Sukses

25 Wisata di Pekalongan yang Wajib Dikunjungi, Penuh Pesona Alam yang Menawan

Wisata di Pekalongan sangat cocok buat kamu yang meyukai kegiatan di luar ruangan, terutama terkait dengan alam.

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Pekalongan bisa menjadi alterantif liburan di Jawa Tengah. Pekalongan terkenal dengan batiknya yang legendaris, sehingga menjadi incaran banyak orang sebagai oleh-oleh. Namun, tidak hanya batik, Pekalongan juga menawarkan pesona alam yang menawan.

Wisata di Pekalongan memiliki pesona alam yang sangat komplet, dari destinasi wisata pantai, air terjun, kedung, hingga dataran tinggi bisa kamu kunjungi di Kota Batik ini. Pekalongan merupakatan destinasi liburan yang patut dipertimbangkan.

Wisata di Pekalongan sangat cocok buat kamu yang meyukai kegiatan di luar ruangan, terutama terkait dengan alam. Bahkan, wisata di Pekalongan juga menawarkan kegiatan yang disukai anak muda seperti berenang, arung jeram, hingga mendaki bukit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/10/2022) tentang wisata di Pekalongan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata di Pekalongan

Pantai Pasir Kencana

Saat pertama kali ke Pekalongan, kamu harus mengunjungi pantai Pasir Kencana ini. Wisata di Pekalongan ini merupakan tujuan favorit para wisatawan, karena letaknya yang dekat dengan pusat kota. Melakukan aktivitas bermain-main di pantai sambil menikmati indahnya sunset menjadi pilihan, sehingga pantai ini selalu ramai.

Tidak hanya pantai, di sini juga ada akuarium dan koleksi biota laut yang mirip seperti Seaworld. Fasilitas di pantai ini juga sudah tersedia sangat baik seperti taman bermain, panggung terbuka, kursi serta taman untuk bersantai, becak air, warung makan, musholla, toilet dan kamar mandi bilas, serta sederet fasilitas lain.

Curug Bidadari 

Curug Bidadari, sesuai namanya menawarkan pemandangan yang sangat cantik bagi para wisatawan. Wisata di Pekalongan ini memiliki kolam yang terbentuk dari lima ceruk aliran air sehingga kamu bisa berendam sambil menikmati pemandangan yang asri.

Kalau kamu mahir berenang, kamu bisa terjun dari salah satu tebing yang mengapit Curug Bidadari. Namun, tetap perhatikan keamanan sebelum melakukannya. Lokasi curug ini berada di Jolotigo, Talun, Pekalongan, Jawa Tengah.

Telaga Sigebyar Mangunan 

Terletak di ketinggian sekitar 2,000 mdpl, Telaga Sigebyar Mangunan akan memberikan kamu udara yang sejuk nan menenangkan. Ketenangan air telaga disertai pemandangan bukit-bukit hijau yang mengelilinginya akan membuatmu betah memandangnya berlama-lama. Kamu juga bisa melakukan aktivitas berperahu kayak di sini.

Watu Ireng

Di Watu Ireng, kamu bisa melakukan aktivitas seru dan juga menantang seperti rapeling, panjat tebing. Ada juga fasilitas seperti hammocking dan kursi gantung. Pemandangan alam yang indah menjadi pesona utama wisata di Pekalongan ini. Hamparan hutan pinus, hutan karet, dan sawah dari ketinggian menjadi view utamanya. Semua wahana di sini sudah dilengkapi dengan alat pengaman dan juga pemandu, jadi kamu tak perlu cemas.

Museum Batik

Sebagai Kota Batik, tentu Batik menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Pekalongan. Untuk mengenal lebih dekat salah satu bentuk kebudayaan Indonesia yang telah diakui dunia ini, kamu bisa mengunjungi Museum Batik yang berada di Pekalongan. Beragam koleksi Batik bisa kamu temukan di wisata edukasi Pekalongan ini, mulai dari batik kuno, batik modern, dan ratusan jenis batik lainnya.

3 dari 6 halaman

Wisata di Pekalongan

Kedung Sipingit atau Black Canyon

Wisata di Pekalongan yang bisa kamu kunjungi berikutnya adalah Kedung Sipingit. Lokasi kedung ini diapit dengan tebing besar yang bisa kamu susuri dengan aliran sungai yang cukup deras. Airnya yang berwarna hijau kebiruan ini cocok bagi kamu yang ingin memacu adrenalin.

Kedalaman kedung ini berkisar antara 3,5 meter hingga 7 meter. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di sini seperti berenang, trekking, body rafting, river tubing hingga memancing.

