Sukses

Pengertian Sepak Bola, Sejarah dan Teknik Dasar Permainan yang Harus Disimak

Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola berbahan kulit dan dimainkan oleh dua tim.

Liputan6.com, Jakarta Secara umum pengertian sepak bola adalah cabang olahraga yang cara permainannya menggunakan bola berbahan kulit dan dimainkan oleh dua tim. Adapun masing-masing tim, beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain pengganti. Sepak bola juga merupakan bentuk olahraga yang sangat populer, dan diminati oleh berbagai kalangan baik pria maupun wanita.

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang dimainkan dengan cara menendang, atau menyepak bola yang bertujuan memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Permainan sepak bola dimenangkan oleh tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan berdasarkan aturan permainan. Oleh karena itu, bagi Anda yang gemar dengan olahraga ini, sangat penting memahami pengertian sepak bola, sejarah dan aturan dalam permainan sepak bola. 

Olahraga sepak bola berada di bawah naungan FIFA (Federation Internationale de Football Association) yang merupakan induk organisasi internasional sepak bola. Namun di Indonesia sepak bola berada dinaungan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) sebagai organisasi yang bertanggung jawab dalam mengelola sepak bola di Indonesia. Berikut ini pengertian sepak bola dan aturan permainan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (31/10/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola merupakan bentuk olahraga yang metode permainannya menggunakan bola, serta terdiri dua tim yang saling berhadapan dan berusaha mencetak gol ke gawang lawan. Dalam satu tim sepak bola, terdiri dari 11 orang, hingga 10 orang yang bermain menggunakan anggota tubuh kecuali tangan. Hanya satu orang yang bisa menggunakan semua anggota tubuh yakni penjaga gawang. Dalam olahraga ini, tim yang bisa membobol gawang lawan lebih banyak sampai waktu pertandingan berakhir maka tim tersebut yang memenangkan pertandingan.

- Adapun beberapa pengertian sepak bola menurut para ahli, diantaranya: 

a. Sukintaka, dkk. (1979: 103)

Pengertian sepak bola sepak menurut Sukintaka, dkk, bola merupakan permainan yang hanya dimainkan dengan cara menyepak bola. Bola disepak dan diperebutkan antar kedua tim dengan tujuan untuk untuk menjebolkan bola ke gawang lawan. Dalam permainan ini pemain dibolehkan memakai seluruh anggota tubuh kecuali tangan dan lengan, dan hanya penjaga gawang yang dibolehkan menggunakan tangan tapi hanya di dalam kotak penaltinya. 

b. Agus Salim

Pengertian sepak bola menurut Agus Salim adalah cabang olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki, dengan tujuan untuk memasukkan bola tersebut sebanyak mungkin ke gawang lawan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Oleh karena itu, ketentuannya berlaku baik itu oleh asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

c. Soekatamsi (1994:3)

Pengertian sepak bola menurut Soekatamsi adalah suatu permainan beregu yang diperlombakan di mana masing-masing regu terdiri dari 11 pemain termasuk penjaga gawang.

d. Muhajir (2007:22)

Pengertian sepak bola selanjutnya menurut Muhajir adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, di mana tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang agar tidak kemasukan bola.

e. Sarumpaet, (1992: 5)

Pengertian sepak bola selanjutnya menurut Sarumpaet adalah permainan yang dijalankan dua tim atau regu dimana setiap regu terdapat 11 pemain, yang umum disebut dengan istilah kesebelasan. Bahkan untuk setiap regu berusaha memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan serta berusaha agar gawang sendiri tidak kemasukan bola.

 

3 dari 5 halaman

Sejarah Sepak Bola

Melansir dari laman Football History, kehadiran Permainan sepak bola terjadi di China sekitar abad ke-3 dan 2 sebelum masehi di masa Dinasti Han, dengan nama permainan Cuju. Dimana Cuju dimainkan dengan bentuk bola bundar di atas bidang tanah persegi serta menggiring bola lalu menendangnya ke jaring kecil. Selain di China, permainan sepak bola modern juga baru dimulai di Inggris dengan memberlakukan peraturan-peraturan dasar sehingga permainan ini makin populer. Meski olahraga ini juga sempat dilarang karena dianggap mengandung kekerasan, sepak bola ternyata makin dikenal masyarakat dunia.

Meskipun sepak bola menjadi suatu fenomena yang digandrungi dari Inggris, akan tetapi olahraga ini perlahan menyebar ke negara-negara Eropa lainnya. Sehingga pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk. Setelah dibentuk, maka berbagai kompetisi dimainkan di berbagai negara.

