Sukses

8 Jenis Keladi yang Boleh Dimakan dan Penjelasannya

Ada jenis keladi yang boleh dimakan bagian batang dan ubinya.

Liputan6.com, Jakarta - Keladi merupakan jenis tanaman yang masuk suku talas-talasan. Tanaman keladi sangat populer sebagai hiasan dengan harga yang fantastis. Meski populer sebagai tanaman hias, sebenarnya ada jenis keladi yang boleh dimakan.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ada delapan jenis keladi yang boleh dimakan. Ada jenis keladi tikus, jenis keladi hitam, jenis keladi air, jenis keladi china, jenis keladi mawar, jenis keladi selatah, jenis keladi pinang, dan jenis keladi telur.

Delapan jenis keladi yang boleh dimakan ini pun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Sebagian diantaranya ada yang diolah menjadi obat-obatan herbal. Hati-hati ketika ingin mengolah jenis keladi yang boleh dimakan.

Ini karena ada tanaman keladi yang getah batang dan ubinya menyebabkan gatal. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam jenis keladi yang boleh dimakan dan penjelasannya, Jumat (28/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Keladi yang Boleh Dimakan dan Penjelasannya

1. Jenis Keladi Tikus

Keladi Tikus (Typhonium flagelliforme (L.) Bl.) adalah jenis keladi yang boleh dimakan. Tanaman keladi ini sering digunakan sebagai obat-obatan.

Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM) menjelaskan jenis keladi tikus tumbuh subur di tempat terbuka pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Terdapat di Malaysia, Korea Selatan, dan Indonesia. Di Indonesia penyebaran jenis keladi yang boleh dimakan ini terdapat di sepanjang pulau Jawa, sebagian Kalimantan dan Sumatra dan Papua.

Manfaat dari jenis keladi tikus dari hasil penelitian, menunjukkan sifat membunuh/menghambat pertumbuhan sel kanker. Menghilangkan efek buruk kemoterapi serta sebagai antivirus dan anti bakteri.

2. Keladi Air

Keladi air adalah jenis keladi yang boleh dimakan. Jenis keladi ini tumbuh subur di kawasan sawah ataupun kawasan yang berair seperti parit. Nama lain dari keladi air, yakni keladi merawan ataupun paku rawan.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ini jenis keladi yang boleh dimakan pada bagian batang dan daunnya. Asli berasal dari hutan Brasil dan kini sudah tersebar luas ke berbagai penjuru dunia.

3. Keladi China

Keladi China (Colocasia Esculenta) adalah jenis keladi yang boleh dimakan. Proses tanam keladi China hanya memerlukan waktu yang sangat singkat. Bagian keladi china yang boleh dimakan atau diolah adalah ubinya.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, keladi China ini sangat mudah ditemukan di kawasan yang berair, curah hujan tinggi, dan lembap.

Jenis keladi yang boleh dimakan ini cocok diolah menjadi sayur, makanan ringan, direbus, dan digoreng seperti pisang goreng. Di negara Malaysia, keladi China sangat populer diolah menjadi berbagai jenis makanan.

4. Keladi Mawar

Keladi Mawar adalah jenis keladi yang boleh dimakan. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ukuran keladi mawar sangat besar dibanding jenis keladi lainnya. Berat sebiji keladi mawar dari 2.5 kg - 3.5 kg.

Di Malaysia, keladi mawar tumbuh subur di kawasan Johor Utara dan Melaka. Jenis keladi yang boleh dimakan ini biasa diolah bagian ubinya menjadi berbagai makanan seperti pisang goreng. Cocok pula diolah menjadi masakan teman makan bersama nasi.

3 dari 3 halaman

Jenis Keladi yang Boleh Dimakan dan Penjelasannya

5. Keladi Hitam

Keladi hitam (Alocasia Plumbea) adalah jenis keladi yang boleh dimakan. Jenis keladi ini batangnya berwarna sedikit gelap daripada jenis keladi lainnya. Jenis keladi yang boleh dimakan ini biasa diolah bagian batangnya menjadi berbagai makanan.

Bagian ubi keladi hitam tidak dapat dimakan dan getahnya dikenal sangat gatal. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, jenis keladi hitam sangat mudah ditemukan di kawasan pinggir sungai dan kini habitat aslinya sudah sangat sulit ditemukan.

Ini jenis keladi yang bentuknya bergelombang dan di seluruh permukaannya terdapat tekstur yang indah, ditopang dengan kerutan dari urat-urat daun yang menonjol. Bentuk keladi hitam cukup berbeda dengan jenis keladi lainnya.

6. Keladi Selatah

Keladi selatah adalah jenis keladi yang boleh dimakan. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ini jenis keladi yang biasa diolah bagian ubinya menjadi berbagai makanan. Di Malaysia, jenis keladi selatah biasa dibuat keripik atau kerepek keladi.

7. Keladi Pinang

Keladi pinang adalah jenis keladi yang boleh dimakan. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, bagian keladi pinang yang biasa diolah adalah bagian batang dan ubinya.

Ukuran ubi dari jenis keladi pinang kecil dan lebih kecil dari jenis keladi yang lain. Ini mengapa jenis keladi pinang sangat cocok dimasak menjadi berbagai macam jenis masakan untuk teman makan bersama nasi.

8. Keladi Telur

Keladi Telur (Colocasia Esculentum) adalah jenis keladi yang boleh dimakan. Ini jenis keladi yang memiliki ubi besar dibanding jenis keladi yang lain. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, jenis keladi telur dikenal pula sebagai keladi Sarawak.

Bagian batang keladi telur tidak boleh dimakan karena getahnya berisiko menyebabkan gatal. Sama seperti namanya, jenis keladi telur memiliki ubi-ubi yang terlihat seperti telur. Ini jenis keladi yang bisa menghasilkan buah dan bisa dipanen setelah 12 bulan ditanam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.