Di kawasan yang terkenal dengan sebutan Black Canyon ini, juga tersedia lokasi untuk berkemah yang menyajikan pemandangan alam nan indah. Buat yang ingin berkunjung, catat lokasinya yang terletak di Desa Kayu Puring, Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah.

Mangrove Park Pekalongan

Dulunya, tempat ini merupakan tambak udang milik Dinas Pertanian Kota Pekalongan yang kemudian ditanami pohon bakau yang berfungsi untuk mencegah abrasi air laut sekaligus untuk tempat wisata. Tidak cuma melihat dari kejauhan, kamu juga bisa mencoba berperahu mengitari lokasi pembibitan bakau dan mengamati berbagai jenis pohon bakau yang ada.

Beberapa fasilitas lain yang ada di sini yaitu perpustakaan, kolam sentuh bakau, galeri, gardu pandang dan tempat pemancingan ikan. Wisata di Pekalongan ini terletak di Kelurahan Kandang Panjang, kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

Curug Bajing

Wisata di Pekalongan berikutnya adalah Curug Bajing yang cukup populer. Air terjun setinggi 75 meter ini menawarkan pemandangan yang tak kalah indah dengan curug lainnya. Namun, karena arus airnya yang deras dan kolam yang dalam, kamu tidak boleh berenang di sini. Lokasiya yang berada di dalam hutan lindung membuat curug ini memiliki pemandangan yang sangat instagramable.

Puncak Anjir

Puncak Anjir merupakan bukit dengan ketinggian sekitar 1,400 mdpl. Pemandangan salah satu wisata di Pekalongan ini sangat luar biasa, yaitu berupa panorama Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet dan Gunung Rogojembangan.

Selain itu, kamu juga dapat berkemah karena tersedia camping ground di pos 3, namun tidak diizinkan berkemah tepat di puncak karena tendamu bisa tertiup angin yang kencang. Jadi berburu matahari terbit juga makin mudah dan nyaman untuk dilakukan.

Kebun Teh Pagaliran

Pekalongan juga memiliki argowisata kebun teh dengan hawa sejuk dan begitu asri. Kebun teh ini juga masuk ke dalam wilayah Kabupaten Batang. Tetapi dekat dengan Pekalongan yang jaraknya sekitar 40 km. Letak Argowsata berada di perbukitan Dieng Jawa Tengah. Tepatnya berada di Desa Pagilaran Kecamatan Blado, Batang. Ada suasana asri yang akan memanjakan para pengunjung.

4 dari 6 halaman

Wisata di Pekalongan

Pantai Slamaran Indah

Berbeda dengan Pantai Pasir Kencana, Pantai Slamaran ini tidak terlalu ramai walaupun lokasinya dekat dengan alun-alun kota Pekalongan. Menikmati matahari terbenam menjadi aktivitas terbaik di pantai ini. Lokasi wisata di Pekalongan ini berada di Krapyak Lor, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah.

Curug Madu

Curug Madu adalah wisata di Pekalongan yang juga cukup populer. Nama curug ini berasal dari pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Jika kamu memakan buahnya kemudian minum air dari curug, maka akan timbul rasa manis seperti madu dalam mulut. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, namun kombinasi bebatuan, curug, dan kolam membuatnya begitu instagramable. Sejuknya air dan angin akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

Objek Wisata Linggo Asri

Wisata di Pekalongan ini merupakan objek wisata terpadu yang terletak di tepi jalan lintas provinsi. Tempat wisata ini menawarkan berbagai arena bermain untuk keluarga, mulai dari kolam renang, kebun binatang mini, bumi perkemahan, sampai wisata outbond seperti flying fox, arung jeram, dan trekking hutan.

Linggo Asri ini berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian sekitar 700 mdpl yang membuat tempat ini memiliki hawa yang sejuk. Ditambah dengan panorama pedesaan dan pepohonan hijau di sekelilingnya, mmebuat objek wisata ini menjadi salah satu wisata Pekalongan yang wajib Anda kunjungi.

Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan adalah salah satu tempat wisata di Pekalongan yang tak kalah menarik. Kamu bisa menikmati jalan-jalan sembari menikmati pemandangan alam yang memesona. Wisata di Pekalongan ini juga menyajikan pemandangan matahari terbit maupun terbenam. Bahkan kamu juga bisa melakukan kegiatan camping di sini.

Bukit Kendalisodo

Bukit Kendalisodo merupakan wisata di Pekalongan yang menawarkan pemandangan atas bukit yang menawan. Puncaknya bernama Puncak Hanoman yang menjadi spot utama untuk melihat hamparan alam hijau hingga pemukiman warga. Di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan lautan awan yang memukau.

