Sukses

14 Cara Mengobati Flu yang Mudah, Lengkap dengan Penyebab & Gejalanya

Cara mengobati flu yang mudah, atasi dengan minuman hangat.

Liputan6.com, Jakarta Flu atau influenza adalah salah satu penyakit yang pernah diderita oleh semua orang. Flu adalah suatu penyakit yang tidak membahayakan, namun jangan disepelekan atau diabaikan oleh penderita. Meskipun tidak berbahaya, akan tetapi gejala yang muncul bisa menggangu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda mengetahui cara mengobati flu yang mudah, juga alami dan tanpa menimbulkan efek samping. 

Saat seseorang menderita flu, maka gejala awal yang sering muncul adalah keluar ingus atau lendir secara terus menerus, hidung yang tersumbang atau mampet. Gejala yang lebih parah, juga memungkinkan Anda kehilangan indra penciuman. Maka untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui cara mengobati flu yang mudah, dengan teh herbal seperti jahe, chamomile dan lemon. 

Penyakit flu juga merupakan salah satu penyakit menular yang menyerang tenggorokan, hidung, dan juga paru-paru. Oleh karena itu, cara mengobati flu bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi tinggi, madu, sup ayam, hingga selalu rajin berkumur dan membersihkan hidung.

Berikut ini cara mengobati flu yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (31/10/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Penyakit Flu

Flu adalah penyakit yang memiliki hubungan dengan pernapasan, yang umum bisa Anda dapatkan dari virus influenza. Saat terjangkit virus influenza, maka akan menimbulkan beberapa gejala seperti demam, sakit kepala dan tubuh, batuk dan hidung tersumbat atau berair. Kondisi kesehatan ini, samgat berisiko bagi Anda untuk mengalami komplikasi yang serius.

Oleh karena itu, dengan mendapatkan vaksinasi setiap tahun adalah cara terbaik untuk menghindari sakit flu. Flu adalah penyakit yang paling sering terjadi pada bulan-bulan musim dingin, ketika banyak orang bisa sakit sekaligus (wabah). Penyedia layanan kesehatan akan melakukan pemeriksaan fisik, mencari tanda dan gejala flu, dan mungkin merekomendasikan tes yang mendeteksi virus influenza.

Dalam beberapa kasus, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menyarankan agar Anda diuji untuk influenza, yang bisa menggunakan banyak tes untuk mendiagnosis flu. Pengujian reaksi berantai polimerase (PCR) menjadi lebih umum di banyak rumah sakit dan laboratorium. Tes ini dapat dilakukan saat berada di kantor penyedia layanan kesehatan atau di rumah sakit. Tes PCR lebih sensitif daripada tes lain dan mungkin dapat mengidentifikasi strain influenza.

 

 

3 dari 6 halaman

Penyebab dan Gejala Flu

Sebelum mengetahui cara mengobati flu, maka sangat penting bagi Anda untuk mengatahui gejala dan penyebab yang memicu Anda terkena penyakit flu.

a. Penyebab Flu 

Cara mengobati flu yang sangat penting adalah mengetahui penyebabnya. Orang yang menderita flu atau pilek, biasanya terjadi karena kondisi udara yang sangat dingin. Namun, penyebab flu bukanlah karena cuaca dingin, namun infeksi dari virus.

Terdapat kurang lebih dari 200 jenis virus yang dapat menyebabkan seseorang terkena flu, namun virus influenza dapat menyebabkan flu. Influenza A, B dan C adalah jenis yang paling umum yang menginfeksi manusia. Influenza A dan B bersifat musiman (kebanyakan orang mendapatkannya di musim dingin) dan memiliki gejala yang lebih parah. Sedangkan influenza C tidak menyebabkan gejala yang parah dan tidak musiman, namun jumlah kasus tetap hampir sama sepanjang tahun.

b. Gejala Flu

Adapun gejala flu datang dengan sangat cepat dan dapat meliputi:

- Suhu tinggi tiba-tiba.

- Tubuh yang sakit dan merasa lelah.

- Batuk kering dan sakit tenggorokan.

- Sakit kepala dan sulit tidur.

- Kehilangan selera makan dan diare.

- Demam dan panas dingin.

- Tubuh menjadi pegal-pegal

- Hidung berair atau tersumbat 

 

4 dari 6 halaman

Cara Mengobati Flu

1. Cuka Apel

Cara mengobati flu yang mudah, bisa menggunakan cuka apel yang telah terbukti kaya akan khasiat, termasuk sebagai salah satu cara menyembuhkan pilek. Namun Anda perlu memperhatikan takaran, agar tujuannya penggunaannya tidak memengaruhi proses pemulihan pilek dengan maksimal.