Sepak bola kemudian menjadi suatu olahraga yang dipertandingkan antar negara untuk memperebutkan Piala Dunia. Adapun pertandingan Piala Dunia pertama kali diselenggarakan pada 1930 di Uruguay, yang dimenangkan oleh Uruguay. Setelah saat itu, hingga kini sepak bola semakin populer di dunia internasional.

4 dari 5 halaman

Aturan Main Sepak Bola

Setelah mengetahui pengertian sepak bola dan sejarahnya, maka Anda juga perlu mengetahui aturan main yang digunakan dalam permainan sepak bola. 

- Aturan pertama adalah, permainan sepak bola memiliki durasi yang totalnya adalah 90 menit dan dimainkan dalam dua babak. Untuk setiap babak, hanya berlangsung selama 45 menit, dan waktu istirahat diberikan sekitar 15 menit. Saat permainan dan skor seri, maka diberlakukan perpanjangan waktu 2×15 menit.

- Aturan selanjutnya adalah kick off, di mana langkah ini dilakukan untuk memulai pertandingan pada setiap babak atau setelah terjadinya gol.

- Berikutnya adalah gol, yang dinyatakan sah ketika bola masuk dan melewati garis gawang. Keputusan sah atau tidaknya sebuah gol berada di tangan wasit.

- Offside juga terjadi saat pemain menerima umpan bola, namun posisinya lebih dekat ke gawang lawan ketimbang operannya.

- Aturan selanjutnya terjadi ketika bola keluar dan melewati garis lapangan, maka pemain akan melakukan lemparan ke dalam atau throw in.

- Tendangan sudut adalah aturan yang dilakukan saat bola keluar dan melewati garis gawang. Sesuai dengan namanya, maka tendangan ini dilakukan di pojok lapangan yang berada dekat dengan gawang dan dilakukan oleh pihak lawan.

- Aturan selanjutnya adalah penalti, yang terjadi ketika pemain yang sedang bertahan melakukan pelanggaran di wilayah penjaga gawang. Penalti juga dilakukan apabila permainan berakhir seri/imbang.

Ukuran Lapangan Sepak Bola, Gawang, dan Bola

Berikut standar umum lapangan sepak bola:

- Memiliki panjang 100–110 meter.

- Lebar lapangan  64–75 meter.

- Lebar gawang 7,32 meter.

- Tinggi gawang 2,44 meter.

- Jari-jari lingkaran tengah 9,15 meter.

- Daerah penalti 40,39x16,5 meter.

- Daerah gawang 18,35x5,5 meter.

- Diameter bola: 21-22,5 cm.

- Keliling lingkaran bola 68-71 cm

- Berat bola: 410-450 gram. 

5 dari 5 halaman

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Selain pengertian sepak bola, sejarah dan aturan dalam permainan sepak bola, maka ada beberapa teknik dasar yang perlu Anda perhatikan adalah: 

1. Teknik Menendang Bola

- Teknik yang pertama yaitu menendang bola, yang dilakukan dengan kaki bagian dalam.

- Selanjutnya bisa menendang bola dengan kaki bagian punggung.

- Teknik yang terakhir menendang bola dengan kaki bagian luar.

2. Teknik Menghentikan Bola

- Menghentikan bola dengan kaki bagian luar.

- Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam.

- Menghentikan bola dengan kaki bagian punggung.

- Menghentikan bola dengan kaki bagian telapak.

- Menghentikan bola dengan kaki bagian paha.

- Menghentikan bola dengan dada atau perut.

- Menghentikan bola dengan kepala.

3. Teknik Menggiring Bola

Ada dua teknik menggiring bola, yaitu:

- Speed dribbling, yang merupakan salah satu teknik menggiring bola dengan menendang bola agak kuat sehingga bola menggelinding jauh, lalu pemain mengejar bola tersebut dengan berlari cepat.

- Closed dribbling, teknik menggiring bola dengan jarak pendek sehingga pemain lawan kesulitan merebut bola.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menggiring bola, yaitu:

- Menggiring bola dengan kaki bagian dalam.

- Menggiring bola dengan kaki bagian luar.

- Menggiring bola dengan punggung kaki.

- Menggiring bola dengan kedua kaki secara bergantian.

4. Teknik Menyundul Bola

Teknik dasar selanjutnya adalah menyundul bola (heading), yang merupakan suatu gerakan mendorong bola dengan memakai kepala yang dilakukan ketika bola sedang melayang di udara. Tujuannya adalah untuk mendorong bola ke arah yang diinginkan pemain.

5. Teknik Mengoper Bola

Teknik mengoper bola (passing) adalah salah satu teknik memberikan umpan bola kepada rekan satu tim. Mengoper bola bisa dilakukan dengan cara menendang, menyundul, atau memantulkan bola dengan dada.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.