dia tidak bisa mengatakan berapa lama konflik akan berlangsung, tetapi bersikeras bahwa kekalahan Ukraina tidak bisa dihindari.

Blinken memuji "ketahanan luar biasa" rakyat Ukraina.

"Jika itu adalah niat Moskow untuk mencoba menggulingkan pemerintah dan memasang rezim bonekanya sendiri, 45 juta orang Ukraina akan menolaknya dengan satu atau lain cara," katanya kepada BBC, dikutip pada Sabtu (5/3/2022).

Perang belum berjalan seperti yang mungkin direncanakan Presiden Rusia Vladimir Putin, tambahnya.

Perlawanan keras oleh pasukan Ukraina terus menghambat kemajuan Rusia di seluruh negeri pada hari kesembilan invasi.

Di selatan, pasukan Rusia merebut daerah di sepanjang pantai Laut Hitam, dan kota pelabuhan Mariupol tetap dikepung. Namun gubernur Mykolaiv mengatakan pasukan Rusia telah diusir dari kota.

Kota kedua Kharkiv di Ukraina, di utara, juga tetap dikepung.

Blinken mengatakan masyarakat internasional berkomitmen untuk melakukan segala yang bisa dilakukan untuk membantu Ukraina dan juga untuk memberikan "tekanan luar biasa pada Rusia untuk mengakhiri perang pilihan yang dimulai Vladimir Putin".

2. Contoh Teks Eksposisi Berita Tentang Cuaca

Cuaca hari ini, Senin (7/3/2022), langit pagi hari Jakarta diperkirakan berawan, hanya Kepulauan Seribu yang cerah berawan. Tetapi berbeda di siang hari nanti.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, cuaca hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi guyur Ibu Kota siang hari nanti.

Bahkan, waspada hujan petir siang nanti diperkirakan bakal turun Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jakut, Jakbar, Jakpus, Jaksel dan Jaktim pada menjelang siang hingga sore hari," tulis BMKG.

Tak jauh berbeda, wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Depok, dan Kota Bogor, Jawa Barat pagi hari diprediksi berawan lalu hujan dari siang hingga malam hari nanti.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu antara siang hingga malam hari di Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang," jelas BMKG.

3. Contoh Teks Eksposisi Berita Tentang Banjir DKI Jakarta

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengungkapkan, ada 20 RT yang terendam banjir di sejumlah wilayah Jakarta pagi ini, Rabu (26/10/2022). Data itu tercatat hingga pukul 06.00 WIB.

Menurut Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, kondisi itu terjadi setelah sejumlah wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Selasa, 25 Oktober 2022. Akibatnya, Bendung Katulampa menjadi Siaga 3 (Waspada), Pos Depok Siaga 3 (Waspada), dan Pintu Air Manggarai Siaga 3 (Waspada) serta terdapat genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 12 RT, saat ini menjadi 20 RT atau 0,066 % dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Isnawa kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Adapun data wilayah terdampak yang masih terendam banjir Jakarta adalah sebagai berikut:

Jakarta Selatan terdapat 1 RT yang terdiri dari:

Kel. Rawajati

- Jumlah: 1 RT

- Ketinggian: 45 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

Jakarta Timur terdapat 19 RT yang terdiri dari:

Kel. Cililitan

- Jumlah: 1 RT

- Ketinggian: 80 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Item

Kel. Cawang

- Jumlah: 7 RT

- Ketinggian: 40 s.d. 120 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

Kel. Kampung Melayu

- Jumlah: 6 RT

- Ketinggian: 50 s.d. 80 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung

Bidara Cina

- Jumlah: 5 RT

- Ketinggian: 50 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung.

Di Jakarta, hujan deras yang mengguyur selama lebih 1 jam pada Rabu (02/6) sore, memicu genangan di sejumlah ruas jalan. Genangan terjadi akibat saluran air tidak mampu menamoung limpahan air hujan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.