2. Garam

Cara mengobati flu secara alami dan tidak menimbulkan efek samping adalah garam, yang juga didukung oleh sejumlah penelitian medis. Hanya dengan berkumur air garam, bisa membantu mencairkan lendir di hidung dan tenggorokan. 

3. Bawang Putih

Cara mengobati flu yang mudah dengan bahan yang mudah ditemukan, bisa menggunakan bawang putih yang ampuh untuk menangkal bakteri. Langkahnya cukup mudah, Anda tinggal hancurkan perlahan, lalu tumis, serta tambahkan ke hidangan favorit untuk bisa dikonsumsi. 

4. Gunakan Salep 

Cara mengobati flu bisa dengan mengoleskan salep mentol atau minyak kayu putih di bawah hidung, sehingga bisa membuka saluran pernapasan dan memulihkan kulit yang teriritasi. Mentol dan kayu putih mengandung bahan yang menimbulkan sensasi kebas ringan yang dapat membantu meredakan nyeri hidung. 

 

 

 

5 dari 6 halaman

Cara Mengobati Flu

5. Madu

Cara mengobati flu juga bisa menggunakan madu, karena hal ini adalah metode konvensional untuk mengatasi batuk, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Oxford, menemukan madu adalah alternatif yang efektif untuk antibiotik, serta dapat mengobati gangguan pernapasan ringan.

6. Sup Ayam

Cara mengobati flu bisa bisa Anda atasi dengan mengonsumsi sup ayam, yang dipercaya bisa  menyembuhkan pilek karena sifatnya yang menghangatkan. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang ada, bisa membantu proses pemulihan, juga melegakan sumbatan pada saluran pernapasan. 

7. Jahe

Cara mengobati flu bisa dengan jahe, yang memiliki sifat menghangatkan dan juga antibakteri. Dengan sarat kandungan yang dimiliki jahe, membantu melegakan saluran pernapasan saat sedang pilek. Jahe juga memiliki manfaat yang ampuh untuk menghilangkan racun secara berlebih di dalam tubuh.

8. Teh Herbal

Cara mengobati flu selanjutnya, bisa dengan mengonsumsi ramuan teh herbal, yang tidak hanya menyembuhkan pilek, tetapi juga batuk. Teh ini herbal ini, bisa terbuat dari jahe, chamomile, atau lemon. Diketahui jahe bisa bantu hilangkan sumbatan pada sistem pernapasan, sedangkan chamomile bersifat antivirus dan antibakteri yang menenangkan, dan lemon yang mengandung vitamin C yang baik untuk sistem imun.

9. Berkumur

Cara mengobati flu berikutnya adalah berkumur, sebagai salah satu cara untuk menyembuhkan pilek. Saat berkumur, maka bisa membantu melembabkan tenggorokan yang sakit dan meredakan pilek sementara.  Untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan, maka Anda bisa mencoba obat kumur yang mengandung astringen. 

 

6 dari 6 halaman

Cara Mengobati Flu

 

10. Konsumsi Makanan Bergizi

Cara mengobati flu bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang berfungsi sebagai penangkal infeksi virus. Makanan yang memiliki nilai gizi tinggi dan membantu melawan virus adalah buah pisang, paprika, blueberry, wortel, cranberry, mustard atau lobak, bawang dan teh hitam. 

11. Minuman Hangat

Cara mengobati flu juga sangat mudah diatasi, dengan minuman hangat yang dapat meredakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan meredakan membran yang meradang dan tidak nyaman yang melapisi hidung dan tenggorokan Anda.

12. Membersihkan Hidung

Cara mengobati flu juga bisa teratasi ketika Anda secara rutin membersihkan hidung, Daripada menghirup ingus kembali ke kepala, maka dengan mengeluarkan ingus dengan keras, tekanan dapat membawa ingus pembawa kuman kembali ke saluran telinga sehingga menyebabkan sakit telinga.

13. Minum Banyak Cairan

Cara mengobati flu bisa Anda atasi dengan minum banyak cairan seperti air, jus, dan sup hangat untuk mencegah dehidrasi.

14. Istirahat

Dengan memiliki waktu tidur yang lebih banyak, bisa membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi. Anda mungkin perlu mengubah tingkat aktivitas Anda, tergantung pada gejala yang dialami. Oleh karena itu, memiliki waktu tidur yang berkualitas, sangat membantu tubuh tetap sehat dan terhindar dari masalah kesehatan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.