5 dari 6 halaman

Wisata di Pekalongan

Curug Muncar

Wisata di Pekalongan selanjutnya berupa curug atau air terjun, yaitu Curug Muncar. Curug Muncar ini memiliki ketinggian 1.249 mdpl yang dikelilingi pemandangan menawan lereng gunung Rogojembangan. Curug Muncar ini terletak di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan atau sekitar 30 kilometer dari Kajen ibukota Kabupaten Pekalongan.

Curug Jlarang

Curug Jlarang merupakan wisata di Pekalongan yang memiliki kolam sedalam sembilan meter. Walaupun harus berjalan kaki melewati pematang sawah, kamu akan mendapatkan sajian air yang jernih. Hal ini membuat siapa saja akan tergoda untuk berenang. Bermain air saja juga sangat menyenangkan di curug ini. Membuat perasaanmu menjadi lebih tenang dan lepas.

Gunung Rogojembangan

Kalau kamu memiliki waktu berlebih untuk liburan, bisa coba mendaki gunung Rogojembangan. Gunung ini merupakan puncak tertinggi dalam rangkaian pegunungan Serayu Selatan. Tingginya mencapai 2.117 mdpl. Selain trekking, kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat menarik di sekitar gunung Ragojembangan ini.

Salah satunya adalah curug Muncar, yang berada di lereng gunung. Kalau kamu ingin mengunjungi tempat wisata di Pekalongan ini, lokasinya berada di Desa Gumelem, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

Curug Lawe Petungkriono

Perjalanan menuju Curug Lawe memakan waktu hingga 2 jam dari jantung kota Pekalongan. Begitu tiba kamu langsung disuguhi hamparan hutan yang masih asri, serta suasana lingkungan yang tenang. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 10 meter, dengan aliran yang tidak begitu deras. Selain itu, ada spot wisata pohon pinus dan area hammock yang bisa kamu nikmati.

Puncak Tugu Petungkriyono

Puncak Tugu Petungkrioyono merupakan wisata di Pekalongan yang wajib dikunjungi pencinta alam. Pasalnya obyek wisata ini menyuguhkan hamparan hijau pepohonan dari atas ketinggian yang sangat eksotis. Di samping itu, wisata puncak tugu juga telah menyediakan tempat kemah, sehingga memberi kamu kesempatan untuk melihat keindahan sunrise di pagi hari. Untuk mencapai lokasi Puncak Tugu, kamu harus mendaki sekitar 1,5 jam. Hanya perlu biaya registrasi Rp 5.000, kamu sudah bisa menikmati hijaunya pemandangan dari atas ketinggian Puncak Tugu.

6 dari 6 halaman

Wisata di Pekalongan

Bengkelung Park

Bengkelung Park cocok dikunjungi bersama keluarga karena akses jalan yang cukup mudah dan pas untuk bersantai. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati karena bebatuan di sini cukup licin. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti membawa pelampung untuk mengarungi sungai atau bersepeda. Selain itu, banyak juga spot menarik yang instagramable di wisata di Pekalongan ini.

Desa Lolong

Asrinya pemandangan menjadi pemanis tersendiri di Desa Lolong ini. Namun, daya tarik utama dari wisata di Pekalongan ini adalah arung jeram. Arung jeram yang dilakukan di Sungai Sengkarang ini cocok untuk pemula dan kamu akan didampingi pemandu untuk menjamin keamananmu.

Kamu dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti arung jeram selama sekitar dua jam dengan jarak berkisar antara 9 kilometer hingga 12 kilometer. Selain arung jeram, kamu juga dapat melakukan tubing, outbound dan berkemah.

Welo Asri

Wisata di Pekalongan berikutnya adalah Welo Asri. Welo Asrimenawarkan wisata air yang jernih dan sejuk. Selain itu, ada juga berbagai wahana yang bisa dicoba seperti tubing, body rafting atau susur sungai.

Untuk susur sungai, ada dua pilihan trek yaitu trek pendek dengan jarak 80 meter dan trek panjang dengan jarak sekitar satu kilometer. Ada pula wahana flying fox bagi kamu yang menyukai ketinggian.

Pantai Wonokerto

Salah satu tempat wisata di Pekalongan terpopuler adalah pantai Wonokerto. Selain memiliki pasir putih dan birunya laut yang masih asri, tempat wisata ini juga menyuguhkan panorama pagi yang sangat eksotis. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi pohon-pohon cemara yang akan membuat suasana menjadi lebih sejuk dan menenangkan.

Alun-Alun Kota Pekalongan

Setelah menikmati indahnya alam Pekalongan, kamu bisa bersantai di alun-alun kota Pekalongan. Lokasi alun-alun ini bersebelahan dengan Masjid Jami’ Pekalongan atau juga biasa disebut Masjid Agung Kauman Pekalongan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.